Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Mahia Malka

Dilema Secangkir Kopi, Sepotong Kue, dan Konsekuensinya

Sastra | Tuesday, 21 Mar 2023, 00:53 WIB

Dia: "Kau mau secangkir kopi hangat atau sepotong kue kesukaanmu?"

Aku: "Dua-duanya."

Dia: "Tak bisa. Pilih satu saja."

Aku: "Kenapa? Aku suka dua-duanya. Aku mau keduanya."

Dia: "Kalau kau ambil dua-duanya, kau tak akan dapat apa-apa."

Aku: "Kenapa kau tega membuat pilihan seperti itu? Kopi dan kue saling melengkapi. Tanpa kue, pahitnya kopi tak ada yang mengurangi. Tanpa kopi, manisnya kue yang masih tersisa di kerongkongan tak ada yang menyeimbangi."

Dia: "Pilih satu saja, supaya kau belajar."

Aku: "Apa yang bisa aku pelajari dari merasakan ketaklengkapan rasa yang mestinya saling meleburi?"

Dia: "Agar kau bisa belajar menabahi pahitnya kopi sampai tandas tak bersisa. Menerima dengan perlahan manisnya kue sampai habis, mencari cara bagaimana agar kau tak cepat merasa mual dengan kue itu sendiri."

Aku: "Jadi, aku harus bisa bertahan dengan secangkir kopi saja atau kue saja? Atau tidak keduanya?

Dia: "Betul. Jadi kau pilih apa?"

Aku: "Aku akan pilih pilihan yang ketiga: tidak keduanya. Mungkin akan ada yang lebih banyak bisa dipelajari dan dimaknai jika aku bisa bersabar dan bertahan untuk tidak merasakan keduanya."

Dia: "Mmhhh.... baiklah." (Menghela napas panjang). "Salah satunya adalah, kini aku yang harus belajar tabah karena pilihanmu itu: tak bisa menyediakan keduanya. Aku kecewa. Tapi, aku akan bersabar. Terima kasih."

"Cake Painting", oleh Oksana Smirnova

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image