Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image MAULIDATUN NABILA

Pertanian Indonesia Menyongsong Rujukan Lumbung Pangan Dunia

Teknologi | Tuesday, 09 May 2023, 08:45 WIB
https://www.google.com/imgres?imgurl=https%3A%2F%2Fassets-a1.kompasiana.com%2Fitems%2Falbum%2F2019%2F05%2F16%2Fpanen-raya-5cdd0ea46db8432ddb2e9684.jpg&tbnid=d0WUeOm75NPvVM&vet=12ahUKEwjEhaehiOf-AhXO0qACHSGUAOgQMygBegUIARC-AQ..i&imgrefurl=https%3A%2F%2Fwww.kompasiana.com%2Fherjonotampubolon2570%2F5cdd144f6db8436458382333%2Fprogram-kerja-pemerintah-untuk-meningkatkan-pertanian-berkelanjutan-di-indonesia&docid=aGDI31jIC67y2M&w=1000&h=693&q=gambar%20pertanian%20pemerintah&ved=2ahUKEwjEhaehiOf-AhXO0qACHSGUAOgQMygBegUIARC-AQ

Seperti yang kita tahu selama ini Indonesia merupakan negara kepulaan yang indah serta dengan sektor pertanian yang melimpah didunia dan inilah suatu anugerah berupa kekayaan alam yang tiada habisnya dan pemanfaatan yang tiada hentinya bagi masyarakatnya. Selain itu dari keindahan alam yang dijadikan sektor pariwisata dan juga sebagai mata pencaharian para masyarakat sehabgai UMKM, kekayaan alam yang dimiliki Indonesia berhasil dikelola sendiri dan yang paling menonjol yakni pemanfaatan dari sektor pertanian yang menunjang ekonomi masyarakat indonesia menjadikan petani yang memiliki nilai tersendiri. Sektor pertanian di Indonesia sudah banyak dilirik oleh negara-negara yang ada didunia ini dan sudah tidak diragukan lagi mengenai kualitas yang ditunjukkan.

Sektor pertanian di Indonesia bukan hanya menghasikan padi dan jagung yang identik dengan bahan pangan sebagai dasar pokok kebutuhan hidup manusia akan tetapi, sektor pertanian Indonesia memiliki beragam macam jenis dan kelompoknya dan juga beragam jenis manfaat yang dapat diambil. Ada yang termasuk jenis kacang-kacangan dan biji-bijian seperti kedelai, jagung, kacang tanah. Menambah keragaman lainnya ada juga seperti umbi-umbian yakni ketela pohon, singkong, dan ubi jalar. Selain itu terdapat juga hasil pertanian yang merupakan pertanian berupa tanaman untuk berdagang yaitu kopi, kelapa, the, cengkeh, karet, kina, tebu, dan masih banyak tanaman-tanaman lain yang masih bisa di hasilkan dan juga dimanfaatkan sebagai usaha mikro bagi masyarakat yang berkreasi dibidang industri bisnis kecil.

Sektor pertanian Indonesia semakin hari dengan seiring berjalannya waktu semakin meningkat dan memberikan dampak positif. Hal ini juga berlaku dalam urusan kenegaraan baik urusan di dalam atau di luar negeri. Hal ini juga turut mendukung dampak positif yang diterima oleh masyarakat Indonesia terkhususnya yang memiliki mata pencaharian dibidang pertanian yang sangat diuntungkan dengan adanya pembaruan dan kemajuan terhadap sektor pertanian di Indonesia ini.

Menurut (BKPM) pertumbuhan ekonomi Indonesia mengalami kenaikan dan memberikan dampak yang positif terhadap negara karena setiap tahunnya perekonomian Indonesia bertumbuh kearah yang lebih baik dan positf dan juga hal ini turut campur upaya serta kebijakan dari pemerintah sendiri. Dibuktikan dengan hsil dari sektor pertanian di Indonesia pada tahun 2018 pertumbuhannya mengalami kenaikan persentase di angka 9%. Mengalami pertumbuhan ekonomi dari tahun ke tahun dengan menduduki angka sebesar 9%merupakan menunjukkan hasil yang positif dan maju hingga menjadikan negara ini sebagai rujukan negara-negara lain jika dilihat dari sektor pertaniannya dan dapat dijadikan referensi serta contoh dalam tata kelola pertanian suatu negara.

Kenaikan angka pertumbuhan perekekonomian Indonesia tersebut telah memunculkan klaim pemerintah bahwasannya Indonesia menduduki 10 besar tertinggi khusunya didalam pertumbuhan dan kemajuan sektor pertanian negaranya dan pastinya hal ini didukung oleh pemerintahan dan tata kelolanya. Dan dari klaim itulah bermunculan bukti dan ulasan bahwasannya Indonesia menjadi negara yang dilirik oleh negara-negara lain dalam hal sektor pertaniannya bahkan sampai kancah internasional dan hal ini sudah di akui oleh negara-negara asing yang turut serta memberikan apresiasi terhadap Indonesia.

Hal ini tentu membuat Indonesia semakin berkompetitif dalam menjalankan serta mengembanngkan terus kemajuannya mengenai sektor pertanian dan tidak ada kata menyerah untuk terus meningkatkan kualitasnya didalam sektor pertanian. Berkaitan dengan hal tersebut tentunya pemerintah telah membuat sistem untuk suatu negara bagaimana hal yang memicu berkembangya suatu negara dapat dijalankan dengan baik dan berdampak positif kepada masyarakatnya dan berdampak positif terhadap apa yang telah diupayakan dan dibangun selama ini. Sehingga dalam hal ini masyarakat hanya perlu menunggu dan meraih hasil yang terbaik dari apa yang telah diatur oleh pemerintah negaranya dan juga masyarakat nantiya juga bisa ikut turun tangan untuk terus menjaga kelestarian sektor pertanian Indonesia dan sumber daya alam yang tiada habisnya.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image