Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image M. Hasan

Gerak Cepat Erick Thohir Gandeng Kapolri Demi Kepastian Jadwal Liga 1 Indonesia

Olahraga | Friday, 12 May 2023, 10:47 WIB
Foto: https://assets.klikpendidikan.id/

Liga 1 Indonesia sudah ditunggu-tunggu oleh publik Indonesia. Merespon hal tersebut, Erick Thohir pun bergerak cepat di dalam memastikan kompetisi segera bergulir dengan baik. Menariknya, PSSI lewat komando Erick Thohir mengambil strategi kolaborasi dengan pihak Polri.

Ketua Umum PSSI menggandeng Kapolri demi memastikan Liga 1 musim depan, yang rencananya akan mulai berlangsung pada awal Juli 2023, berjalan dengan lancar. Pihak Kapolri pun merespon dengan cepat.

Strategi kolaborasi Erick Thohir dan Kapolri merupakan suatu terobosan penting dan strategis. Pertama, gerak cepat kolaborasi ET-Kapolri ini untuk memastikan sesegera mungkin kompetisi ini memperoleh izin dari pihak keamanan (dalam hal ini kepolisian).

Paling tidak, dengan cara ini, jadwal kompetisi lebih teratur, berjalan sesuai harapan, dan menghindari kemungkinan-kemungkinan penundaan secara mendadak, atau pertandingan digelar tanpa menonton. Hal inilah yang dihindari oleh Erick Thohir.

Kedua, pelaporan lebih cepat ini juga diapresiasi oleh pengamat/pakar sepak bola dan publik Indonesia. Pasalnya, mengacu pada statuta PSSI, pelaporan jadwal kompetisi liga ini memang harus diserahkan pada jauh hari, paling tidak 3 atau 2 bulan sebelum kompetisi berlangsung.

Sehingga dari sudut pandang ini, gerak cepat yang dilakukan oleh Erick Thohir ini sejalan dengan statuta PSSI. Kedisiplinan ini bisa menjadi legacy bagi pelaporan dan persiapan kompetisi liga ke depan. Dengan kata lain, apa yang dilakukan oleh Erick Thohir ini mesti jadi acuan ke depan.

Ketiga, gerak cepat pelaporan dari ET ke Kapolri ini juga berdampak positif bagi pihak kepolisian. Dalam hal ini, pihak Polri memiliki waktu yang jauh lebih panjang di dalam koordinasi dengan berbagai pihak untuk pengamanan.

Bahkan pihak Polri sendiri menyambut positif gerak cepat Erick Thohir. Dengan cara ini, mereka bisa segera mendiskusikan dengan operator liga (PT LIB, PSSI, dan banyak pihak) dan segera mengkaji konsep pengamanan baru kompetisi liga ke depan.

Selain itu, keuntungan lain dari gerak cepat pelaporan persiapan kompetisi liga ke Kapolri akan segera memberikan kepastian kepada pihak sponsor yang akan berpartisipasi untuk kompetisi liga Indonesia musim 2023/2024.

Sebab kemajuan sepak bola Indonesia juga didukung oleh besarnya partisipasi pihak sponsor. Dengan kata lain, sepak bola bisa dikatakan maju apabila industri sepak bolanya juga turut berpartisipasi, hidup dan meriah. Hal ini kita bisa lihat pada liga-liga top Eropa.

Poin penting secara keseluruhan dari gerak cepat kolaborasi Erick Thohir (sebagai Ketua PSSI) & Kapolri mempersiapkan kompetisi ini dapat dipandang sebagai wujud komitmen bersama demi menghadirkan kompetisi yang aman, nyaman, perizinan lancar, dan hal-hal strategis lainnya.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image