Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Hamdani

Mereka yang Menyesal di Ujung Ramadhan

Lentera | Friday, 14 Apr 2023, 14:44 WIB
Masjid Raya Baiturrahman Kota Banda Aceh (Foto Net)

Betapa banyak manusia yang ramadhan nya berlalu sia-sia, karena mereka disibukkan oleh hal-hal yang sia-sia pula, sehingga mereka tidak mendapatkan apa-apa meski ramadhan telah tiada.

Padahal setiap lorong waktu yang dilalui di dalam bulan ramadhan merupakan sebuah peluang emas untuk mendapatkan pahala dan kasih sayang Allah SWT.

Namun hal itu terlewatkan begitu saja dan tanpa ada merasa kehilangan. Seakan-akan tidak berharga.

Syeikh Khaleel Ismael Elias berkata bulan Ramadhan merupakan hadiah karunia Allah kepada kita. Hadiah yang berharga dan sangat mahal. Bulan agung yang menuntut kita bersedia untuk menghadapinya karena ini bulan kebaikan dan keberkahan.

Mari kita renungkan sejenak, barangkali belum terlambat.

Beberapa hari ini ramadhan masih menemani kita. Tentu saja masih ada waktu dan kesempatan untuk meraih segala keutamaan Ramadhan sebelum tibanya penyesalan.

Ingatlah bahwa belum tentu di tahun depan kita akan dipertemukan kembali dengan ramadhan. Boleh jadi ini adalah ramadhan kita yang terakhir.

Oleh sebab itu jangan lakukan hal-hal berikut ini agar kita tidak menjadi orang yang menyesal di penghujung Ramadhan. Imam Masjid Babul Maghfirah, Drs. Tgk. H. M. Aji Adam membagikan informasi tersebut dalam sebuah grup WhatsApp BKM. Apa saja?

Pertama; orang yang tidak dapat berpuasa secara baik dan sempurna. Mereka bahkan berpuasa tetapi hampa dari nilai, tak dapat memetik manfaat ramadhan.

Kedua; orang yang tidak sempat membaca alquran dengan sempurna karena lalai dengan berbagai aktifitas dan kesibukan duniawi sehari hari. Tidak berhasil mangelola waktu untuk membaca alquran.

Ketiga; orang yang meninggalkan berbagai amalan sunnah, seperti; tarawih, dan sunnah-sunnah lainnya.

Keempat; orang yang meninggalkan sedekah padahal mereka punya harta. Mereka melewatkan kesempatan bersedekah di bulan suci ini.

Kelima; orang yang tidak dapat berbuat baik, berbakti, kepada orang tua. Baik ketika orang tua mereka masih hidup maupun telah meninggal dunia.

Demikianlah lima golongan manusia yang pasti akan menyesal ketika ramadhan berlalu sedangkan mereka tidak sempat berbuat kebaikan-kebaikan yang dapat menghasilkan pahala yang besar dan keutamaan-keutamaan lain yang ada dalam bulan Ramadhan.

Wallahu'alam

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image