Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image PKRS RSKO Jakarta

Mencegah Dehidrasi Saat Berpuasa, Ini Tipsnya

Edukasi | Wednesday, 29 Mar 2023, 08:47 WIB
Dehidrasi I Sumber Foto : PKRS

Berpuasa di bulan Ramadhan merupakan panggilan dan menjadi kewajiban bagi umat Islam. Tubuh akan rentan mengalami dehidrasi saat berpuasa karena kurangnya asupan cairan selama 12 jam.

Aktivitas warga Muslim akan terasa lebih melelahkan dibandingkan dengan bulan-bulan sebelumnya saat Pagi sampai dengan Sore hari.

Hal tersebut dikarenakan tubuh mengalami kekurangan cairan dan juga asupan komsumsi makanan serta aktivitas sehari-hari diluar ruangan . Namun, ibadah di Bulan Ramadhan tidak bisa dijadikan alasan karena dapat disiasati.

Untuk itu amat penting untuk menyiasati kebutuhan cairan tubuh pada waktu sahur dan saat berbuka puasa demi mencegah dehidrasi.

Dehidrasi dapat menimbulkan berbagai gejala seperti pusing, sakit kepala dan bahkan lemas. Kondisi tersebut akan mengganggu warga untuk beraktivitas sehari-hari.

Cairan pada tubuh amat berfungsi untuk menghasilkan, menyerap, dan menghantarkan panas ke seluruh bagian tubuh dalam menjaga kestabilan suhu tubuh.

Kekurangan cairan dalam tubuh dapat mengakibatkan kehausan dan tubuh dapat mengalami dehidrasi sehingga tubuh mudah lelah ketika beraktivitas. Oleh karena itu, minum air 8 (delapan) gelas sehari agar tubuh kuat dan mampu menjalani inadah puasa Ramadhan.

Terdapat rekomendasi konsumsi air putih dari Direktorat Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Tidak Menular (P2PTM) Kementerian Kesehatan agar kebutuhan cairan tubuh tetap terpenuhi di bulan puasa :

 

  • Satu gelas setelah bangun tidur
  • Satu gelas selepas sahur
  • Satu gelas saat berbuka puasa
  • Satu gelas setelah salat Maghrib
  • Satu gelas setelah makan malam
  • Satu gelas setelah salat Isya
  • Satu gelas setelah salat Tarawih
  • Satu gelas bersiap tidur malam

Tidak hanya mencukupi kebutuhan cairan, warga jangan melupakan mengonsumsi makanan bergizi seimbang dan berolahraga ringan minimal 30 menit per hari agar tubuh tetap sehat selama menjalani ibadah ibadah Ramadhan.

Warga Muslim sebaiknya menghindari melakukan olahraga berat untuk mencegah dehidrasi dan ketegangan otot. Ada baiknya memilih olahraga yang ringan, seperti jogging, yoga, da jalan-jalan ringan.

Diatas beberapa tips untuk mencegah dehidrasi pada tubuh. Bila Anda merasa pusing, sakit kepala, linglung, lemas seperti mau pingsan, segerakan periksakan diri ke dokter, bisa jadi itu merupakan tanda-tanda dehidrasi berat (AM).

Salam Sehat

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image