Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Annisa Azzahra

Menerapkan Manajemen Keuangan Syariah pada Toko Kelontong

Ekonomi Syariah | Friday, 31 Mar 2023, 09:29 WIB
Menerapkan Manajamen Keungan Syariah Pada Warung Kelontong ,di jalan Purnawirawan, langkapura,Langkapura, kota Bandar Lampung, Lampung foto : Annisa Azzahra

Manajemen Keuangan Syariah adalah Kegiatan Keuangan baik secara individu maupun Non Idividu untuk mencapai tujuan dengan berlandasankan dengan prinsip dan dasar hukum agama islam sebagai pedoman. Sedangkan, Yang dimaksud dengan Menerapkan MKS (Manajemen Keuangan Syariah) Pada Toko Kelontong adalah Mengelolah toko yang harus dilakukan secara profesional, hal ini perlu dilakukan agar usaha toko kelontong bisa berkembang dengan baik dan mendapatkan keuntungan yang bisa menghidupi kebutuhan sehari – hari sesuai dengan prinsip dan dasar hukum agama islam sebagai pedoman. Menerapkan MKS (Manajemen Keuangan Syariah) Pada Toko Kelontong Berfungsi Sebagai keputusan yang meliputi Keputusan Infestasi,Keputusan Pendanaan, dan Keputusan Bagi Hasil atau deviden. Namun, salah satu Kegiatan Terpenting Yang Sering Disepelekan dalam Menerapkan Manajemen Keuangan Syariah adalah Bagaiman Mengelolah Keuangan dengan baik dan benar.

Tips menerapkan manajemen keungan syariah pada toko kelontong dengan baik dan benar,yaitu :

1. Selalu mencatat pembukuan

2. Pisahkan rekening pribadi dan rekening warung 3. Tempo waktu piutang

4. Manajemen barang

5. Buat persentase profit Adapun salah satu contoh Menerapkan Manajemen keuangan syariah pada toko kelontong guna sebagai tempat usaha yang menyajikan bahan pokok dan bahan pangan kepada masyarakat dengan tarif yang telah ditentukan.

Berdasarkan hasil Survei toko kelontong tepatnya di jalan purnawirawan ,langkapura, kec.langkapura ,kota bandar lampung, kamis 23 maret 2023 pagi, Ika (34) Pemilik toko kelontong mengatakan,bahwa tujuan dalam membuka bisnis toko kelontong itu bukan hanya memperoleh keuntungan saja ,tetapi dengan mendaptkan keberkahan dan keridaan allah swt .

“Dalam berdagang dengan membuka toko kelontong itu bukan hanya mencari keuntungan saja, namun juga untuk mendaptkan keberkahan dan keridaan dari allah swt.sehingga harus memperhatikan kebersihan , kejujuran, dan kehalalan suatu produk yang akan dijual kepada masyarkat,” ujarnya saat dilokasi tersebut.

Selain itu ika juga menyebutkan bahwa dalam menerapkan manajmen keuangan syariah pada toko kelontong ada beberapa hal penting yang harus diterapkan ,diantarnya yaitu :

1. Membuat Catatan Keungan Pengeluaran dan pemasukan

2. Pisahkan rekening pribadi dan rekening toko

3. Manajemen barang

4. Mengelolah Piutang Dengan Baik dan Benar

5. Sisihkan kas untuk dana darurat dan sosial

“sehingga usaha toko kelontong semakin berkembang maka kita harus pandai dalam mengatur pengeluaran dan pemasukan setelah melakukan transaksi,selain itu kita harus mengetahui lebih kurang stok barang dan keuntunganya yang kita dapat sebaiknya ditabungkan “sambungnya

Dapat disimpulkan bahwa tujuan dari menerapkan manajemen keuangan syariah dalam toko kelotong yaitu mendaptakan keberkahan dan keridaan dari allah swt,mengelolah keuangan dengan baik dan benar sesuai dengan ketentuan pedoman islam,dan menciptakan produk –produk yang bersifat halal.

Annisa Azzahra ,Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis isalam UIN Raden Intan Lampung

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image