Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Mukhamad Nur Cahyo

Kapan Jadwal Puasa Ramadhan 2023 Menurut NU dan Muhammdiyah?

Info Terkini | Monday, 20 Mar 2023, 16:33 WIB

Indonesia – Marhaban Ya Ramadhan, bulan puasa Ramadhan 1444 Hijriyah kini sudah di depan mata. Yang mana hal ini tinggal sebentar lagi kita jumpai, lebih lagi karena umat Islam di seluruh dunia menyambut Bulan suci Ramadhan yang penuh ampunan ini. Bulan puasa Ramadhan 2023 ini pun di sambut dengan suka cita, pasalnya bulan puasa menjadi bulan mulia dan penuh berkah.

Tak sedikit pula umat Islam yang menjadikan bulan puasa ramadhan sebagai arena perlombaan untuk mencari amal kebaikan. Karena kemuliaan bulan puasa ramadhan ini, akan melipat gandakan berbagai amal baik. Nah semakin mendekati jatuhnya 1 Ramadhan 1444, masih banyak yang belum mengetahuinya.

Dimana masyrakat pun menginginkan kepastian kapan jatuhnya 1 Ramadhan 1444 yang di tetapkan oleh pemerintah. Untuk itu, diskop.id akan

Awal puasa 2023 menurut Muhammadiyah 

Muhammadiyah resmi menetapkan awal puasa Ramadhan 1444 H jatuh pada Kamis, 23 Maret 2023. Dikutip dari pemberitaan Kompas.com, Rabu (1/2/2023), penetapan tersebut berdasarkan hasil hisab Majelis Tarjih dan Tajdid Pimpinan Pusat (PP) Muhammadiyah.

"1 Ramadhan 1444 H jatuh pada hari Kamis Pon, 23 Maret 2023 M," bunyi rilis resmi Muhammadiyah.

Menurut Muhammadiyah, pada Selasa (21/3/2023), ijtimak jelang Ramadhan 1444 H belum terjadi. Ijtimak baru terjadi esok harinya, yakni pada Rabu (22/3/2023) pukul 00.25 WIB.

Tinggi bulan saat matahari terbenam di Yogyakarta pada waktu tersebut menunjukkan hilal sudah wujud.

Baca Juga: Kapan 1 Ramadhan 2023? Klik hilal.bmkg.go.id untuk Informasi Hilal Awal Puasa

Begitu juga di seluruh wilayah Indonesia pada saat matahari terbenam, bulan sudah berada di atas ufuk.

Awal Puasa Ramadan 2023 (1444 Hijriah)

Meskipun dalam kalender sudah ada tanggal awal pelaksanaan puasa Ramadhan, masyarakat biasanya menunggu terlebih dahulu keputusan dari pemerintah, termasuk di Indonesia.

Keputusan mengenai awal ramadan biasanya dikeluarkan oleh Kementerian Agama Republik Indonesia setelah melalui siding isbat. Pelaksanaan sidang isbat biasanya dilakukan beberapa hari terakhir di bulan Sya’ban.

Baca Juga: Ekspedisi Surabaya Makassar, Ekspedisi Jakarta Makassar Sulawesi Selatan, Ekspedisi Surabaya Balikpapan, Jasa Pengiriman Barang Ekspedisi Surabaya Samarinda

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image