Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Moh Ikhsan

Kuota Haji Tahun 2023 Ditambah, Berikut Tanggapan Gus Menteri

Agama | Monday, 20 Mar 2023, 23:15 WIB
Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas atau yang dikenal Gus Menteri

Pada sebelumnya Indonesia mendapatkan kuota haji tahun 2023 sebanyak 221.000 yang didalamnya ada 17.680 kuota haji khusus dan 203.320 kuota haji reguler. Jumlah tersebut sangat ketimpangan dilihat dari banyaknya calon jama'ah haji yang mendaftar.

Penambahan kuota haji tahun 2023 menjadi kabar baik bagi calon jama'ah haji Indonesia. Informasi tersebut telah diulas melalui akun instagram milik Kementrian Agama, Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas atau yang dikenal Gus Menteri, mengatakan bahwa

Ada beberapa pertemuan termasuk dengan Menteri Urusan Haji dan Umroh Saudi Arabia. Kita juga minta ada penambahan kuota untuk jamaah haji Indonesia, Pak Menteri Haji menyampaikan ke kita bahwa, kalau nanti ada kuota yang bisa ditambahkan nanti, Indonesia akan mendapatkan prioritasnya saya kira itu angin segar, kemudian kita juga ingin menambah kuota petugas dan alhamdulillah kuota pertugas ini disetujui untuk ditambahkan, ini kepentingannya untuk melayani jamaah lansia sebagaimana yang sudah kita sampaikan tahun ini haji kita haji ramah lansia, oleh karena itu butuh petugas-petugas khusus yang cukup signifikan terkait dengan penambahan toilet di Arafah. Selama ini jamaah kita mendapatkan fasilitas layanan toilet itu terbatas sehingga harus mengantri berjam-jam. Kemarin kita lihat mereka sudah membangun penambahan toilet baru dan ini sangat memotong lamanya antrian terutama untuk jamaah perempuan dan lansia," kata Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas atau yang dikenal Gus Menteri, Sabtu (18/03/2023).

Bagaimana Untuk Mengecek Estimasi Keberangkatan Jama'ah Haji?

Menurut Kasubdit Siskohat Ditjen PHU Hasan Afandi mengatakan bahwa, Kuota Haji Indonesia telah terdistribusi kedalam kuota Provinsi dan kuota Kabupaten atau Kota oleh karenanya, untuk mengecek estimasi keberangkatan jama'ah haji dapat dilihat dengan mengakses aplikasi Pusaka di Play Store dan APP Store >klik menu "Islam" >didalam menu "Layanan Haji & Umroh" kemudian klik "Estimasi Keberangkatan" dan langkah terakhir adalah masukan nomor porsi (Nomor Identitas Calon Jama'ah Haji yang Telah Terdaftar) pada kolom yang disediakan, setelah memasukan nomor porsi kemudian akan tampil data sebagai berikut:

No Porsi:

Nama:

Kab/Kota:

Provinsi:

Posisi Porsi Pada Kuota Provinsi/Kab/Kota/Khusus:

Kuota Provinsi/Kab/Kota/Khusus:

Perkiraan Berangkat Tahun/Masehi:

Perkiraan Berangkat Tahun Hijriyah:

Untuk mengetahui informasi biaya umroh anda dapat cek disini

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image