Sukseskan Promosi, Produk Lokal Gandeng Banyak Artis Korea
Bisnis | 2023-05-04 10:58:17KDrama dan KPop merupakan hiburan yang sangat populer hingga saat ini yang berasal dari Negeri Ginseng, Korea Selatan. Kepopuleran hiburan asal Korea Selatan ini tersebar di berbagai belahan dunia, salah satunya adalah Indonesia yang biasanya disebut dengan istilah demam korea. Demam korea sebenarnya sudah lama terjadi di Indonesia, namun semakin memuncak ketika industri KPop ikut masuk ke dalam pasar Indonesia. Kepopuleran ini terjadi bukan hanya omongan belaka, namun dibuktikan dengan banyaknya peminat setiap kali ada fanmeeting hingga konser yang diadakan oleh para artis korea di Indonesia.
Melihat banyaknya masyarakat Indonesia yang tengah dilanda demam korea, membuat banyak produk lokal menggunakan situasi yang ada untuk mempromosikan produk mereka. Salah satu langkah yang banyak digunakan oleh produk lokal untuk menjalin kerjasama dengan artis korea adalah dengan menjadikannya sebagai brand ambassador. Brand ambassador adalah seseorang atau kelompok yang bekerjasama untuk ikut mempromosikan suatu produk ataupun jasa suatu perusahaan. Brand ambassador adalah suatu hal yang lumrah untuk dimiliki setiap produk dalam suatu konsep pemasaran.
Namun demam korea bukanlah satu-satunya alasan mengapa banyak produk lokal lebih memilih artis korea sebagai brand ambassador untuk mempromosikan produknya. Alasan lain misalnya karena fans artis korea dikenal lebih loyal kepada idola mereka, sehingga keloyalan ini akan membuat para fans membeli semua barang yang berkaitan dengan idolanya. Selain itu, harapannya adalah dengan kerjasama ini produk lokal dapat menjangkau pasar global sebagai keuntungan lainnya.
Strategi yang biasanya digunakan oleh produk lokal dalam menggaet lebih perhatian fans artis korea untuk membeli produk mereka adalah dengan mengeluarkan produk edisi khusus. Dimana biasanya untuk setiap pembelian produk edisi khusus tersebut akan mendapatkan photocard eksklusif, sepertinya yang dilakukan oleh Lemonilo yang saat itu bekerja sama dengan NCT DREAM. Selain itu, strategi lain yang bisa dipilih adalah dengan mengadakan fanmeeting yang hanya bisa diikuti oleh beberapa fans yang beruntung, sehingga bisa meningkatkan penjualan produk karena para fans akan membeli sebanyak mungkin produk tersebut untuk memperbesar peluang mereka dalam memenangkannya.
Hingga saat ini, banyak produk lokal yang bisa kita temui yang telah menjalin kerja sama dengan berbagai artis korea. Misalnya yang terbaru adalah Azarine yang merupakan produk skincare lokal yang bekerja sama dengan grup Red Velvet. Dan kerjasama antara produk lokal dengan artis korea ini tidak bisa dipungkiri akan terus berjalan selama memberikan umpan balik yang memuaskan, baik dari segi keuntungan dalam hal penjualan ataupun citra produk.
Annisa Nanda Salsabila, Mahasiswa Universitas Airlangga.
Disclaimer
Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.