Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Dewi Sulistiawaty

5 Rekomendasi Tempat Wisata Terbaru yang Hits di Jakarta untuk Mengisi Libur Lebaran

Wisata | Sunday, 23 Apr 2023, 17:06 WIB
5 Rekomendasi Tempat Wisata Terbaru yang Hits di Jakarta untuk Mengisi Libur Lebaran

Kumandang takbir bersahut-sahutan, menandakan Ramadan untuk berganti bulan. Saking fokusnya menikmati hari demi hari dalam menjalankan ibadah puasa, membuat Ramadan terasa begitu cepat berlalu. Namun kesedihan akan perpisahan dengan bulan suci ini bercampur dengan perasaan bahagia karena disambut dengan datangnya hari kemenangan, yaitu hari raya Idul Fitri.

Berbagai persiapan pun dilakukan untuk menyambut dan merayakan hari kemenangan bagi umat Islam ini, di antaranya adalah bersih-bersih rumah, memasak kue lebaran, menyiapkan parcel atau hampers lebaran, menyiapkan uang THR atau angpao, serta tentunya tak lupa untuk membayarkan zakat fitrah.

Bagi yang mengisi libur lebarannya dengan pergi mudik, tentunya jauh-jauh hari sudah mempersiapkan tiket atau kendaraan yang akan digunakan untuk mudik nanti, membeli oleh-oleh untuk dibawa pulang kampung, mengemas pakaian dan barang-barang yang akan dibawa, serta mungkin ada juga yang sudah membuat daftar tempat wisata yang ingin mereka kunjungi selama mudik nanti.

Lalu bagaimana bagi yang belum bisa mudik? Tenang! Mudik atau nggak mudik akan sama serunya kok, asalkan kita bisa mengisinya dengan berbagai kegiatan yang menyenangkan. Misalnya dengan berkunjung dan bersilaturrahmi ke rumah saudara atau teman yang gak mudik juga, nonton film di rumah atau di bioskop bareng keluarga maupun bareng teman, jalan-jalan ke mal, serta jalan-jalan ke tempat wisata yang ada di sekitar kota tempat tinggalmu.

Ngomong-ngomong tentang tempat wisata, saat ini makin banyak tempat wisata baru yang bermunculan. Apalagi sejak diberlakukannya pelonggaran kebijakan pandemi, pertumbuhan pariwisata pun makin meningkat. Hal ini disebabkan antusias masyarakat yang butuh hiburan, setelah selama pandemi ini mereka jenuh karena harus berdiam diri di rumah saja. Nah, salah satu hiburan yang paling diminati masyarakat adalah traveling.

Beberapa di antara tempat wisata baru ini bahkan menjadi tempat favorit yang banyak dikunjungi wisatawan. Umumnya tempat wisata tersebut menyuguhkan sesuatu yang unik dan menarik, lokasinya yang mudah diakses, serta tentu saja harganya yang cukup terjangkau. Berkunjung ke tempat wisata seperti ini bisa menjadi salah satu alternatif seru untuk mengisi libur lebaran. Bagi kamu yang tinggal di sekitar Jakarta dan nggak mudik, atau yang lagi berlibur ke Jakarta, berikut ada beberapa tempat wisata baru yang dapat kamu kunjungi.

1. Tokyo Riverside PIK 2

Berkunjung ke Tokyo Riverside di Pantai Indah Kapuk 2 (PIK 2) akan membuat pengunjung seolah-olah sedang berada di Belanda. Pasalnya bangunan warna warni yang berjejer di sepanjang Sungai Rawabango PIK tersebut nampak seperti ikon kota Amsterdam, Belanda. Apalagi jika berkunjung di sore hari, panoramanya benar-benar memesona. Salah satu spot menarik yang sering dijadikan ajang untuk berfoto adalah jembatan di Jalan Marina Raya. Malam hari tampilan jembatan ini makin cantik dengan hiasan aneka lampu warna warni.

