Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Nurul Resty Damayanti

The Power of Do'a

Agama | Wednesday, 05 Apr 2023, 05:19 WIB
Memohon lah hanya kepadaNya niscaya kau akan diberikan jalan dari arah yang tidak kau duga

Sebagai seorang muslim tentunya kita tau bahwa senjata terampuh bagi mereka yaitu do'a.Do'a akan menjadikan seseorang dekat dengan sang pemilik segala sesuatu, sehingga kita tak perlu khawatir dan cemas. Namun masih banyak dari kita yang belum sadar akan kekuatan do'a, kebanyakan mereka hanya menganggap do'a sebagai sarana dalam memanjatkan keinginan. padahal lebih dari itu.

Takdir adalah ketetapan Allah, tapi sebagian ulama berpendapat bahwa takdir bisa diubah dengan doa dan usaha. Maka dari itu, kita bisa menggunakan sarana berdoa kepada Allah ini untuk mengubah takdir.Tidak ada yang dapat menolak takdir buruk selain doa kepada Allah SWT. Sebab, jika seorang hamba berdoa dengan sungguh-sungguh, maka Allah berkenan menghapus daftar takdir menurut kehendak-Nya. Apabila Dia sudah berkehendak, maka tidak ada yang bisa mengusik selain memohon kepada-Nya dengan doa.

Saat kita merasa gundah dan gelisah, butuh pertolongan, akan kemanakah kita? apakah kita akan menminta kepada manusia? tentu tidak. Berharap pada manusia adalah awal dari kekecewaan. Maka tentunya kita akan meminta kepada dzat yang mahakuasa.

Ibnu Qayyim mengatakan, ”Jika perisai doamu lebih kuat dari musibah maka ini akan menolaknya, tetapi jika musibah lebih kuat dari perisai doamu, maka ia akan menimpamu, namun doa itu sedikitnya tetap akan mengurangi efeknya. Dan jika perisai doamu seimbang dengan kekuatan musibah, maka keduanya akan bertarung.” “Tak ada gunanya waspada menghadapi takdir, namun doa bermanfaat menghadapi takdir sebelum dan sesudah ia turun dan sesungguhnya ketika musibah itu ditakdirkan turun dari langit maka ia akan segera disambut oleh doa di bumi lalu keduanya bertarung sampai hari kiamat. “(HR Ahmad, al-Hakim dan Thabarani).

Akan tetapi kekuatan do'a bergantung pada keyakinan kita. Apakah kita yakin bahwa do'a kita akan dikabulkan atau bahkan meragukannya.Tanamkan pada diri dan berdo'alah dengan penuh keyakinan bahwa do'a kita akan terkabul.Kalaupun belum, pasti akan ada saatnya do'a itu terkabulkan.

Pada hakikatnya, doa adalah sebuah harapan. Segala yang tidak mungkin akan menjadi mungkin atas kehendak-Nya. Mari terus berusaha lalu berdoa, serahkan kepada Allah SWT apa yang telah kita upayakan. Karena senjata terbesar seorang muslim adalah do'a. Disaat semuanya telah hilang,maka kau memiliki Rabb yang maha mendengar. Engkau berbisik di bumi tapi terdengar hingga ke langit.

Saat Allah menjawab do'amu,ia meminta imanmuSaat Allah belum menjawab do'amu,ia meminta kesabaranmuDan saat Allah menjawab tapi bukan do'amu,maka ia memilih yang terbaik untukmuTetaplah berprasangka baik kepada Allah dalam keadaan apapun,karena kasih sayangnya begitu besar terhadap hamba-NYA.

Berdo'alah apapun yang kau inginkan karena Tuhan mu tak pernah tidur.Akan tetapi janganlah jecewa ketika do'amu belum dikabulkan,ada hal baik yang sedang dirancang ole Allah untukmu.Jangan pernah berputus asa.Ingatlah setiap tetes hujan yang bersih berasal dari awan yang gelap.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image