Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Supadilah

Keunikan Nylumbat, Mengupas Kelapa Cara Tradisional

Guru Menulis | Thursday, 20 Apr 2023, 03:38 WIB
Kepala yang habis dislumbat (dokumentasi pribadi)

Salah satu hal unik yang ada di kampung saya adalah nylumbat. Nylumbat adalah cara mengupas kelapa dengan menggunakan pokok kayu yang dilancipkan di bagian atasnya, dan di bagian bawahnya di tanam di tanah.

Cara ini bisa menggunakan pokok kayu yang masih hidup atau akarnya masih ada. Sebaiknya menggunakan kayu yang keras. Kalau tidak, kita bakal sering menajamkan ujungnya. Nylumbat juga bisa menggunakan linggis yang ditancapkan, dengan bagian lancipnya berada di atas. Kalau pakai linggis juga akan lebih awet.

Cara kerjanya tidak begitu mengeluarkan tenaga, justru memanfaatkan berat tubuh.

Untuk yang pemula biasanya masih lambat cara ngupasnya. Kalau sudah mahir biasanya cepat. Cukup satu kali entakan sudah terkelupas satu bagiannya.

Kalau lihat yang sudah mahir biasanya kelihatan mudah. Ada yang bisa mengupas hingga ratusan butir kelapa dalam satu hari.

Tapi ternyata nggak mudah juga. Pemula biasanya ada yang lecet-lecet atau bengkak tangannya.

Cara tradisional ini terbilang murah meriah. Sebab bisa menggunakan potongan kayu yang sudah tidak terpakai seperti kayu trempinis yang bertekstur keras.

Bangsa kita memang banyak memiliki keunikan dalam kehidupannya. Salah satunya nylumbat ini. Selain kerja, nylumbat bisa sebagai sarana olahraga.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image