Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Very Rahmatulloh

Pengaruh Penggunaan Teknologi Artificial Intelegent Chat GPT Terhadap Mahasiswa

Teknologi | Wednesday, 10 May 2023, 17:26 WIB

Chat GPT adalah sebuah chatbot yang dikembangkan oleh OpenAI dengan menggunakan teknologi GPT-3.5. Sebuah Website yang dibuat untuk bisa menjawab pertanyaan apapun yang diketik oleh penggunanya. Jawaban yang diberikan pun rata-rata benar, cukup lengkap, dan sesuai pertanyaan yang diberikan. Kecerdasan buatan seperti Chat GPT ini sangat berkembang pesat karena pada zaman ini, informasi merupakan hal yang penting bagi semua orang.

Informasi merupakan hal yang sangat penting, terutama dikalangan mahasiswa. Chat GPT ini sudah mulai terkenal dikalangan mahasiswa karena dapat memeperoleh informasi yang diperlukan dengan instan dan akurat. Terlebih lagi, Chat GPT dapat menjawab semua pertanyaan mulai dari pertanyaan di bidang sosial , politik, kesehatan , dan masih banyak lagi jangkauan pertanyaan yang dapat dijawab dengan mudah oleh website ini. Nah, permasalahannya adalah adanya Chat GPT ini membuat mahasiswa menjadi bergantung kepada Chat GPT dalam menjawab semua pertanyaan yang diberikan atau mempermudah mahasiswa dalam memperoleh segala informasi ? , Nah mari kita simak pembahasan berikut.

1. Mempermudah mahasiswa dalam memperoleh segala bentuk informasi. Dengan adanya Chat GPT kita sebagai mahasiswa merasa sangat terbantu dengan adanya website ini. Kita dapat memperoleh informasi yang kita perlukan dengan instan , akurat , dan terstruktur. Chat GPT juga memudahkan mahasiswa dalam mengerjakan tugas yang diberikan karena segala persoalan dapat dijawab melalui website ini dengan benar.

2. Membuat mahasiswa bergantung pada Chat GPT. Chat GPT merupakan AI yang sangat instant sekali dalam menjawab pertanyaan, banyak hal yang dengan cepat bisa dijawab oleh Chat GPT, takutnya ini membuat mahasiswa semakin malas untuk belajar dan bergantung pada Chat GPT, jadi dari segi soft skill, mahasiswa tersebut lebih dirugikan, seharusnya kita berlatih untuk mencari jawaban dari jurnal atau refrensi terpercaya lainnya, Dan tentunya ini bisa terjadi saat mahasiswa mengahadapi sebuah tugas essay, tesis, skripsi, dan sebagainya, takutnya nanti mahasiswa asal copy jawaban lalu di paste dari ChatGPT dan tidak mau mencari serta menggunakan refrensi jurnal nasional maupun internasional.

Lalu, kita sebagai mahasiswa apakah boleh menggunakan Chat GPT sebagai sumber informasi ?

Menurut saya boleh , asalkan penggunaanya tepat. Menurut saya penggunaan yang tepat adalah meskipun kita mencari informasi melalui Chat GPT, kita harus tetap memastikan kebenarannya melalui sumber-sumber lain seperti jurnal atau media informasi yang lain sehinnga dapat menambah softskill kita dalam mencari informasi. Setelah memperoleh informasi dari Chat GPT juga harus kita improve dan parafrase sendiri, jangan hanya copy paste.

Jadi Kesimpulannya, kita sebagai mahasiswa harus dapat membatasi diri dalam menggunakan teknologi seperti Chat GPT ini, kita harus tetap mengasah pola pikir sendiri dalam memecahkan masalah dan dapat memilah dan memilih informasi yang kita terima dari sumber manapun

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image