Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Putri Aulia

Peran TVMU terhadap Kehidupan Masyarakat Indonesia

Eduaksi | Tuesday, 14 Mar 2023, 23:27 WIB

tvMu (juga dikenal sebagai TVMU, kependekan dari Televisi Muhammadiyah) adalah stasiun televisi terestrial digital bercorak Islami yang dimiliki oleh organisasi keagamaan Muhammadiyah. Muhammadiyah meluncurkan stasiun tersebutsebagai stasiun televisi satelit pada 18 November 2013, bertepatan dengan hari jadi atau hari jadi Muhammadiyah ke-101. tvMu dibuat oleh Pimpinan Pusat Muhammadiyah pada tahun 2010 hingga 2015 sebagai pesan dari Muktamar Muhammadiyah (1995) di Banda Aceh. TVMu dilandasi oleh semangat syiar dan dakwah dalam mendukung Amar ma'ruf Nahi munkar dan merupakan “usulan Muhammadiyah kepada bangsa dan dunia melalui layar televisi sebagai saranakomunikasi yang cerdas dan mencerahkan”.

Sumber informasi, pendidikan, dakwah, dan kontrol sosial yang harus menjadi inspirasi, referensi, dan motivasi bagi masyarakat untuk meningkatkan harkat, martabat, dan kualitas hidup manusia. Sebagai media dakwah dalam konteks yang luas, tvMu berperan aktif dalam upaya peningkatan kualitas kehidupan bangsa dan kemanusiaan di seluruh duniamelalui konten siaran yang berkualitas, mendidik, mencerahkan, dan pengembangan karakter yang berbudi luhur.

Menurut Muhammadiyah Din Syamsuddin, ketua PP Muhammadiyah , tvMu yang berslogan “Pencerahan Cerdas” sejalan dengan fitrah Muhammadiyah sebagai gerakan dakwah pencerahan dan juga turut andil dalam pendidikankehidupan masyarakat sebagai amanah konstitusi. Stasiun televisi ini fokus menyediakan berbagai program berbasis dakwah dan budaya yang dapat diakses tidak hanya oleh umat Islam di Indonesia tetapi juga oleh umat Islam di kawasanASEAN.

Perjalanan Muhammadiyah terus mencoba menyebarkan tradisi literasi. melalui media cetak Lalu musim lalu melalui media elektronik, tepatnya dengan lahirnya Tv Mu, satu-satunya televisi resmi yang dimiliki Muhammadiyah baik secara nasional maupun global di bawah pimpinan Muhammadiyah pusat. Dia kemudian membawa televisi digital, bagian integral dari gerakan literasi. Tv Mu adalah media dakwah digital melalui media elektronik televisi untuk menyebarkan dakwah dan tajdid Muhammadiyah. Melalui tradisi literasi, kami berharap setiap warga Muhammadiyah, setiap umat Islam dan setiap warga bangsa Indonesia menjadi orang yang semakin cerdas. Dalam teks lain dari Tv Mu, orang bijak untuk mencerahkan. Dengan kata lain, orang yang selalu berpikir mendalam, mengolah setiap pemikiran, hidup sesuai kehendaknya, kritis dan konstruktif, namun sekaligus melakukan perubahan ke arah yang lebih baik. Ini adalah semangat pencerahan. wah televisi, cerdas dan mencerahkan serta filantropi bisnis yang bermanfaat bagi masyarakat dan bermanfaat bagi organisasi adalah visi TV Mu. Tidak hanya visi televisi yang dimiliki warga Muhammadiyah, tetapi juga memiliki enam tugas yang harus dilakukan, antara lain:

1. menerapkan kontrol sosial kritis secara santun, bertanggung jawab dan terbuka dengan latar televisi, pendidikan karakter dan dakwah Islam yang berkemajuan

2. sebagai media komunikasi antar bangsa dalam menenun keberagaman dan melestarikan nilai-nilai keindonesiaan

3. menyelenggarakan amal kegiatan usaha di bidang komunikasi massa yang berguna bagi organisasi dan cara memperbaharui dan mengembangkan sumber daya keluarga bangsa

4. menjadi sumber informasi, inspirasi dan motivasi yang cerdas, berimbang dan memberi nilai tambah

5. menjadi media pendidikan yang ilmiah, rasional dan religi serta membentuk kepribadian bangsa melalui program pendidikan dengan kemasan yang menarik dan mudah dicerna

6. Mengembangkan program hiburan untuk mengapresiasi dan mengaktualisasikan budaya Indonesia melalui program yang menjadi wahana. untuk pekerjaan dan pekerjaan. sebuah karya seni yang mulia, beradab dan bernilai

Pada era ini, Amin (2009) menjelaskan bahwa televisi merupakan media yang cukup efektif untuk menyebarkan berbagaiinformasi kepada masyarakat. Saat ini televisi masih menjadi sarana komunikasi yang menyampaikan pesan kepada masyarakat luas. Hal ini karena televisi memiliki banyak kelebihan dibanding media lainnya. Muhyidin (2002) menjelaskan apa saja keunggulan televisi

1. Memiliki jangkauan wilayah yang luas dapat menjangkau pelosok sehingga pesan dakwah sulit dijangkau

2. elevisi dapat menjangkau media yang heterogen dan dalam jumlah besar. Hal ini sesuai dengan salah satu cirikomunikasi massa, yaitu sarana komunikasi yang heterogen dan terdistribusi. Jika manfaat ini dimanfaatkan dengan baik, tentunya dapat memberikan dampak positif bagi kegiatan dakwah. Seorang da'i yang bekerja dalam ruang yang sempit dan terbatas dapat menjangkau mad'u yang jumlahnya bisa mencapai puluhan juta dalam satu fase kegiatan.

3. Televisi mampu menerima ragam metode dakwah yang berbeda, sehingga membuka peluang bagi para da'i untuk mendorong kreativitas dalam mengembangkan metode dakwah yang sangat efektif.

4. Media televisi memiliki sifat audio visual. Beginilah cara berdakwah dengan menunjukkan pidato dan ilustrasi dalam bentuk foto.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image