Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image andri gunawan

TENTANG ROMANTISME #1: Apa itu hubungan romantis?

Guru Menulis | Wednesday, 22 Dec 2021, 14:23 WIB

https://wallpapersafari.com

Sebelum menelisik lebih jauh tentang apa itu hubungan romantis, sebagai pembuka saya ingin sampaikan satu ungkapan dari DeVito:

“Diantara beberapa hubungan interpersonal, hubungan romantis adalah yang memiliki kualitas terpenting”

DeVito menjelaskan bahwa terdapat riset yang menunjukan kalau kontribusi hubungan interpersonal pada kebahagiaan manusia melebihi dari uang, pekerjaan, dan seks. Hubungan romantis atau cinta adalah perasaan yang ditandai dengan kedekatan, kelembutan dan diiringi dengan passion, komitmen dan Intimacy (keintiman). Keterhubungan antara ke tiga dimensi tersebut digambarkan dalam bentuk segitiga yang masing-masing saling tumpang tindih dan terkoneksi, seperti gambar beikut:

Gambar: The Triangle of Love

Passion,Commitment, dan Intimacy

#1. Passsion

Sternberg menjelaskan bahwa passion adalah komponen yang merujuk pada keinginan untuk menjalin hubungan romantis, antara lain atraksi fisik, penyempurnaan seksual, dan fenomena terkait dalam hubungan cinta. Passion atau gairah tidak selalu berhubungan dengan sesuatu yang sensual atau seksual. Passion melibatkan perasaan emosional yang kuat, passion lah yang membuat manusia merasakan butterflies in the stomach dan falling heads over heels.

Sternberg menyatakan passion adalah sumber-sumber motivasi dan bentuk gairah yang mengarahkan pada hubungan yang penuh kasih. Beberapa cara untuk mengekspresikan komponen hasrat antara lain berciuman, berpelukan, menatap, menyentuh, dan bercinta.

#2. Commitment

Wodds mengatakan bahwa dimensi lain yang dibutuhkan dalam hubungan romantis adalah komitmen. Keputusan dalam berkomitmen merujuk pada keputusan untuk mencintai orang lain dan mempertahankan hubungan cinta tersebut. Passion saja tidak cukup untuk membuat suatu hubungan, harus ada sesuatu yang mengikat dan membuat pasangan bertahan dengan satu sama lain dalam keadaan apapun, disinilah komitmen berperan. Komitmen berhubungan erat dengan investasi dalam suatu hubungan. Suatu hubungan akan mempunyai komitmen yang kuat jika semakin banyak yang di investasikan di dalam hubungan tersebut.

Keputusan dan pertimbangan untuk berkomitmen termasuk pada elemen kognitif yang terlibat dalam pengambilan keputusan tentang keberadaan dan potensi untuk hubungan percintaan dalam jangka panjang. Menurut Sternberg terdapat beberapa cara untuk mengekspresikan komitmen termasuk janji, kesetiaan, tinggal dalam suatu hubungan melalui masa-masa sulit, keterlibatan, dan pernikahan.

#3. Intimmacy

Intimasi atau keintiman adalah komponen perasaan yang merujuk pada perasaan kedekatan, keterhubungan, keterikatan dalam hubungan cinta.

Woods mengatakan bahwa intimiasi adalah perasaan kedekatan, koneksi, dan kelembutan atau kehangatan yang menimbulkan perasaan sayang, perasaan aman dan nyaman antara individu dalam suatu hubungan. Intimasi adalah hal yang membuat pasangan nyaman satu sama lain dan menikmati kebersamaan mereka walaupun sudah tidak ada percikan (sparks) dalam hubungan mereka.

Sternberg mengatakan bahwa beberapa orang mengekspresikan komponen keintiman atau intimacy yaitu dengan mengkomunikasikan isi hatinya atau perasaan, mengungkapkan kebaikan satu sama lain tentang apa yang paling disuka dari satu sama lain, membagi waktu dan diri sendiri untuk satu sama lain, mengekspresikan empati, dan menawarkan support secara material maupun emosional.

Knapp mengatakan bahwa pengungkapan intimasi biasanya merujuk pada informasi personal yang tidak banyak diketahui orang. Informasi personal ini bisa berupa informasi yang berkaitan dengan konsep diri (contoh: ketakutan akan kegagalan, persepsi tentang citra tubuh, kepercayaan diri) yang sering kali terjadi dalam hubungan interpersonal dan dapat dikatakan sebagai tipe paling personal dalam pembukaan diri.

Sternberg-Grajek menemukan bahwa komponen intimasi membentuk akar utama dari hubungan cinta hampir dari semua hubungan yang dijalani seseorang, di sisi lain passion dan komitmen adalah komponen yang unik yang dalam hubungan percintaan khusus pada beberapa individual. Artinya, komponen intimasi merupakan komponen yang tidak terbatas pada hubungan cinta tertentu, namun intimasi juga merupakan komponen yang terdapat pada semua hubungan percintaan lain misalnya pada teman, keluarga dan lain-lain. Sedangkan passion kemungkinan adalah komponen yang paling besar memegang peran dalam hubungan romantis percintaan atau pacaran, dan berperan sedikit, bahkan mungkin tidak sama sekali dalam hubungan cinta dengan orangtua, dan dengan saudara. Sehingga dengan kata lain passion adalah komponen yang membedakan hubungan cinta antara orang yang berpacaran dengan hubungan cinta lain seperti pada keluarga atau teman.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image