Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Biro Pers Media Informasi PPI Dunia

PPI Dunia Jadi Delegasi Muda Indonesia di ASEAN Summit

Eduaksi | Friday, 12 May 2023, 02:18 WIB
Dari kiri ke kanan. Sekjen PPI Dunia, Zafran Akhmadery Arif dan Raihan Zahirah Mauludy Ridwan saat pertemuan ASEAN Summit di Labuan Bajo, NTT, 10 Mei 2023.

LABUAN BAJO, — Presiden Joko Widodo membuka Pertemuan Para Pemimpin Perwakilan Kepemudaan atau ASEAN Youth di Labuan Bajo, Kabupaten Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur, Rabu 10 Mei 2023.

Pertemuan yang berlangsung di Komodo Ballroom, Meruorah Convention Center itu dihadiri oleh 21 delegasi pemimpin pemuda dari 10 Negara Asia Tenggara ditambah Timor Leste. Diantaranya, Vietnam, Malaysia, Kamboja, Laos, Thailand, Brunei Darussalam, Singapura, Myanmar, dan Filipina. PPI Dunia menjadi salah satu delegasi muda yang mewakili Indonesia.

Presiden RI Joko Widodo, dalam sambutannya, menyampaikan agar generasi muda ASEAN terus merawat energi positif meneruskan keberlangsungan kawasan.

“Kami berharap peran besar generasi muda ASEAN untuk keberlangsungan Asia Tenggara sebagai kawasan yang stabil dan damai, serta menjadi epicentrum of growth," ujar Presiden, sebagaimana dikutip dari rilis Sekretariat Presiden, 10 Mei.

Disamping itu, Presiden Jokowi menyampaikan generasi muda ASEAN mencapai 34 persen dari total populasi. Hal tersebut dinilai menjadi potensi besar untuk merawat stabilitas kawasan. "Oleh sebab itu, generasi muda ASEAN perlu merumuskan langkah-langkah terbaik untuk memaksimalkan potensi tersebut," tandasnya.

Sementara itu, Sekretaris Jenderal PPI Dunia, Zafran Akhmadery Arif, sekaligus delegasi pemuda yang mewakili Indonesia, menyampaikan, pertemuan ASEAN Youth tersebut membahas tentang digital transformation dan green economy.

“Kami para pemuda memberikan rekomendasi kepada para pemimpin ASEAN. Itu dapat tanggapan baik dari Jokowi dan para pemimpin negara lainnya,” ujarnya saat dihubungi, 10 Mei 2023. Selain Zafran, delegasi dari Indonesia juga diwakili oleh Raihan Zahirah Mauludy Ridwan.

Sebagai informasi, pertemuan ASEAN Youth dengan para pemimpin negara ASEAN digelar sebagai rangkaian dari Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ke-42 ASEAN tahun 2023. Turut hadir dalam pertemuan ASEAN Youth yakni Menteri Luar Negeri Retno Marsudi dan Menteri Sekretaris Negara Pratikno.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image