Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Syafrudin Budiman

Pemuda Indonesia Mendunia di Ajang The Asia World Peace Summit 2023, Inovasi PlasticPay

Edukasi | Monday, 27 Mar 2023, 00:25 WIB
Plasticpay Telah Berhasil Menyediakan Infrastrutkur Berupa Lebih dari 600 titik Dropbox Plasticpay.

Jakarta - Tepat kemarin pada tanggal 24 Maret 2023 Konferensi Internasional telah dilaksanakan secara daring serempak dengan 200 Delegasi Negara di Dunia yang ikut berpartisipasi di ajang The Asia World Peace Summit 2023. Pada Konferensi ini akan selesai berlangsung pada tanggal 30 Maret 2023 serta akan diumumkan Pemenang berupa Best Presentation and Best Video dari solusi yang dipaparkan oleh tiap finalis negara seluruh Dunia.

Delegasi Indonesia yang diwakili oleh Imam Pesuwaryantoro membawa Big Idea tentang The Earth is My Mosque, Sebuah Gerakan Sosial melalui PlasticPay dimana tiap umat beragama bisa melakukan Sedekah Sampah Botol Plastik guna mendukung Program Pembiayaan Green Mosque di area Jabodetabek.

Tidak hanya itu, Sebuah Studi kasus di School of Human yang berlokasi di Kota Bekasi juga menjadi studi kasus / pilot project sekolah yang telah menerapkan SDGs pada poin 12 Responsible Consumption and Production dimana siswa siswi juga aktif melakukan pemilahan sampah menjadi meaningfull reward seperti jejak karbon yang terkurangi hingga jumlah botol plastik yang terkumpul.

Imam Pesuwaryantoro selaku Corporate Communication & Partnership PlasticPay, Minggu (26/03/2006) di Jakarta saat diwawancarai Syafrudin Budiman SIP wartawan senior mengatakan, sangat percaya bahwa inovasi yang dibawa pada serangkaian The Asia World Peace Summit 2023 bisa menjadi bukti kongkrit yang dapat dilakukan oleh masyarakat antar umat beragama. Terutama dalam rangka menyelamatkan bumi dari krisis iklim dan pemanasan global.

"Saat ini, Plasticpay telah berhasil menyediakan infrastrutkur berupa lebih dari 600 titik Dropbox Plasticpay dan lebih dari 50 Reverse Vending Machine (RVM) Plasticpay yang tersebar di Jakarta,Bogor, Depok, Tangerang, Bekasi, Bandung dan Bali," kata Imam sapaan akrabnya.

Menurut Imam, dampak sosial yang telah dilakukan oleh Plasticpay dari tahun 2020 hingga tahun 2022, setidaknya ada lebih dari 40.000 masyarakat telah berpartisipasi pada pemilahan sampah botol plastik. Atau ekuivalen dengan 77,2 Ton sampah botol plastik berhasil terpilah dan didaur ulang menjadi produk upcycle.

"Jadi sudah 62.380 lebih jumlah transaksi yang dilakukan oleh Plastic Hero Plasticpay hingga saat ini," tandasnya.

Terakhir kata Imam, Plasticpay juga ingin mengajak seluruh masyarakat luas Indonesia untuk sama-sama berkolaborasi dan berpartisipasi aktif sebagai Plastic Hero Ecosystem. Hal ini guna mendukung SDGs no. 12 (Responsible Consumption and Production) dan 17 (Partnership for The Goals).

"Ayo kita semua warga Indonesia untuk terlibat aktif sebagai Plastic Hero Ecosystem. Kalau bumi sehat dan sampah bisa didaur ulang, generasi kita masa depan akan menikmati perjuangan ini," pungkasnya. (red)

Publisher: Syafrudin Budiman SIP (Wartawan Senior)

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image