Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Universitas Ahmad Dahlan

KKN UAD Bantu Pemasaran Produk UMKM di Grogol

Bisnis | Thursday, 16 Mar 2023, 14:41 WIB
Mahasiswa KKN Universitas Ahmad Dahlan (UAD) Unit XXV.B.3 membuat gelang dan cincin dari manik-manik bersama Dapur Flanel (Foto: Istimewa)

Mahasiswa Universitas Ahmad Dahlan (UAD) pada Kuliah Kerja Nyata (KKN) Reguler Periode ke-101 Unit XXV.B.3 pada Sabtu (4-3-2023) mengunjungi Dapur Flanel yang merupakan salah satu usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) yang berada di Dusun Grogol, Desa Grogol, Kecamatan Paliyan, Kabupaten Gunungkidul. UMKM di dusun tersebut menjadi roda penggerak perekonomian karena dapat membuka lapangan pekerjaan bagi masyarakat sekitar.

UMKM Dapur Flanel bermula dari kegemaran Hartini yang merupakan sang pemilik dalam membuat manik-manik. Kini, Dapur Flanel sudah berdiri selama kurang lebih 4 tahun dan sudah memiliki berbagai macam produk unggulan yang bernilai ekonomis seperti gelang dari manik-manik, kalung, cincin, dan masih banyak lagi.

Berdasarkan wawancara yang dilakukan oleh mahasiswa KKN UAD Unit XXV.B.3, Dapur Flanel saat ini kerap menghadapi kesulitan dalam proses pemasaran produk baik di dalam maupun di luar daerah. Hal tersebut utamanya dikarenakan banyaknya pesaing dengan usaha serupa.

Berdasarkan permasalahan tersebut, mahasiswa KKN UAD berinisiatif untuk membantu mengatasi kesulitan yang dihadapi Dapur Flanel dengan membantu dalam pemasaran produk secara luring. Salah satu realisasinya adalah mahasiswa turut andil dalam acara Car Free Day Alun-Alun Wonosari.

Kegiatan tersebut disambut hangat oleh masyarakat yang mengunjungi stan Dapur Flanel. Inisiasi ini juga disambut baik sang pemilik karena dianggap dapat menjadi nilai plus dalam pemasaran produk agar dapat dikenal luas oleh masyarakat baik di dalam ataupun di luar daerah. (doc)

uad.ac.id

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image