Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Novarty Eka Putriana

6 Persiapan Mudik Ibu Menyusui Agar Nyaman di Perjalanan

Parenting | Tuesday, 18 Apr 2023, 09:27 WIB
Sumber foto: Dokumentasi Pribadi

Bagi ibu menyusui, perjalanan mudik menuju kampung halaman, apalagi yang membutuhkan waktu tempuh cukup panjang, mungkin akan menjadi kekhawatiran tersendiri. Bagaimanapun, ibu pasti butuh ruang dan kesempatan untuk dapat menyusui dengan nyaman.

Bila menggunakan kendaraan pribadi, ibu bisa jauh lebih lega dan leluasa. Tapi, keadaannya tentu akan berbeda ketika ibu mesti mudik menggunakan kendaraan umum seperti bus, kereta api atau pesawat. Tidak ada ruang khusus menyusui di dalamnya. Bahkan duduk saja bisa berhadapan atau bersebelahan dengan orang yang tidak dikenal.

Nah, agar ibu tetap dapat menyusui anak dengan nyaman di perjalanan, termasuk ketika menggunakan kendaraan umum, berikut beberapa persiapan yang dapat membantu.

1. Informasi Perjalanan Mudik

Penting sekali dilakukan ibu sebelum mudik, atau sebelum memesan tiket. Mesti diketahui dulu bagaimana kendaraan yang akan dinaiki, posisi duduknya, waktu tempuh, apakah di stasiun, bandara, terminal, atau mungkin pelabuhan, menyediakan ruang menyusui atau tidak. Daftar informasi ini bisa saja lebih panjang, tergantung kebutuhan ibu. Ini dimaksudkan agar ibu bisa mendapatkan gambaran dalam banyak hal, seperti mau duduk di mana, memilih jam keberangkatan atau bisa tidaknya menyusui dulu sebelum berangkat agar anak lebih tenang beberapa jam awal naik kendaraan.

Praktisnya, manfaatkan saja jaringan internet cepat untuk mencari tahu. Karena di sana, tersedia beragam infromasi yang pasti membantu. Mulai dari tulisan para pakar, hingga pengalaman sesama ibu pun bisa jadi referensi. Pastikan internet provider yang digunakan stabil, ya.

2. Apron Menyusui

Dari pada menutupi dengan kain biasa, lebih nyaman apabila ibu menggunakan apron yang dirancang khusus untuk ibu menyusui. Ada gantungan yang dikalungkan ke leher, dan ukurannya cukup lebar. Goyangan selama perjalanan, berisiko membuat kain biasa mudah terjatuh ketika ditaruh begitu saja untuk menutupi. Sedangkan apron menyusui, tentu tetap terpasang dengan baik dan tidak mudah terbuka, baik oleh goyangan kendaraan, maupun gerakan bayi. Apron ini pun sudah banyak dijual di e-commerce.

3. Baju yang Memudahkan untuk Menyusui

Ada baju khusus ibu menyusui yang memiliki celah di bagian sisi dada, atau bisa juga baju dengan kancing/resleting di bagian depan. Kedua pilihan ini adalah pakaian yang memudahkan ibu untuk menyusui dan meminimalkan bagian tubuh terlihat. Sama seperti apron, ibu dapat dengan mudah menemukan berbagai pilihan baju ibu menyusui yang stylish di toko online.

4. Breast Pad Sekali Pakai

Ini semakin penting bagi ibu dengan usia bayi yang masih beberapa bulan. Biasanya, ASI sering kali merembes dan membasahi baju. Bila terlihat, pasti akan membuat risih dan malu. Dari pada sibuk ganti-ganti baju, padahal sulit sekali dilakukan selama dalam perjalanan mudik, lebih baik bila ibu menggunakan breast pad sekali pakai.

Sekadar informasi, breast pad adalah bantalan yang bisa menyerap air (ASI) sehingga tidak akan membahasi bra atau baju. Ada perekatnya, jadi tidak akan bergeser. Bagi ibu yang belum pernah menggunakan, silakan searching di internet, karena banyak sekali artikel yang menginformasikan cara pakainya. Jangan sia-siakan jaringan internet cepat yang digunakan sehari-hari ya, Moms.

5. Tisu

Sangat dibutuhkan untuk membersihkan ASI ibu yang mungkin tumpah atau mengenai sesuatu. Sekaligus jaga-jaga bila anak gumoh agar tidak mengenai baju. Bukan hanya tisu kering saja, bawa juga tisu basah karena fungsi keduanya berbeda dan saling melengkapi. Tisu kering untuk mengeringkan yang basah, serta tisu basah untuk menghilangkan kesan lengket dan lebih mensterilkan.

6. Bantal Kecil

Bila keadaanya memungkinkan, membawa bantal kecil juga dapat membuat ibu lebih nyaman. Fungsinya sebagai pengganjal tangan agar tidak capek menahan tubuh bayi saat menyusui dan tidur. Tidak perlu yang besar, kecil saja, asal padat. Ibu bisa kembali mencari referensi bantal sesuai dengan kenyamanan di internet, karena banyak sekali ulasan yang akan membantu.

Beberapa persiapan mudik untuk kenyamanan menyusui ini sangat bisa dilakukan ibu secara mandiri di mana saja dan kapan saja. Intinya hanya dua, yaitu mencari informasi dan membeli apa yang belum dimiliki. Dari gadget seperti smartphone, tablet atau laptop, ditambah dengan jaringan internet cepat langganan, ibu dapat membaca artikel yang menyarankan untuk menyusui anak saat takeoff dan landing pesawat misalnya, lalu bisa sekalian membeli apron, breast pad atau bantal kecil di e-commerce kesayangan.

Kebutuhan akan jaringan internet cepat dalam segala lini kehidupan masyarakat inilah, IndiHome dari Telkom Indonesia, terus membangun jaringan internet berkualitas yang bisa menjangkau seluruh wilayah Indonesia. Agar semakin banyak yang terbantu untuk mencari referensi dan solusi dari sumber informasi tak terbatas dalam dunia digital, tentunya dengan internet provider yang menyuguhkan kelancaran dan kestabilan.

Sudah menjadi gaya hidup. Jaringan internet cepat dan segala kemudahan digital adalah bagian kehidupan masa kini. Internet provider langganan, pasti akan bermanfaat bila kita bijak dalam menggunakan. Termasuk untuk membantu ibu menyusui yang akan mudik beberapa waktu lagi. Semangat menyusui dan semoga bermanfaat.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image