Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Firman Subarkah

Apa Itu Jurusan Manajemen dan Prospek Kerjanya Setelah Lulus

Eduaksi | Tuesday, 21 Dec 2021, 10:25 WIB

Masa depan dan karier yang bagus merupakan impian bagi semua orang, salah satu cara untuk menggapai mimpi tersebut yaitu belajar Manajemen, Mengapa demikian? Simak di bawah ini.

Kalau kamu dengar kata manajemen pasti tidak asing dengan kata ekonomi dan bisnis karena memang ilmu manajemen masih berkaitan dengan ilmu ekonomi dan bisnis. Dikutip dari situs resmi danacita.co.id jurusan manajemen merupakan salah satu jurusan kuliah favorit dalam rumpun ilmu pengetahuan sosial. Bahkan jurusan ini hampir seluruhnya ada di setiap kampus baik swasta maupun negeri. Wah sangat keren bukan jurusan yang satu ini, yuk kita bahas lebih dalam tentang manajemen dan prospek kariernya setelah lulus nanti.

Gambaran Tentang Jurusan

Sumber : www.istockphoto.com

Dikutip dari situs resmi campus.quiper.com Jurusan manajemen merupakan bidang keilmuan yang mempelajari tentang kegiatan perusahaan atau korporasi yang masih berkaitan dengan ilmu ekonomi dan bisnis. Jika kamu mendalami ilmu manajemen maka kamu akan belajar menjadi seorang “pengendali” maksud dari pengendali ini yaitu pemimpin sebuah perusahaan. Program studi manajemen merupakan suatu seni di dalam pengorganisasian dengan kata lain manajemen adalah sebuah seni untuk mengatur sesuatu, baik orang maupun pekerjaan untuk mencapai tujuan yang diinginkan.

Mata Kuliah Jurusan dan Konsentrasi Peminatannya

Ilmu yang akan dipelajari mencakup semua aspek mulai dari manajemen sumber daya manusia, manajemen industri, manajemen bisnis, manajemen keuangan, manajemen pemasaran, manajemen operasional hingga manajemen perbankan . dan juga tidak hanya belajar teori Anda juga akan di hadapkan langsung dengan praktik langsung untuk menerapkan apa yang telah di pahami selama kuliah. Dikutip dari situs resmi mgt.upj.ac.id berikut adalah mata kuliah jurusan manajemen kurikulum 2019 :

Sumber : www.mgt.upj.ac.id
Sumber : www.mgt.upj.ac.id
Sumber : www.mgt.upj.ac.id

Nah itu adalah gambaran mata kuliah jurusan manajemen sampai semester 5, menariknya jika kampus kamu sudah menerapkan sistem Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) kamu bisa mendapatkan mata kuliah antar jurusan atau KOTA dengan adanya mata kuliah ini kamu bisa belajar lintas jurusan, contohnya kamu mau ambil mata kuliah KOTA jurusan Ilmu Komunikasi, Desain, Akuntansi, Sistem Komputer, itu bisa jadi ini bisa menambah relasi dan pengetahuan kamu. lalu di semester 6 sampai 8 Anda akan menentukan Konsentarsi peminatan agar apa yang Anda pelajari lebih spesifik dan terfokus ke suatu bidang. Pada umumnya ada 4 konsentarsi peminatan manajemen, yaitu :

1. Manajemen Keuangan.

2. Manajemen Pemasaran.

3. Manajemen Sumber Daya Manusia.

4. Manajemen Operasinal.

Prospek Kerjanya Setelah Lulus

Sumber : Pixabay.com

Peluang karier jurusan ini sangatlah luas karena bisa mencakup beberapa jenis pekerjaan. Penguasaan ilmu manajemen dapat menjadi nilai jual yang patut dibanggakan. Jadi kamu yang akan memilih jurusan ini tidak usah bingung akan bekerja apa nantinya setelah lulus. Dikutip dari situs resmi akupintar.id jurusan manajemen menempati urutan ke 5 jurusan yang berpotensial untuk pekerjaan masa depan. Berikut ini profesi kerja lulusan manajemen :

1. Konsultan Bisnis.

2. Staff / Manajer Marketing.

3. Staff / Manajer Keuangan.

4. Human Resource Development (HRD).

5. Staff/ Manajer Operasional.

6. Entrepreneur.

7. Akuntan.

8. Banker.

Jadi itulah pembahasan mengenai jurusan manajemen dan juga prospek kerjanya setelah lulus nanti. Dimanapun anda berkuliah dan mengambil jurusan apapun nantinya jangan lupakan tujuan anda, untuk apa anda berkuliah? karena yang dapat merubah masa depan anda hanyalah diri anda sendiri, semoga bermanfaat.

Referensi

1. Danacita.co.id (2021, 08 Desember). Informasi Lengkap Tentang Kuliah Jurusan Manajemen 2021 dan Prospek Kerjanya. Diakses pada tanggal 18 Desember 2021, dari

https://danacita.co.id/blog/informasi-lengkap-tentang-kuliah-jurusan-manajemen-2021-dan-prospek-kerjanya

2. Campus.quiper.com. Jurusan Manajemen Ekonomi dan Bisnis. Diakses pada tanggal 18 Desember 2021, dari https://campus.quipper.com/majors/id-manajemen

3. Mgt.upj.ac.id. Susunan Mata Kuliah Per Semester. Diakses pada tanggal 18 Desember 2021, dari

http://www.mgt.upj.ac.id/static-page/44/susunan-mata-kuliah-per-semester

4. Akupintar.co.id (2019). 8 Prospek Alumni Manajemen. Diakses pada tanggal 18 Desember 2021, dari

https://akupintar.id/info-pintar/-/blogs/8-prospek-profesi-alumni-manajemen

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image