Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Humas Universitas Aisyiyah Surakarta

Tinggal di Asrama? Siapa Takut!

Edukasi | Thursday, 04 May 2023, 10:08 WIB

Kuliah di luar kota? Kampus jauh dari rumah? Biaya hidup dari orang tua terbatas? Jangan khawatir karena AISKA menyediakan fasilitas asrama yang bisa digunakan untuk para mahasiswanya. Selain biaya sewanya yang murah, lokasinya pun dekat area kampus. Keamanannya sudah pasti terjamin karena tim security siap menjaga 24 jam. Keseluruhan bangunan asrama AISKA terdiri dari 4 lantai, jadi cukup banyak kamar yang tersedia untuk mahasiswanya.

Masih bimbang untuk tinggal di asrama? Berikut kelebihan dari tinggal di asrama yang bisa kamu jadikan bahan pertimbangan:

1. Jarak yang dekat dengan universitas

Nah, pastinya buat kamu yang pertama kali masuk universitas, mungkin ada yang belum hafal dengan pasti lingkungannya. Asrama sendiri memudahkan kamu untuk pergi ke universitas atau sekolah karena jaraknya yang cukup dekat.

Asrama AISKA lokasinya dekat dengan Kampus 1. Apabila kamu kesiangan atau butuh ke kampus secepat mungkin maka tak perlu risau. Jarak antara asrama dan kampus dapat ditempuh dengan berjalan kaki saja. Selain dekat, kamu juga bisa hemat ongkos transportasi juga.

2. Lebih mudah beradaptasi

Apabila kamu tinggal di asrama kampus, maka kamu akan semakin mudah untuk beradaptasi di lingkungan dan orang-orang yang ada di dalam kampus. Pastinya kamu akan bertemu dengan teman seangkatan atau kakak tingkat yang berlalu lintas di area asrama. Nah, ini adalah kesempatan baik untukmu mempermudah beradaptasi dengan lingkungan.

Lama-kelamaan kamu juga akan terbiasa dengan lingkungan kampus sampai area-area yang mungkin jarang diketahui oleh mahasiswa pada umumnya. Terlebih lagi nih, pastinya sangat mengasyikkan apabila kamu lebih banyak menghabiskan waktu bersama teman. Mengapa? Biasanya asrama yang ada di kampur diisi oleh 2 sampai 4 orang, tergantung ketentuan dari setiap universitas. Namun, juga ada asrama yang menyediakan kamar asrama khusus untuk satu orang saja.

3. Fasilitas yang lengkap

Berhubung asrama terletak di area kampus, pastinya beberapa fasilitas seperti kantin, ruang belajar, ruang rekreasi, laundry, minimarket, sampai fotokopi disediakan berdekatan dengan asrama. Hal ini dilakukan untuk menunjang kenyamanan pengguna asrama agar tak perlu repot keluar lingkungan universitas untuk menikmati pelayanan di atas.

4. Harga sewa yang murah

Nah, sebenarnya hal ini relatif juga ya. Namun, biasanya asrama terhitung lebih murah dibandingkan kos atau apartment yang ada di luar universitas. Biayanya tergantung fasilitas dan kamar yang kamu pilih. Di asrama AISKA, biaya sewa dibayarkan pertahun dan harga kamar berbeda berdasarkan letak kamar di lantai berapa.

Setelah tahu beberapa kelebihan dari asrama, kamu juga harus mengetahui nih beberapa kekurangan asrama yang sudah menjadi rahasia umum:

1. Adanya peraturan

Pertama dan yang utama adalah adanya peraturan yang biasanya lebih mengikat. Misalnya, dari jam malam yang diberikan atau penggunaan listrik biasanya lebih dibatasi atau diperketat.

2. Fasilitas umum

Untuk fasilitas yang disediakan di asrama pastinya terlihat menggiurkan ya? Namun, perlu diingat juga apabila fasilitas tersebut biasanya bersifat umum, mulai dari ruang belajar, dapur, tempat rekreasi, bahkan beberapa kamar mandi yang digunakan secara umum. Jadi, kamu juga harus bersiap-siap apabila ada teman satu asrama yang cukup jorok ketika mandi atau menggunakan dapur. Tapi kamu tidak perlu risau, karena ada petugas piket yang rutin membersihkan area asrama AISKA agar kebersihan dan kenyamanan di lingkungan asrama tetap terjaga.

3. Terbatasnya tempat berkunjung

Selanjutnya adalah keterbatasan dalam berkunjung. Benar sekali, di asrama biasanya ada keterbatasan dalam berkunjung. Tidak sembarangan orang bisa keluar masuk kamar asrama juga, terlebih biasanya asrama dibagi menjadi asrama khusus pria dan wanita. Asrama AISKA saat ini dikhususkan hanya untuk wanita saja, jadi belum ada asrama AISKA untuk mahasiswa pria.

Nah, info di atas sekilas mengenai kelebihan dan kekurangan tinggal di asrama, terutama asrama AISKA. Sebenarnya worth it atau tidaknya tergantung dengan kebutuhanmu sendiri ya! Jadi, kalau kamu pilih tinggal di mana?

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image