Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Fadli Muhammad

REVOLUSI INDUSTRY 4.0 : Data Science Mempengaruhi Perkembangan Ekonomi Digital Indonesia ?

Teknologi | Friday, 12 May 2023, 12:59 WIB
https://www.freepik.com/free-photo/modern-equipped-computer-lab_21797023.htm

Ekonomi digital indonesi memiliki potensi untuk berkembang dalam skala besar. Hasil laporan dari we are social pada Januari 2023 menunjukkan bahwa 212,9 juta (77%) populasi masyarakat indonesia menjasi pengguna Internet aktif. Kembali pada data terakhir perkembangan ekonomi digital Indonesia, laporan Google Tamasek Bain & Co. menjelaskan bahwa kontribusi Indonesia pada sektor e-commerce sebesar 76% atau setara dengan USD59 Miliar yang mempengaruhi nilai digital ekonomi Indonesia. Hingga tahun 2025, Indonesia dalam kontribusinya di sektor e-commerce akan diproyeksikan tumbuh dengan CAGR 17% dengan nilai Gross Merchandise Value (GMV) sebesar US$95 Milyar.

Apa Itu Ekonomi Digital ?

Ekonomi digital merupakan bisnis yang dapat dilakukan melalui media online atau platform yang menyediakan layanan berbasis digital. Dengan kata lain ekonomi digital merupakan kegiatan ekonomi yang menggunakan bantuan akses internet maupun kecerdasanbuatan (AI). Ekonomi Konsep mengenai ekonomi digital bermakna keadaan dimana sosiopolitik dengan perekonomian memiliki karakter sebagai ruang intelejen yang dapat mencakup informasi, kapasitas berbagai akses instrumen dan pemesanan informasi. Hal ini dapat didukung dengan adanya platform tertentu serta berkembangnya jejaring koneksi kerja dalam penggunaan big data.

Pada era 4.0 semua aktivitas masyarakat dituntut untuk bisa melakukan secara digitalisasi agar mengimbangi persaingan yang akan terjadi di masa mendatang. Digitalisasi menjadi salah satu ciri perubahan akan peradaban modern. Dalam hal ini peruntukan negara Indonesia dianggap memiliki peluang yang sangat besar dalam memanfaatkan digitalisasi sebagai sarana keuntungan perkembangan ekonomi negara. Potensi tersebut haruslah dikelola dengan baik dan bijak agar mampu bertahan dan bersaing di era digitalisasi.

Ekonomi digital menjadi sebuah peluang ekonomi berbasis teknologi yang dalam pemnafaatannya melibatkan teknologi informasi dan komunikasi secara digital. Data yang terangkum secara digital baiknya dapat dikelola dengan baik sehingga dapat termanajemen dan membantu secara potensial peningkatan suatu perusahaan. Data science biasa digunakan untuk mengekstrak insight dari data suatu bidang bisnis, salah satunya adalah bidang ekonomi.

Mengenal Data science

Dalam bidang ekonomi, kita dituntut untuk jeli dalam menelaah data. Sekalipun kecil, kesalahan akan mengganggu keseimbangan ekonomi suatu perusahaan. Oleh karena itu, untuk meminimalisir kesalahan atau penghilangan data, diperlukan alat berbasis teknologi komputer seperti data science. Selain itu, penggunaan ilmu data juga memfasilitasi pemrosesan data dalam jumlah besar. Dalam dunia ekonomi, data science digunakan dalam bidang perbankan, keuangan, kebijakan publik, dan konsultasi. Data science bahkan bisa membantu memberikan proposal bisnis untuk sebuah perusahaan. Misalnya, melalui ilmu data, perusahaan dapat memprediksi produk apa yang sedang tren dan menemukan taktik pemasaran mana yang paling berhasil.

Hal tersebut dapat menjelaskan bahwa data science merupakan kekayaan teknologi yang dapat dimanfaatkan dengan baik dan sejalan dengan digitalisasi era 4.0 untuk membantu perusahaan mendukung kegiatan ekonomi digital.

Pengaruh Data Science Terhadap Perkembangan Ekonomi Digital Indonesia

Ekonomi Digital Indonesia berhasil menjadi negara dengan urutan pertama di sektor ekonomi digital ASEAN, dimana Indonesia menyumbangkan sebesar 40% dari nilai total transaksi ekonomi digital ASEAN yang berasal dari Indonesia. Agar dapat mempertahankan dan meningkatkan peran aktif Indonesia di bidang Ekonomi digital tentunya harus didukung dengan pengkapasitasan teknologi data yang memadai. menghadapi era ekonomi digital, penggunaan database menjadi hal yang penting. Hal ini dimungkinkan karena penggunaan data akan digunakan oleh pemilik usaha di sektor ekonomi untuk memperoleh dan meningkatkan nilai pendapatan usaha. Dengan pengelolaan data yang baik, strategi trading suatu pelakon bisnis dapat dikelola dengan hati-hati. Untuk mencapai kesuksesan ini membutuhkan teknologi dan sumber daya manusia yang berperan sebagai wadah ilmuwan data untuk menganalisis dan memproses data sebelum mengubahnya menjadi strategi bisnis.

Salah satu pengaruh terbesar ilmu data adalah mendukung pengembangan bisnis. Indonesia sendiri, aspek komersial dapat berpengaruh besar terhadap pertumbuhan dan perkembangan perekonomian yang ada di Indonesia. Dalam sebuah bisnis, data tentunya sangat penting dan tersimpan dengan baik. Agar data ini menjadi lebih dari sekedar tumpukan, eksekutif bisnis menggunakan ilmu data untuk mengatur, mengolah, dan memproses data yang mereka miliki untuk mendapatkan wawasan yang dapat diperoleh dari data analitik. Informasi tersebut dapat menjadi acuan bagi perusahaan dalam mengambil keputusan mengenai strategi bisnis yang sedang berjalan agar perusahaan terus berkembang menuju tujuan yang diinginkan.

Data science dapat berguna untuk memberikan jalan keluar yang baik bagi Pengusaha Mikro Kecil Menengah dengan menggunakan penerapan data secara digitalis. Dengan memanfaatkan data Perusahaan dapat mengetahui trend pasar, pangsa pasar dan pola konsumsi konsumen sehingga perusahaan dapat bersaing secara pesatnya perkembangan zaman. Hal ini membuktikan bahwa literasi data merupakan kemampuan yang dibutuhkan agar dapat mengakaji, dan memperoleh kesimpulan berdasarkan data yang sudah terangkum di perusahaan. Kemampuan Data Science akan sangat mendukung kegiatan ekonomi digital Indonesia dalam meingkatkan angka peningkatan perekonomian negara selian itu hal ini sesuai dan dapat diterapkan di era revolusi industri 4.0 pada saat ini.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image