Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Priana Putra

Bepergian Naik Bus Saat Pandemi? Perhatikan 5 Hal Ini

Gaya Hidup | Monday, 20 Dec 2021, 12:32 WIB
Perhatikan 5 hal ini jika Anda punya rencana bepergian naik bus saat pandemi.

Di tengah banyaknya opsi untuk pergi liburan, bus merupakan salah satu alternatif transportasi umum yang menyenangkan untuk dipilih. Selain harga tiketnya yang relatif lebih murah, naik bus juga bisa lebih seru karena pelancong dapat menikmati pemandangan dengan suasana yang berbeda.

Tak jarang, bus juga melewati rute yang belum pernah kita datangi sebelumnya, seperti tempat wisata yang jarang diketahui atau malah menjumpai kuliner yang memanjakan lidah di tempat istirahat.

Namun, di tengah pandemi ini, kita harus melakukan persiapan ekstra sebelum bepergian jarak jauh menggunakan bus agar tetap sehat dan selamat sampai tujuan.

Jika kamu memiliki rencana untuk jalan-jalan naik bus, berikut adalah lima hal esensial yang perlu kamu perhatikan agar kamu tidak perlu worry dan semakin enjoy sepanjang perjalanan:

Jangan asal pergi, cek dulu syarat dan lokasi tujuan

Di tengah situasi yang tak menentu ini, langkah pertama yang perlu dilakukan sebelum bepergian naik bus saat pandemi adalah mencari tahu syarat apa saja yang harus dipenuhi sebelum berangkat, misalnya harus menyertakan hasil antigen terbaru atau mengisi formulir online. Tentunya kamu gak mau kan gagal pergi karena lupa membawa persyaratan yang diwajibkan. Gak kalah penting, kamu juga harus memeriksa situasi pandemi di daerah tujuan agar tetap terjaga dari virus Covid-19.

Pastikan kondisi tubuh fit

Kalau kondisi daerah tujuan kamu sudah aman, sekarang kamu perlu memastikan bahwa kondisi tubuhmu fit untuk bepergian. Jangan memaksakan pergi bila sedang sakit karena imunmu sedang rentan terserang penyakit.

Jika sudah fit, siapkan barang-barang yang dibutuhkan untuk proteksi yang lebih maksimal, seperti hand sanitizer, masker cadangan, dan semprotan disinfektan. Dengan begitu, kamu akan tetap aman dan merasa nyaman sepanjang perjalanan.

Kemas barang bawaan menjadi praktis

Bus memiliki bagasi yang terbatas, sehingga kamu sebaiknya membawa barang secukupnya sesuai dengan kebutuhan di lokasi tujuan. Buatlah catatan barang-barang yang harus dibawa terlebih dahulu agar kamu bisa melihat barang mana yang penting untuk dibawa dan meminimalisir ketinggalan.

Setelahnya, kemas barang-barang bawaanmu dengan efektif agar tidak memakan banyak tempat sehingga kamu tidak kerepotan membawanya. Sebaiknya, bagi barang bawaan menjadi satu tas besar dan satu tas kecil di mana tas kecil berisi barang-barang yang dibutuhkan selama perjalanan, seperti obat-obatan, botol minum, dan dompet. Hal ini dapat memudahkan kamu menjangkau barang yang kamu butuhkan, serta ruang yang lebih lega untuk kamu duduk di bus.

Pilih bus yang sesuai dengan kebutuhan

Naik kendaraan umum saat bepergian berarti kita akan berada di suatu tempat yang cukup lama dengan orang lain. Oleh karena itu, di tengah pandemi ini disarankan agar memilih bus dengan fasilitas yang lengkap dan terjaga kebersihannya.

Sumber: Sumber Alam

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image