Sebenarnya nama Tokyo Riverside sendiri merupakan nama bangunan apartemen warna warni yang berdiri di pinggiran sungai tersebut. Jika ingin berkunjung ke sini, kamu tinggal meluncur ke daerah PIK di Jakarta Utara, atau lengkapnya ke Rukan La Rivera, Center Point PIK 2, Jl, Marina Indah Raya Pantai Indah Kapuk. Untuk masuk ke area ini pengunjung tidak dipungut biaya apapun, alias gratis.

2. Cove at Batavia PIK

Masih di daerah Pantai Indah Kapuk (PIK) di Jakarta Utara, terdapat satu lagi tempat wisata yang menarik untuk dikunjungi, yaitu Cove at Batavia. Berbeda dengan Tokyo Riverside yang kental dengan nuansa ala Eropa, maka di Cove at Batavia ini menyuguhkan panorama ala Los Angeles, Amerika Serikat. Di sini kamu akan menemukan banyak spot foto bernuansakan ala luar negeri.

Sebenarnya tempat wisata ini lebih tepat jika disebut sebagai tempat wisata kuliner, karena lebih menonjolkan nuansa makan street food seperti di luar negeri. Selain berswafoto, pengunjung yang datang dapat menyantap aneka kuliner di sana sambil menikmati pemandangan laut yang indah. Sama seperti Tokyo Riverside, masuk ke kawasan Cove at Batavia inipun tidak pungut biaya apapun, kecuali biaya parkir bagi pengunjung yang membawa kendaraan ke sana. Lokasinya berada di daerah Golf Island PIK, Jakarta Utara.

3. Hutan Kota by Plataran GBK

Masih bertemakan outdoor, tempat wisata Jakarta yang satu ini juga hadir dengan nuansa alam terbuka. Ruang terbuka hijau sepertinya memang sedang jadi tempat favorit bagi masyarakat saat ini. Tempatnya cukup luas, yaitu sekitar 4 hektar. Mungkin karena itulah tempat ini dinamakan hutan kota, yang disulap sebagai paru-parunya kota Jakarta.

Berwisata ke Hutan Kota GBK akan lebih seru lagi jika dilakukan bareng dengan keluarga atau teman, karena di sini pengunjungnya diperbolehkan untuk piknik. Kebayang kan, bagaimana asyiknya piknik sambil menikmati pemandangan sekitar yang hijau, dan juga gedung-gedung pencakar langit. Jika dilihat-lihat, taman luas ini mirip dengan taman-taman yang ada di Central Park di Manhattan, Amerika Serikat. Bagi yang ingin berkunjung ke sini, lokasinya berada di area GBK (Gelora Bung Karno), dan tidak ada biaya masuknya juga ya.

4. Skywalk dan Danau Senayan Park

Puas menikmati Hutan Kota GBK, kamu bisa melipir ke skywalk dan danau yang ada di Senayan Park. Letaknya tak begitu jauh dari GBK, tepatnya di Jl. Gerbang Pemuda, Jakarta Pusat. Fyi, Senayan Park ini dulu dikenal dengan nama Taman Ria Senayan. Setelah dilakukan revitalisasi, barulah sekitar tahun 2021 berganti nama jadi Senayan Park atau disingkat SPARK.

Di tempat wisata outdoor ini pengunjung bisa menikmati pemandangan Kota Metropolitan dari skywalk. Ngomong-ngomong, Jembatan SPARK ini diklaim sebagai jembatan penyeberangan tertinggi di Jakarta lho. Uniknya lagi, lantai jembatan terbuat dari kaca tebal yang tembus pandang. Kamu bisa melihat Jakarta secara 360 derajat, dengan view gedung-gedung tinggi berlatarkan langit biru. Namun jika ingin mendapatkan view langit jingga yang memukau, sebaiknya kamu ke skywalk ini di sore hari. Dan jika ingin menikmati kerlap kerlip lampu-lampu gedung dan kendaraan, kamu bisa naik saat malam menjelang.

Tak hanya skywalk, pengunjung juga bisa menikmati danau buatan yang berada tepat di sebelah mal SPARK. Di pinggir danau ini terdapat beberapa spot foto yang instagramable. Pengunjung juga bisa menikmati semilir angin danau sambil menyantap aneka kuliner yang dijajakan di sana. Serunya lagi, di SPARK ini juga terdapat Skylight Cinema, sebuah bioskop berkonsep outdoor yang bisa ditonton oleh semua pengunjung. Semuanya dapat dinikmati secara gratis oleh pengunjung. Kecuali untuk biaya parkir, dan jika pengunjung ingin menaiki wahana yang ada di danau, termasuk menyewa sepeda. Oiya, SPARK ini buka tiap hari, mulai dari pkl 07.00 – 21.00 WIB.

