Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Najla Rizky Hafidzah

Gelombang Panas Menyengat Ganas, Apa yang harus Kita Lakukan?

Info Terkini | Thursday, 11 May 2023, 14:50 WIB

Udara panas akhir-akhir ini memang sangat mengganggu kita untuk melakukan aktivitas sehari-hari, adanya cuaca panas yang ekstrim ini menyebabkan kita mudah merasa haus dan membuat kita mengeluarkan keringat berlebih. Hal ini tidak hanya terjadi di kota-kota besar seperti Jakarta ataupun Surabaya, namun seluruh kota terutama kota yang berada di Jawa dan daerah katulistiwa. Saat ini Indonesia tengah mengalami masa transisi, dimana kemarin terjadi hujan namun esoknya panas sudah kembali menyengat. Dilihat dari data BMKG, suhu maksimum yang tersebar di beberapa wilayah Indonesia ini ialah diantara 33 hingga 35 derajat Celcius.

Udara panas tersebut membuat tubuh kita mengeluarkan cairan yang lebih banyak dibandingkan ketika udara sedang dingin, jika jumlah cairan yang kita konsumsi kurang, maka akan menyebabkan tubuh mengalami dehidrasi karena kekurangan cairan. Apa yang harus dilakukan saat mengalami cuaca panas agar tubuh kita tetap aman dan sehat?

Yang pertama, kita harus mengisi tubuh kita dengan mengonsumsi air putih yang cukup “Pada orang dewasa, konsumsi air putih yang disarankan yaitu sekitar delapan gelas berukuran 230 ml per hari atau total 2 liter. Selain dari minuman, makanan juga dapat memberikan asupan cairan pada tubuh yaitu sekitar 20%” kemenkes.go.id, dikutip pada (5/5/2023)

Selanjutnya untuk menjaga kulit kita tidak kering akibat cuaca panas, kitab isa menggunakan lotion body dan tabir surya atau sunscreen spf 30 untuk menjaga kelembaban kulit saat aktivitas diluar maupun di dalam ruangan. Selain menjaga kelembaban kulit, sunscreen juga dapat mencegah penuaan dini. Jangan lupa untuk menyesuaikan jenis dan merek lotian dan sunscreen apa saja yang cocok di kulit agar kulit tidak mengalami jerawat berlebih ataupun malah menjadi semakin kering.

Disaat beraktivitas diluar ruangan lebih baik jika mengenakan topi dan masker agar kulit wajah tetap terlindungi dari paparan sinar uv secara langsung dan juga polusi yang semakin meningkat setiap harinya.

Memakai deodorant juga membantu mengatasi keringat berlebih saat menghadapi cuaca panas yang ekstrim juga dapat menjaga bau badan tetap wangi. Jangan lupa untuk mencuci area wajah dan mandi setelah melakukan aktivitas diluar ruangan, agar badan tetap fresh dan bersih.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image