Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Atillah AL falah

Peran TV Keagamaan (Televisi Muhammadiyah) dalam Kehidupan Masyarakat Indonesia

Agama | Thursday, 16 Mar 2023, 18:49 WIB
Ilustrasi foto

Indonesia merupakan negara yang memiliki penduduk beragama islam dengan jumlah terbanyak dan terbesar.

Sebagai pemeluk dan penganut agama islam, tentunya sangatlah penting bagi setiap muslim untuk selalu berpedoman pada dua sumber utama dalam agama islam, yakni Al-Quran dan As-sunah.

Al-Quran dan As-Sunah merupakan pedoman hidup yang sangat penting bagi seluruh umat muslim. Di dalamnya terdapat banyak ajaran dan pedoman bagi kehidupan manusia. Oleh karena itu sangatlah penting bagi setiap muslim untuk selalu mengkaji, mempelajari, dan menerapkan isi dari Al-Quran dan As-Sunah.

Ada banyak cara yang bisa dilakukan agar kita dapat lebih memahami isi dan kandungan dari Al-Quran dan As-Sunah. Serta agar kita dapat lebih mengenal lebih dalam lagi mengenai agama islam.

Salah satu cara yang dapat dilakukan agar dapat mengenal lebih jauh lagi mengenai agama islam yakni dengan cara menyaksikan dan mendengarkan berbagai kajian keagamaan.

Melalui berbagai kajian keagamaan islam kita dapat lebih banyak memperoleh pengetahuan seputar agama islam. Serta melalui kajian keagaaman juga kita dapat lebih meningkatkan rasa cinta kepada islam dan dapat meningkatkan ketaqwaan kita kepada Allah SWT,.

Ada berbagai tema kajian keagaaman islam yang dapat kita ikuti. Seperti kajian mengenai fiqih, aqidah, sirah nabawiyah, dan masih banyak lagi tema kajian keagamaan lainnya yang dapat kita ikuti agar pengetahuan kita mengenai agama islam dapat semakin bertambah.

Saat ini banyak tokoh agama yang melakukan berbagai cara agar umat muslim memiliki minat dan ketertarikan yang tinggi dalam mengikuti kajian keagamaan. Tujuannya adalah agar masyarakat muslim dapat memperoleh ilmu yang mendalam mengenai islam. Serta agar masyarakat muslim dapat selalu menerapkan isi dan kandungan dari Al-Quran dan As-Sunah di dalam kehidupan sehari-hari.

Salah satu cara yang dilakukan oleh para tokoh agama untuk menyebarkan ajaran islam kepada masyarakat muslim di Indonesia adalah dengan cara menggunakan berbagai media elektronik sebagai sarana untuk menyebarkan ajaran islam. Salah satu media elektronik yang digunakan sebagai sarana untuk menyebarkan ajaran islam adalah televisi.

Televisi merupakan salah satu media elektronik yang dapat menampilkan pesan dalam bentuk gambar dan suara. Sehingga televisi menjadi salah satu media elektronik yang digemari oleh banyak orang. Sehingga tak heran jika pada saat ini televisi dijadikan sebagai sarana untuk berdakwah dan menyebarkan ajaran-ajaran islam.

Saat ini di Indonesia sudah ada beberapa televisi yang menyediakan berbagai tayangan keagamaan islam bagi masyarakat.

Salah satu televisi yang menyediakan berbagai tayangan keagamaan islam adalah televisi milik Muhammadiyah yakni TV MU.

Televisi Muhammadiyah (TV MU) diluncurkan oleh Muhammadiyah pada tanggal 18 November 2013. Dan pada saat peluncuran televisi Muhammadiyah tersebut juga bertepatan dengan milad Muhammadiyah yang ke 101.

Berdirinya TV MU merupakan suatu bentuk perwujudan dari muktamar Muhammadiyah yang diselanggarakan pada tahun 1995. Serta berdirinya TV MU tersebut juga berlandaskan kepada semangat syiar dan daqwah Muhammadiyah bagi bangsa melalui saluran komunikasi berupa televisi.

Sebagai televisi keagamaan, TV MU menyiarkan berbagai tayangan keagamaan yang dapat dinikmati oleh masyarakat. Di antaranya adalah: kajian keagamaan dengan berbagai tema, beragam berita seputar kegiatan Muhammadiyah, dan masih banyak lagi tayangan keagamaan yang disiarkan oleh TV MU.

Alasan mengapa Muhammadiyah memilih televisi sebagai salah satu sarana daqwahnya adalah dikarenakan televisi merupakan media yang diminati dan mudah dijangkaw oleh masyarakat. Sehingga daqwah Muhammadiyah dengan menggunakan sarana televisi dapat bersifat lebih efektif dikarenakan dapat dengan mudah diakses oleh masyarakat.

Selain menyediakan berbagai tayangan keagamaan, TV MU juga selalu berusaha untuk memberikan kualitas tayangan yang terbaik. Mulai dari proses shuting, editing, hingga tayang. Semua proses tersebut dilakukan dengan sebaik-baiknya agar dapat menghasilkan tayangan-tayangan yang kreatif dan berkualitas baik.

Tujuan dari didirikannya TV MU adalah agar masyarakat di Indonesia dapat menyaksikan tayangan-tayangan yang baik dan berkualitas. Serta agar masyarakat muslim dapat meningkatkan pengetahuan dan rasa cinta kepada islam, dan selalu menerapkan nilai-nilai keislaman di dalam kehidupan.

TV MU sebagai televisi keagamaan sangatlah berperan penting bagi kehidupan masyarakat. Dengan hadirnya TV MU diharapkan dapat menjadi sarana bagi masyarakat untuk lebih mengenal dan mempelajari nilai-nilai agama islam. Sehingga masyarakat muslim akan senantiasa berlandaskan kepada nilai-nilai keislaman di dalam menjalankan kehidupan.

Apa bila masyarakat muslim tidak memiliki sarana untuk mempelajari agama Islam, maka tentunya akan membuat masyarakat muslim kebingungan atau bahkan terjerumus ke dalam kekeliruan. Namun dengan hadirnya televisi keagamaan, maka dapat menjadi sarana untuk lebih mempelajari nilai-nilai agama islam.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image