Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image waya

Krisna Dewa Sukarya meraih juara Mumpuni pada ajang Gelar Karya Dalang Nonoman Kabupaten Karawang

Eduaksi | 2023-03-20 14:31:07

Perhelatan Gelar Karya Dalang Nonoman tahun 2023 tingkat Kabupaten Karawang Jawa Barat berjalan dengan sukses dan lancar. Gelar Karya Dalang Nonoman ini adalah Dalang wayang golek Purwa. Sebanyak 7 Dalang nonoman (remaja) mengadu kepiawaiannya dalam membawakan sebuah pagelaran selama 45 menit. Pagelaran tersebut dilaksanakan pada Minggu 19/3/2023, bertempat di Padepokan wayang golek Cinta Komara 3 Kp Kosambijaya Kelurahan Mekarjati Kecamatan Karawang Barat Kabupaten Karawang Jawa Barat.

Dari ke 7 peserta ini semuanya mendapatkan gelar katagori diantaranya gelar dalang sabet, amardawalagu, lalakon, kareueus,catur, dramatisasi dan Mumpuni(semua katagori). Juri dalam menilai kegiatan Gelar Karya Dalang Nonoman ini adalah Dalang kondang dari Bandung yaitu Wawan Dede amung S dan Apep As Hudaya.

Adalah Krisna Dewa Sukarya yang mendapatkan Gelar Mumpuni, artinya semua katagori ada dalam pagelaran yang di bawakan Krisna tersebut. Krisna Dewa Sukarya adalah anak seorang dalang aktif yaitu H.Yaya Sukarya di padepokan wayang golek Sinar Komara Karawang.

Dalam acara Gelar Karya Dalang nonoman tersebut di hadari oleh Sekretaris Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Karawang dan Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Kabupaten Karawang, serta para dalang senior.

Dalam sambutannya Sekretaris Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Karawang H.Jaeni M.pd, mengatakan bahwa pemerintah Kabupaten Karwang nyambut baik dengan di adakan ya event kesenian wayang golek ini, secara eksplisit Disparbud Karawang karena leading sector kebudayaan ada di kami maka kedepannya mudah mudahan bisa dianggarkan untuk kegiatan event wayang golek ini, agar wayang golek tetap di gemari dan di cintai oleh masyarakat tatar Pasundan khusunya kabupaten Karawang, sesuai dengan tema kegiatan ini yaitu melestarikan kesenian wayang golek agar di gemari oleh masyarakat Kabupaten Karawang, pungkasnya.(wk.co)

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Terpopuler di

Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image