Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Lukas Amadeus

Trinity Asik, Trinity I Love You

Curhat | Tuesday, 09 May 2023, 16:31 WIB

Keseruan Trinity 2023

Trinity adalah singkatan dari Tourism with Innovation and Creativity. Trinity sendiri adalah sebuah acara yang ditujukan sebagai penyambutan mahasiswa baru, khususnya pada program studi terapan Destinasi Pariwisata Universitas Airlangga. Kegiatan ini wajib diikuti oleh seluruh mahasiswa baru angkatan 2022. Sayapun termasuk mahasiswa baru sehingga saya juga diwajibkan untuk mengikuti rangkaian kegiatan Trinity 2023.

Kegiatan ini berlangsung selama kurang lebih satu bulan, dari akhir bulan Januari samapai dengan awal Maret 2023. Ada banyak tugas-tugas yang perlu kami selesaikan. Tugas tersebut dapat berupa penugasan individu, maupun penugasan kelompok dan angkatan. Salah satu tugas yang paling memberatkan bagi saya adalah masing-masing mahasiswa baru diwajibkan untuk berfoto dengan 30 kakak tingkatnya dan tidak diperkenankan untuk berfoto di area kampus, sehingga kami diharuskan berfoto di warkop atau café yang berada di sekitar kampus. Penugasan ini menghabiskan banyak tenaga dan biaya. Hasil penugasan ini dilampirkan pada scrapbook dan dikumpulkan pada akhir acara.

Selain penugasan, sangat banyak barang yang perlu dipersiapkan guna menunjang keamanan dan kenyamanan selama acara berlangsung. Masing masing mahasiswa diwajibkan untuk membeli beberapa barang, seperti jas hujan, beras, mi telur, kaos, dan lainnya. Saya merasa sangat terbebani dalam mencari dan membeli barang-barang tersebut, karena saya tidak mengetahui dimana harus mencari barang-barang tersebut, dan biaya yang dikeluarkan untuk membeli barang tersebut juga tidaklah kecil.

Puncak acara Trinity berlangsung selama 3 hari 2 malam di Pacet, Mojokerto tepatnya di villa Narwastu. Kami berkumpul di kampus B Universitas Airlangga, dan berangkat menggunakan jisang menuju Pacet. Pacet merupakan daerah pegunungan yang memiliki suhu yang sangat rendah. Karena itu, selain menghadapi tugas-tugas dan kegiatan yang diberikan oleh panitia, kami juga harus berhadapan dengan suhu dingin. Kami tidur di 2 tenda besar, dan diisi oleh 1 angkatan mahasiswa 2022 (laki-laki dan perempuan dipisah).

Selain tidur, cara makan yang dilaksanakan selama acara Trinity berlangsung juga cukup unik. Satu kelompok diberikan sebuah nampan berisi nasi dan lauk, lalu kami sekelompok makan bersama dari nampan tersebut dan harus habis dalam waktu yang ditentuak oleh panitia. Saya pribai sebagai anak kos yang terbiasa makan sehari sekali merasa sangat senang saat bisa makan 3 kali sehari dan dengan gizi yang seimbang, walaupun harus makan dengan terburu-buru karena dikejar oleh waktu.

Selain itu, kegiatan yang menurut saya menarik dan berkesan adalah JM atau jelajah malam. Di kegiatan ini, kami dibangunkan pada pukul 00.00 dan disuruh berjalan ke atas gunung di Pacet. Selamaa perjalanan ada beberapa pos yang harus kami kunjungi. Di pos tersebut ada beberapa kakak tingkat dan alumni yang akan memberikan beberapa pertanyaan dan mengevaluasi terkait materi yang sudah kami dapatkan selama acara. Yang membuat kegiatan ini menarik adalah, kami ditanyakan oleh para kakak tingkat dan alumni dengan cara dibentak dan dimarah-marahi. Hal ini bertujuan untuk melatih dan membentuk mental kami sebagai mahasiswa pariwisata.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image