Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Reysa Audy Tri Agastya

5 Fakta Mengejutkan tentang Kesehatan Mental yang Perlu Anda Ketahui

Edukasi | Monday, 01 May 2023, 02:00 WIB
sumber: pexels

Kesehatan mental menjadi semakin penting dalam kehidupan sehari-hari karena semakin banyak orang yang mengalami gangguan mental.

Dalam artikel ini, kami akan membahas 10 fakta mengejutkan tentang kesehatan mental yang perlu Anda ketahui. Argumen yang digunakan dalam artikel ini didasarkan pada pandangan dari beberapa dokter ahli di bidang kesehatan mental.

1. Setiap tahun, lebih dari 450 juta orang di seluruh dunia mengalami gangguan mental. Menurut Dr. Anne Fabiny, MD, Associate Professor of Medicine di Harvard Medical School, "Jumlah orang yang mengalami gangguan mental semakin meningkat setiap tahunnya, termasuk di negara-negara maju seperti Amerika Serikat. Ini merupakan tantangan besar bagi sistem perawatan kesehatan, dan membutuhkan pendekatan yang holistik dan komprehensif untuk mengatasi masalah ini."

2. Lebih dari setengah orang yang mengalami gangguan mental tidak mendapatkan perawatan yang mereka butuhkan. Menurut Dr. William Lawson, MD, Professor of Psychiatry and Behavioral Sciences di Howard University, "Banyak orang yang mengalami gangguan mental tidak mencari perawatan karena stigma dan ketidaktahuan tentang kesehatan mental, serta kurangnya akses ke layanan kesehatan mental yang terjangkau dan mudah diakses."

3. Depresi adalah gangguan mental paling umum di seluruh dunia. Menurut Dr. Michael Craig Miller, MD, Assistant Professor of Psychiatry di Harvard Medical School, "Depresi adalah gangguan mental paling umum di seluruh dunia, dengan lebih dari 264 juta orang yang terkena dampaknya. Hal ini dapat mempengaruhi kesehatan fisik dan mental seseorang, serta mempengaruhi kualitas hidup dan produktivitas."

4. Konsumsi narkoba dan alkohol dapat meningkatkan risiko terjadinya gangguan mental. Menurut Dr. David Sack, MD, Associate Clinical Professor of Psychiatry di Keck School of Medicine of USC, "

Konsumsi narkoba dan alkohol dapat meningkatkan risiko terjadinya gangguan mental, seperti depresi, kecemasan, dan gangguan bipolar. Selain itu, penggunaan jangka panjang dapat menyebabkan kerusakan otak dan memperburuk kondisi kesehatan mental seseorang."

5. Kesehatan fisik dan kesehatan mental saling terkait erat. Menurut Dr. Madhukar Trivedi, MD, Professor of Psychiatry di University of Texas Southwestern Medical Center, "Kesehatan fisik dan kesehatan mental saling terkait erat, sehingga gangguan pada salah satu aspek dapat mempengaruhi yang lainnya.

Oleh karena itu, penting untuk menjaga kesehatan fisik dengan cara seperti olahraga teratur, pola makan yang sehat, dan tidur yang cukup, sebagai upaya untuk mencegah dan mengatasi gangguan kesehatan mental."

Dari kelima fakta mengejutkan tentang kesehatan mental yang perlu diketahui, dapat disimpulkan bahwa kesehatan mental sangatlah penting bagi kualitas hidup seseorang. Perlu ada kesadaran dan upaya untuk menjaga kesehatan mental, baik dengan cara mengubah pola pikir dan perilaku yang tidak sehat, mencari bantuan dari profesional kesehatan mental, maupun dengan cara menjaga kesehatan fisik secara menyeluruh.

Dengan pemahaman yang lebih baik tentang kesehatan mental dan upaya yang dilakukan secara bersama-sama, kita dapat memperbaiki kualitas hidup dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat secara keseluruhan.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image