Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Almas Maitsa Irbah

Rekayasa Nanoteknologi sebagai Rekomendasi Program Studi

Eduaksi | Friday, 12 May 2023, 00:06 WIB
Sumber : https://ftmm.unair.ac.id/rekayasa-nanoteknologi-program-studi

Tidak jarang saya menemui banyaknya siswa siswi yang akan segera lulus dari SMA dan ingin untuk melanjutkan pendidikan ke ranah yang lebih tinggi atau biasa disebut dunia perkuliahan namun masih belum dapat menentukan program studi apa yang akan diambil dan akan ditekuni untuk kedepannya. Terkadang merasa bahwa tidak mengetahui apa yang cocok sehingga rasa takut mulai muncul untuk mencoba mengambil suatu program studi. Disini saya akan membagikan informasi serta pengalaman pribadi saya sebagai Mahasiswa Universitas Airlangga mengenai program studi yang saya ambil.

Jika anda adalah orang yang menyukai dengan perhitungan namun tidak hanya berfokus pada angka, akan tetapi dengan keterkaitannya dengan sains dan teknologi yang memadukan berbagai macam multidisiplin ilmu, maka disini saya hadir untuk merekomendasikan Rekayasa Nanoteknologi sebagai program studi yang cocok dengan apa yang saya sebutkan tadi. Karena saya adalah orang yang menggemari sains dan tertarik pada ilmu yang kompleks, akan tetapi belum dapat menentukan fokus apa yang akan saya ambil, saya merasa cocok untuk memasuki program studi ini.

Nanoteknologi pada dasarnya merupakan suatu bidang ilmu yang berfokus pada manipulasi dan penggunaan material dalam skala nanometer, yang menjanjikan potensi besar untuk inovasi dan kemajuan dalam berbagai bidang, seperti elektronik, biomedis, energi, dan lingkungan. (Pengertian Nanoteknologi, 2021). Menurut Huang et al., (2020), Nanoteknologi telah mengubah cara kita memandang material dan membuat kemajuan besar dalam berbagai aplikasi, seperti pembuatan sensor yang lebih sensitif dan perangkat biomedis. Namun, risiko dan keamanan penggunaan nanomaterial masih menjadi perhatian utama dan perlu diteliti lebih lanjut.

Sehingga di dalam program studi Rekayasa Nanoteknologi ini saya dapat mempelajari mulai dasar berbagai disiplin ilmu sains, seperti fisika, kimia, biologi, matematika, dan perkembangan ilmu-ilmu tersebut dalam waktu yang bersamaan. Dari pembekalan tersebut diharapkan bahwa sarjana program studi ini akan dapat merekayasa suatu material berukuran nano yang menghasilkan suatu produk yang tentunya merupakan hasil dari kemajuan teknologi. Produk rekayasa nanoteknologi ini memiliki bidang yang sangat luas, seperti kosmetik, medis, pangan, serta elektronik dan komputasi.

Prospek kerja pada bidang nanoteknologi ini sangatlah luas dan menjanjikan mengingat perkembangan dan aplikasi nanoteknologi yang semakin luas di berbagai sektor industri dan penelitian. Beberapa yang dapat saya sebutkan adalah peneliti nanoteknologi, entrepreneur, akademisi, tenaga ahli/manajer/supervisor, dan konsultan. Sangatlah menarik bukan program studi ini? Akibat luasnya bidang ilmu nano yang dapat diambil, sehingga dalam menekuni program studi ini saya sendiri dapat sangat bersemangat untuk mencari tahu bidang nano apa yang akan saya ambil untuk penjurusan di semester yang akan datang, baik dalam prospek kerjanya yang juga demikian. Sekian artikel ini dapat saya buat dengan harapan dapat membantu pembaca yang sedang menggali informasi tentang program studi Nanoteknologi.

Daftar Pustaka

Huang, Y., Chen, X., Zhu, M., & Huang, Y. (2020). Recent advances and future perspectives in nanomaterials for biomedical applications. Nanomaterials, 10(7), 1310.

Pengertian Nanoteknologi. (2021). Retrieved from https://www.tribunnewswiki.com/2021/01/29/nanoteknologi.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image