Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Aylwin Dheryan

Masa Depan Industri Indonesia: Robotik Sebagai Solusi Produktivitas

Teknologi | Sunday, 07 May 2023, 21:36 WIB
source: https://misel.co.id/jenis-jenis-industrial-robotics-yang-ada/

Robot merupakan salah satu bagian dari bidang Artificial Intelligence (AI), teknik, dan psikologi. Teknologi inilah yang menghasilkan robot. Robot diartikan sebagai mesin dengan kecerdasan komputer, dikontrol oleh komputer, dan memiliki kemampuan fisik layaknya manusia. Aplikasi dari robot ini mencakup pemberian kemampuan untuk melihat atau persepsi visual, menyentuh atau kemampuan meraba, kemampuan untuk memegang dan memanipulasi, pengangkutan atau kemampuan fisik untuk bergerak, dan navigasi atau kecerdasan untuk menemukan atau mencapai jalan keluar.

Berdasarkan kesepuluh data emerging technology, AI (Artificial Intelligence) dan Robotik merupakan yang paling menonjol dan berkembang pesat di dunia industri, baik industri besar, menengah maupun kecil. Penggunaan robot pada era industri 4.0 di dunia terus meningkat setiap tahun nya, terhintung pada tahun 2011 menunjukan sebanyak kurang lebih 165.000 robot telah digunakan dalam industri dan memecahkan rekor terbanyak pada tahun 2021 yaitu sekitar 517.000 permintaan instalasi robot dalam industri.

Namun di Indonesia sendiri penggunaan teknologi robot dalam industri masih sangat kurang, jika dibandingkan dengan negara-negara asia seperti tiongkok yang menjadi negara dengan permintaan terbanyak untuk instalasi robot pada industri. Berikut adalah beberapa faktor yang menyebabkan Indonesia masih kurang menggunakan robot dalam dunia industri:

Faktor-Faktor Kurangnya Pengunaan Robot Pada Industri di Indonesia

1. Kurangnya kesadaran dan pengetahuan tentang teknologi robotik. Banyak perusahaan di Indonesia yang belum menyadari potensi keuntungan yang akan didapat jika menggunakan teknologi robotik dalam dunia industri.

2. Biaya investasi yang masih tinggi. Biaya instalasi robot dalam industri sendiri masih tergolong tinggi

3. Sumber daya manusia yang kurang terampil. Hal ini dikarenakan belum banyak tenaga kerja di Indonesia yang terampil dalam bidang robotik.

Jika kita mengesampingkan faktor-faktor diatas, teknologi robotik memiliki banyak manfaat dan kegunaan dalam peningkatan produksi dalam industri: seperti .

1. Machine Monitoring

Algoritma penglihatan mesin memungkinkan robot untuk menafsirkan data visual. Algoritma ini, yang paling dikenal untuk menggerakkan kendaraan self-driving, dapat memungkinkan robot untuk memecah informasi visual dari kamera atau perangkat serupa menjadi objek atau area yang berbeda.

Misalnya, proses jaminan kualitas dapat menggunakan algoritma visi mesin dan kamera yang dipasang pada sabuk konveyor untuk secara otomatis menandai komponen jadi dengan cacat yang terlihat. Sistem robotik kemudian dapat menghapus barang-barang cacat ini dari jalur produksi.

2. Robotika Otonom (Autonomous Robot)

Beberapa robot pabrik baru juga menggunakan visi mesin untuk bernavigasi tanpa pengawasan manusia. Misalnya, robot mobil otonom (AMR) dapat menggunakan visi mesin untuk memecah informasi visual dari lantai pabrik ke dalam kategori seperti rintangan, pekerja, dan ruang berjalan. Informasi ini memungkinkan robot untuk menavigasi dirinya sendiri di sekitar tempat kerja dan melakukan tugas seperti memilih barang dan komponen tanpa campur tangan manusia.

Robot ini dapat membantu merampingkan tugas-tugas industri yang biasanya sulit diotomatisasi. Dari perpaduan robot dan algoritma AI yang tepat, pemilik pabrik dapat membebaskan pekerja yang berdedikasi untuk memilih dan mengemas tenaga kerja yang membutuhkan lebih banyak kreativitas dan lebih sedikit menggunakan pekerjaan yang berhubungan dengan hafalan.

3. Pemantauan Operasional Secara Live/Real-Time

Sensor IoT industri modern dapat memantau berbagai parameter seperti suhu, suara, getaran, tekanan, dan pelumasan.

Ketika parameter alat berat berada di luar rentang operasi aman yang telah ditetapkan, sistem pemantauan IoT juga dapat secara otomatis memperingatkan teknisi yang berada di lokasi, agar memungkinkan mereka bertindak cepat untuk mencegah kerusakan atau kegagalan pada alat berat.

Pemanfaatan robot dalam dunia industri memang menjadi solusi yang sangat efektif bagi produktivitas suatu industri. Hal ini dapat dilihat dari data yang menunjukan bahwa permintaan instalasi robot pada industri selalu meningkat setiap tahun. Namun, di Indonesia sendiri permintaan mengenai instalasi robot pada industri masih kurang jika dibadingkan dengan negara-negara maju.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image