Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Ruqyah Kuningan

Tips Merawat Proyektor Agar Awet

Teknologi | Tuesday, 09 May 2023, 15:48 WIB

Untuk menunjang proses pembelajaran di sekolah, terkadang kita membutuhkan fasilitas yang baik, terutama dalam bidang teknologi. Dengan terpenuhinya fasilitas tersebut maka hasil yang diharapkan adalah proses pembelajaran menjadi lebih efisien, efektif, dan meningkatkan mutu pendidikan pada satuan pendidikan.Ketersediaan sarana dan prasarana penunjang di satuan pendidikan menjadi perhatian pemerintah.

Oleh karena itu, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbudristek) melalui Direktorat Sekolah Menengah Pertama (SMP) memberikan bantuan perangkat TIK ke berbagai sekolah di Indonesia. Salah satu bantuan yang disalurkan ke sekolah yang membutuhkan adalah proyektor. Proyektor adalah alat yang akan memproyeksikan berkas cahaya berupa gambar, video, dan sebagainya dari perangkat keras.

Jadi, gambar dan video diproyeksikan melalui proyektor ke layar lebar. Biasanya proyektor bisa digunakan untuk berbagai hal dan kegiatan di lingkungan sekolah. Guru dapat menggunakan proyektor untuk mempresentasikan materi yang akan diajarkan kepada siswa. Selain itu, proyektor juga dapat digunakan oleh guru atau orang tua siswa untuk mengadakan pertemuan.

Nah, agar proyektor tetap bisa digunakan untuk kegiatan yang bermanfaat di sekolah, tentunya membutuhkan perawatan yang telaten. Perawatan proyektor sangat penting untuk dilakukan karena dapat berdampak langsung pada kinerja internal proyektor.

Proyektor memiliki beberapa ratus lampu watt dan sirkuit kompleks untuk menyaring listrik yang membuatnya lebih rentan terhadap masalah. Berikut saya akan membahas tips Merawat Proyektor agar awet. Simak baik-baik semoga bermanfaat!

Tips Merawat Proyektor Agar Awet

Merawat LCD Proyektor Agar Tidak Mudah Rusak

Pastikan cara pemakaian dalam menghidupkan dan mematikan LCD Proyektor sudah sesuai dengan prosedur. Sebaiknya gunakan REMOTE saja dan biasanya tekan tombol POWER OFF sekali kemudian ada perintah untuk POWER OFF lagi. (2 kali memberikan perintah OFF). Kemudian selanjutnya akan muncul informasi bahwa LCD Proyektor telah Shutdown dan power switch LCD Proyektor mungkin dalam keadaan mati.

Saya melihat prosedur seperti ini di beberapa instruksi BRAND untuk menggunakan proyektor LCD. Berikan waktu istirahat agar lampu proyektor menjadi dingin, yaitu jangan sampai digunakan/dihidupkan terus menerus dalam waktu lama. Menurut pengalaman saya, proyektor idealnya hidup nonstop dalam waktu 2 hingga 4 jam.

Misalnya, Anda dapat mematikan Proyektor saat rapat sedang istirahat. Penggunaan proyektor LCD tanpa henti tidak boleh melebihi > 6 jam. Untuk proyektor yang penempatannya tidak permanen, sebaiknya disimpan di dalam tas yang cukup terlindung dari guncangan (seperti tas laptop dengan spon pelindung). Selain itu, pastikan juga listrik dalam keadaan stabil saat digunakan.

Bersihkan Proyektor Secara Rutin

Pertama, bersihkan proyektor secara rutin dan teratur menggunakan kain lembab, jangan gunakan cairan pembersih atau pembersih aerosol. Sebelum membersihkan, cabut terlebih dahulu semua kabel yang tersambung ke proyektor.

Bersihkan Proyektor Dengan Kain Lembut

Saat membersihkan lensa, hindari penggunaan bahan yang kasar dan kotor karena dapat menggores lensa proyektor. Bersihkan lensa menggunakan kain lembut secara rutin dan teratur.

Merawat LCD Proyektor Agar Performa Tidak Menurun

Agar LCD Proyektor tetap dapat berfungsi dengan baik. Anda perlu memperhatikan bagaimana Anda menggunakan proyektor. Hal yang mudah dilihat adalah fisik atau bodi proyektor. Jika terlihat kotor atau berdebu, alangkah baiknya membersihkannya dengan cara:

- Bersihkan lensa menggunakan kertas pembersih lensa atau biasa disebut lens cleaning paper
- Bersihkan body proyektor menggunakan kain lembut yang bersih, terutama untuk debu yang membandel, gunakan cairan pembersih khusus pada kain
- Simpan proyektor sebaiknya di tempat yang kering dan tidak terlalu lembab, sebaiknya disimpan di dalam tas aslinya.
- Selalu perhatikan informasi lampu di pengaturan > informasi > jam waktu lampu untuk mempersiapkan penggantian lampu.

Demikiian ulasan tentang, tips Merawat Proyektor agar awet yang dilansir dari situs https://projectekno.com, Semoga bermanfaat.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image