5. Tebet Eco Park

Melipir ke daerah selatan Jakarta, ada sebuah taman baru yang juga menjadi tempat wisata favorit, yaitu Tebet Eco Park. Dulu namanya Taman Tebet. Namun usai direvitalisasi dengan konsep yang lebih kekinian, namanya pun diganti menjadi Tebet Eco Park. Uniknya, taman ini mengusung konsep harmonisasi antara rekreasi, edukasi, sosial, dan ekologi.

Masuk ke dalam taman, pengunjung bisa menikmati thematic garden, menyusuri boardwalk, sebuah jembatan estetik untuk menelusuri habitat tanah basah, area perbukitan kecil yang disebut Community Lawn, Forest Border, Children Playground, dan Infinity Link Bridge, sebuah jembatan sepanjang 800 meter nan estetik yang menghubungkan kawasan Taman Tebet Selatan dengan Taman Tebet Utara. Sama seperti tempat wisata outdoor terbaru yang disebutkan sebelumnya, pengunjung yang ingin menikmati Tebet Eco Park ini tidak dikenakan tarif alias gratis. Untuk berkunjung ke sini, tempat wisatanya buka setiap hari, dari pkl 06.00 – 20.00 WIB.

Itulah 5 tempat wisata terbaru yang hits dan juga gratis di Jakarta. Sebenarnya masih banyak lagi tempat wisata hits lainnya, yang harga tiket masuknya cukup terjangkau. Jika kamu ingin menjelajahi tempat wisata hits Jakarta lainnya, kamu bisa browsing di internet. Di sana banyak rekomendasi tempat wisata terbaru dan hits lainnya yang bisa kamu kunjungi saat libur lebaran. Agar kamu bisa berselancar dengan nyaman di dunia maya, maka sebaiknya menggunakan koneksi internet cepat ya, agar gambar-gambar atau foto tempat wisata yang disajikan dapat tampil dengan jelas.

Tak hanya menampilkan gambar dengan jelas, memiliki internet cepat, tentu juga dapat mempercepat proses pencarian data di dunia maya. Internet cepat membuat pekerjaan digital menjadi lebih mudah, tanpa perlu merasa tersiksa menunggu proses untuk download maupun untuk upload file, sehingga tak banyak waktu yang terbuang. Dengan begitu akan lebih banyak lagi hal lainnya yang bisa dikerjakan. Umumnya internet cepat sangat dibutuhkan masyarakat untuk menjadikan hidup lebih baik dan berkualitas.

Untuk bisa memiliki koneksi internet cepat, tentunya kamu harus berlangganan paket internet dari internet provider, misalnya dari IndiHome milik Telkom Indonesia. Sebagai perusahaan penyedia layanan digital, diantaranya layanan internet, telepon rumah, dan TV interaktif, IndiHome menyediakan pilihan paket internet cepat kepada pelanggannya.

Tak tanggung-tanggung, kecepatan internet yang diberikan hingga mencapai 300Mbps. Ini mungkin karena IndiHome menggunakan teknologi fiber optic yang lebih tahan dalam kondisi cuaca apapun, sehingga menghasilkan koneksi internet cepat dan stabil. IndiHome pun telah berhasil membawa akses internet cepat hingga ke seluruh pelosok negeri.

Nah, dengan internet cepat tersebut, kamu bisa mengintip berbagai tempat wisata yang sedang hits yang mungkin ingin kamu kunjungi. Bahkan bisa saja kamu menemukan wisata hidden gem di Jakarta, atau bahkan di daerah lainnya. Yang pasti, mudik nggak mudik, tetap nikmati libur lebaranmu ya. Jadikan liburanmu menyenangkan dan menjadi momen menyenangkan dengan mengunjungi tempat wisata terbaru dan hits di Jakarta.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image