Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Bapas Pati

Ceritera Bapas Pati Agar Klien Menjadi Lebih Bermanfaat

Info Terkini | Wednesday, 03 May 2023, 14:14 WIB

Pati-Untuk meningkatkan dan memberikan pelayanan kepada publik agar maksimal, Balai Pemasyarakatan Kelas II B Pati, melaksanakan berbagai program inovasi unggulan. Program inovasi ini dimulai sejak tahun 2019 dan akan terus dikembangkan dan diperbaharui. CERITERA merupakan salah satu program inovasi unggulan Bapas Pati yang bertujuan untuk memberikan bimbingan baik kepribadian dan kemandirian kepada klien Bapas Pati.

Kegiatan Pembimbingan Klien Bapas Pati (Sumber : Humas Bapas Pati)

Pelaksanaan CERITERA ini sebagai salah satu wujud tugas pokok dan fungsi Pembimbing Kemasyarakatan dan Asisten Pembimbing Kemasyarakatan untuk melakukan pembimbingan bagi klien pemasyarakatan. Pembimbingan dapat dilakukan dengan berbagai jenis seperti bimbingan kelompok dan bimbingan individu.

Bapas Pati meluncurkan inovasi “Ceritera” sebagai salah satu program pembimbingan berkelompok bagi klien. Ceritera merupakan bentuk bimbingan kelompok bagi klien pemasyarakatan yang dikemas menyerupai sebuah workshop atau seminar dimana klien pemasyarakatan Bapas Pati tidak diperlakukan sebagai seseorang yang pernah menjadi Narapidana, namun seorang yang terhormat bahkan layaknya profesional individu/tamu undangan dari sebuah workshop atau seminar.

Tujuan inovasi layanan ini adalah Menghilangkan stigma bahwa seorang yang pernah menjadi Narapidana adalah rendah seara sosial, Menempatkan klien sebagai subyek di dalam pembimbingan, Adanya keterlibatan masyarakat secara langsung dalam proses pembimbingan klien pemasyarakatan, Meningkatkan kepedulian terhadap pemasyarakatan bagi pegawai dan masyarakat.

Ceritera ini merupakan program berkelanjutan yang dilakukan setiap triwulannya di setiap tahunnya dengan narasumber yang berbeda-beda dengan tujuan sebagai bekal bagi klien dalam menjalani hidupnya setelah menjalani pidana didalam Lapas/Rutan sehingga Klien dapat mandiri dan mempunyai pengetahuan ketrampilan yang baik.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image