Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Muhammad Ridwan

Konten TikTok Bisa Menghilangkan Stres Mahasiswa?

Gaya Hidup | Thursday, 04 May 2023, 13:43 WIB
Sumber foto pribadi

Mahasiswa merupakan seseorang yang sedang melaksanakan proses pendidikan di perguruan tinggi yang dalam pelaksanaannya mahasiswa mengalami perubahan kebiasaan dalam proses belajar dari sekolah menengah ke perguruan tinggi. Sebagai mahasiswa juga tidak terlepas dari berbagai permasalahan dalam lingkungan perkuliahan, termasuk tertekan dalam tugas individu, kelompok maupun praktikum yang cukup menguras tenaga. Sehingga dalam hal ini mahasiswa akan cukup stres menghadapi berbagai tekanan dan permasalahan yang ada. Maka dari itu mahasiswa harus mampu memanajemen stres dengan cara yang efektif termasuk bermain media sosial.

Mahasiswa tidak terlepas dari genggaman media sosial, karena media sosial telah menjadi bagian penting dari kehidupan mahasiswa. Dalam hal ini media sosial bisa dimanfaatkan sebagai alternatif manajemen atau menghilangkan stres. Salah satu sosial media sosial yang saat ini banyak digunakan oleh masyarakat dunia yaitu aplikasi Tik Tok. Aplikasi Tik Tok adalah aplikasi media sosial yang memungkinkan pengguna untuk membuat dan berbagi video pendek. Aplikasi ini menyediakan berbagai fitur seperti filter, musik, dan efek yang dapat membantu pengguna untuk membuat video. Tik Tok memungkinkan pengguna untuk berinteraksi dengan orang lain melalui komentar, suka, dan berbagi video. Pengguna juga dapat menonton video-video lucu dan menghibur yang dapat membantu mereka untuk melepaskan stres dan meningkatkan kualitas hidup mereka. Bagaimana cara menghilangkan stres mahasiswa dengan menonton konten Tik Tok?

1. Pertama mahasiswa bisa langsung menonton video-video lucu yang bisa menaikkan perubahan perasaan.

2. Menonton Tik Tok ketika istirahat mengerjakan tugas atau di sela-sela mengerjakan tugas dan di waktu senggang.

3. Mahasiswa bisa membuat video pendek dengan berbagai fitur filter, musik, dan efek yang tersedia untuk menghibur diri.

4. Melihat film pendek, kartun, dan yang lainnya di aplikasi Tik Tok yang mana bisa menyegarkan otak kita.

5. Carilah konten yang bisa meningkatkan kualitas hidup mahasiswa untuk menjernihkan pikiran.

6. Jangan melihat konten yang bisa membuat pikiran menjadi stres atau tertekan.

7. Gunakan waktu istirahat menonton Tik Tok selama kurang lebih 10 menit dan jangan berlebihan atau menghabiskan waktu untuk menonton Tik Tok agar tidak mengabaikan tugas-tugas kuliah atau pekerjaan lainnya.

Menghilangkan stres memang membutuhkan waktu yang tidak cepat karena stres merupakan sebuah respons tubuh yang kompleks. Dalam penggunaan aplikasi Tik Tok untuk menghilangkan stres, maka harus bijak dalam penggunaan aplikasi tersebut. Jangan menyalahgunakan media sosial yang akan membuat kita bermasalah. Media sosial digunakan untuk hal-hal yang positif yang bisa membantu kita meningkatkan kualitas diri. Menjadi mahasiswa harus bisa berani menghadapi berbagai tantangan baik akademik, sosial, maupun keuangan. Maka memanajemen stres dengan menonton konten Tik Tok adalah cara yang mudah kita gunakan. Namun, yang terpenting adalah mahasiswa harus bisa menjaga dirinya untuk selalu fokus dalam mencapai tujuan dalam perkuliahan dan harus memastikan bahwa mereka memiliki waktu yang cukup untuk beristirahat dan bersantai, serta mendapatkan dukungan yang cukup dari orang terdekat untuk menjaga kesehatan mental.

Muhammad Ridwan, Mahasiswa Kesehatan Masyarakat SIKIA Universitas Airlangga

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image