Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image cs sundaexplorer

Ajuan PPG Simpatika 2023 Telah Dibuka Begini Cara Daftarnya

Sekolah | Tuesday, 04 Apr 2023, 11:17 WIB

Ajuan PPG Simpatika 2023 Telah Dibuka Begini Cara Daftarnya- Memasuki tahun 2023 ada kabar gembira bagi guru madrasah terutama swasta yaitu dibukanya kembali pendaftaran PPG.

PPG (Pendidikan Profesi Guru) atau lebih dikenal dengan sertifikasi memang menjadi impian bagi setiap guru madrasah untuk mendapatkannya.

Walaupun belum tetntu lulus atau tidaknya tapi setidaknya jika ada programnya sudah membuat senang walaupun harus menepuh tes dahulu atau yang disebut Ujian Seleksi Akademik.

Memang dari awal munculnya program ini dalam pelaksanaan berbeda-beda dar mulai portofolio, PLPG dan sekarang PPG.

Semakin kesini kelihatan semakin sulit jalan yang ditempuh untuk lulus sertifikasi itu, karena perubahan kebijakan dari pemerintah yang berbeda-beda.

Tapi walaupun begitu tidak ada jalan lain untuk mendapatkan sertifikasi itu selain dengan cara menempuh tahapan tersebut.

Program sertifikasi sekarang jika sudah lulus di Simpatika maka diharuskan mengikuti perkuliahan di Universitas yang sudah di tunjuk.

Lamanya tergantung kebijakan yang dikeluarkan oleh pemerintah, ada yang 3 bulan, 6 bulan bahkan ada yang 1 tahun.

Adapun cara kuliahnya ada yang harus berada dilokasi kampus ada juga yang mode daring atau online melalui zoom.

Ada juga yang menempuh keduanya yaitu mode daring dan offline yaitu dengan cara harus kuliah dikampus yang telah dipilih. Bahkan ada yang harus keluar provinsi dan pulau.

Dengan adanya program ini tentunya pemerintah bertujuan untuk menyejahterakan guru honorer khususnya di sekolah/madrasah swasta.

Untuk besaran gajinya atau tunjangannya yaitu sebesar 1.500.000 untuk yang reguler, 2.500.000 sekian untuk yang sudah punya SK infassing (disesuaikan dengan golongan seperti ASN dan rata-rata golongan IIIa).

Sedangkan untuk PNS besaran tunjangannya sebesar gaji sebagai PNS. Misalkan gaji PNS 4.000.000 maka tunjangan sertifikasinya juga 4.000.000.

Sedangkan untuk pencairannya berbeda dengan dulu, kalau dulu harus memberikan berkas persyaratan yang telah ditentukan setiap 3 bulan untuk pencairannya.

Sedangkan sekarang sudah memakai sistem online yaitu melalui Simpatika, yakni harus mengisi absen digital di Simpatika (S35a) dan tidak boleh absen lebih dari 3 hari. Jika lebih maka sertifikasinya tidak akan cair.

BACA JUGA

 

Kemudian harus sudah keluar Surat Keputusan Analisa Kelayakan Penerima Tunjangan (SKAKPT) atau S36c atau d sebagai tanda layak menerima tunjangan.

Selain itu, ada juga yang harus dilengkapi sebelumnya seperti S25, S29, S36 agar semua surat di atas bisa dicetak. jika tidak ditempuh maka tidak akan ada S35 dan S36.

Penerima tunjangan juga biasanya tidak harus mengirimkan berkas fisiknya setiap kali akan mencairkan tunjanagannya.

Hanya dengan dengan melengkapi Simpatika maka dipastikan tunjangan akan cair namun kadang tidak menentu pencairannya.

Dalam pencairannya ada yang 1 bulan sekali, 2 bulan sekali bahkan ada yang 3 bulan sekali, sesuai dengan kebijakan dari pemerintah pusat.

Itulah sekilas mengenai sertifikasi walaupun saya belum pernah merasakannya tapi sebagi operator tahu alurnya.

Dan mudah-mudahan tahun 2023 ini ada rezekinya mudah-mudahan lulus semua yang kemarin mengikuti pretest PPG pada tanggal 25-26 Maret 2023 secara serentak di seluruh Indonesia.

Ajuan PPG Simpatika 2023 Telah Dibuka Begini Cara Daftarnya

Kemudian bagaimana cara untuk mengajukan PPG di Simpatika untuk tahun 2023 ini, secara keseluruhan sebenarnya tidak jauh berbeda dengan yang dulu.Bahkan mungkin polanya akan sama untuk tahun-tahun berikutnya namun caranya mungkin yang berbeda tergantung situasi.Bahkan mungkin program ini akan terhenti sejenak jika ada sesuatu yang membahayakan seperti ada covid-19 kemarin.Untuk mengikuti PPG polanya mungkin seperti ini, guru masuk Simpatika dan layak mengikuti pretest, kemudian jika lulus pretest maka akan di ikutkan PPG. Kemudian lulus PPG, menerima sertifikat sertfikasi dan NRG. Kemudian tunggu mendapatkan tunjangan sertifikasi.Nah, bagaimana cara ajukan diri PTK agar dapat mengikuti PPG di tahun 2023, berikut langkah-langkahnya:

 

  1. Log in ke akun Simpatika masing masing di situs simpatika.kemenag.go.id;
  2. Cari menu PPG dalam jabatan yang berada disebelah kanan;
  3. Jika memenuhi syarat pretest maka akan ada menu pengajuan;
  4. Rentang waktu pendaftaran dibatasi oleh sistem kita hanya menyesuaikan;
  5. Syaratnya minimal sudah 4 semester (2 tahun) masuk Simpatika dan sudah S1 dengan SK sebagai guru TMT 2021;
  6. Dalam menu pengajuan masukan nama Universitas dan Program studi serta upload Ijazah S1;
  7. Tunggu verifikasi dari kanwil. Jika sudah diverfikasi maka akan statusnya berubah hijau;
  8. Lalu akan ada jadwal ujian dan lokasi yang dipilih dan akan muncul sebelah menu pengajuan;
  9. Kemudian cetak surat ujian (S37a) untuk log in pretest;
  10. Tunggu sampai waktu kelulusan;
  11. Jika lulus maka tinggal tunggu panggilan PPG yang dapat dilihat di menu Simpatika masing-masing.

Demikian informasi mengenai Ajuan PPG Simpatika 2023 Telah Dibuka Begini Cara Daftarnya. Jadi, harus cepat-cepat daftarnya agar lokasi yang diplih bisa sesuai keinginan. Seperti dilansir di laman sundaexplorer.com.

Jika di tunda-tunda ada kemungkinan tidak dapat lokasi yang diinginkan karena sudah penuh oleh orang lain. Maka, terpakasa memilih lokasi yang jauh.Terima kasih. Semoga sukses.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image