Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Violeta Hawariznova Willes

Reverse Vending Machine : Inovasi Simpel yang Bermanfaat

Teknologi | Thursday, 14 Dec 2023, 11:43 WIB

Pada era digital sekarang, teknologi sudah semakin berkembang. Hal ini ditandai dengan munculnya inovasi-inovasi yang melibatkan mesin atau robot dalam kegiatan sehari-hari. Salah satu contoh inovasi tersebut ialah Reverse Vending Machine (RVM) untuk botol plastik yang kini sudah muncul di berbagai tempat, salah satunya di Indonesia.

Botol Air

Reverse Vending Machine merupakan inovasi menggunakan sebuah mesin vending machine untuk mengolah sampah berupa botol plastik bekas yang sudah tidak terpakai. Botol yang dikumpulkan merupakan botol dengan jenis plastik PET (Polyethilene Terepthalathe) yang dapat dijumpai pada botol kemasan air mineral, lalu botol tidak boleh remuk dan tidak memiliki air yang tersisa pada botol. Ukuran botol yang bisa dikumpulkan berukuran 240 ml – 1500 ml. Botol ini nantinya akan dikumpulkan kemudian dimasukkan ke dalam vending machine dan botol plastik tersebut akan didaur ulang menjadi butiran Recycled Polysester Staple Fiber (Re-PSF), kemudian dari daur ulang tersebut akan diubah menjadi benang dan kain.

Reverse Vending Machine : Plasticpay

Salah satu Reverse Vending Machine yang cukup terkenal di Indonesia saat ini adalah Plasticpay. Plasticpay sendiri sudah tersebar di beberapa wilayah Indonesia seperti Jakarta dan Bali yang penyebaran vending machine-nya sendiri sudah tersebar cukup banyak. Sistem dari Plasticpay sendiri sama seperti Reverse Vending Machine lainnya, dimana kita mengumpulkan botol plastik yang sudah tidak terpakai dan dimasukkan ke dalam vending machine-nya, kemudian botol-botol tersebut akan diolah dan kita akan mendapatkan poin yang bisa dikumpulkan.

Poin tersebut bisa dikumpulkan melalui aplikasi yang bernama Plasticpay Apps, disini kita akan bisa melihat berapa banyak poin yang sudah dikumpulkan. Poin tersebut nantinya bisa diubah menjadi uang digital yang akan di-redeem melalui dompet digital (seperti OVO, LinkAja, dan GoPay). Selain menjadi poin, botol-botol plastik yang sudah didaur ulang akan digunakan menjadi bahan pembuatan berbagai produk seperti tas backpack, pouch, case laptop, tempat tidur hewan peliharaan (anjing dan kucing), dan berbagai produk lainnya.

Inovasi Reverse Vending Machine ini tentu saja menjadi contoh salah satu perkembangan teknologi dan pemanfaatan teknologi yang membantu mengurangi limbah plastik yang bisa merusak lingkungan. Dengan adanya inovasi ini diharapkan masyarakat bisa lebih sadar akan bahayanya sampah plastik, terutama botol plastik, bagi lingkungan dan bisa menyumbangkan sampah tersebut untuk pemanfaatan yang lebih ramah lingkungan.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image