Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Alya Natasya Putri

Curug Putri Pelangi Wisata dengan Nuansa Baru

Wisata | Wednesday, 15 Mar 2023, 12:40 WIB

Halo sobat Traveling, Curug merupakan salah satu destinasi wisata yang paling sering akan kita temui ketika kita ada di provinsi Jawa barat tepatnya di Kabupaten Bogor, Kecamatan Cijeruk. Air terjun Putri Pelangi atau yang akrab di dengar dengan Curug Putri Pelangi merupakan Curug satu satunya yang ada di kecamatan Cijeruk, Kabupaten Bogor. Curug indah dan menarik ini banyak menggait para wisatawan untuk menikmati liburan akhir pekan. Terletak di kaki gunung salak,Curug Putri Pelangi merupakan salah satu Curug ini merupakan Curug kembar nih sobat traveling. Sejarah dari pengelolaan Curug Putri Pelangi sudah ada sejak dahulu kala,namun oleh warga sekitar mulai di kembangkan di tahun 2011. Perusahaan ini di kelola secara pribadi dan masyarakat sekitar Curug dan juga di bantu oleh desa" tutur kata Abew pengurus curug. Dengan Pengelolaan oleh perusahaan dan di bantu oleh warga sekitar Curug ini Curug Pelangi menjadi Curug yang terkenal di kalangan Orang orang Bogor dan luar Bogor, curug ini sengaja di kembangkan oleh warga sekitar supaya para masyarakat dapat mengenal adanya Curug di wilayah Kecamatan Cijeruk.

Menurut warga adanya pembangunan pada Curug ini tidak menggangu sama sekali tentang perairan mereka, "Curug ini ya neng satu satunya sumber air yang ngalir ke perairan perkebunan kami jadi kami juga ada hak kalo air macet kami bantu benerin pipa pipanya nanti " Tutur kata pak Sarman selaku warga sekitar, jadi bagi mereka adanya curug ini dan pembangunan yang dilakukan oleh pengelola curug, mereka merasa aman aman saja tidak ada masalah yang terjadi.

Jika kalian ingin kesini kalian dapat menempuh waktu 1jam jika dari arah kota . Ketika kalian disini akan di suguhkan pemandangan dari atas bukit dan gunung salak. Melewati jalanan yang kecil anda harus berhati hati dikarenakan banyak jalanan yang belum di perbaiki. Disini kalian tidak perlu khawatir untuk cari penginapan karena dari pihak pengelola Curug Putri Pelangi juga menyediakan camping ground yang Luas dengan harga yang terjangkau.

"Kalau kalian ingin ke Curug pelangi ada dua jalur" tutur Pengelola Curug ,satu jalur jalan kaki kalian bisa menuruni anak tangga ,yang tampak cantik dihiasi warna pelangi, atau melalai jalan setapak yang bisa di lalui oleh kendaraan baik mobil ataupun motor. Namun pihak juga menyangkan karena Curug ini belum masuk oleh PLN "Jalanya yang besar emang satu aja , biasa di lalui dengan motor dan mobil , kita gak punya pake lampu jalan karena kita pake tenaga Surya dan tenaga air , karena belum masuk di PLN." kata Pak Abew Selaku pengurus Curug, untuk masuk ke Curug Putri Pelangi kalian bisa membayar 20ribu per-orang dan 5ribu untuk biaya parkir kendaraan bermotor dan 10ribu untuk mobil,untuk tempat nya sendiri akan di renovasi dikarenakan bangunan sudah kuno sekarang ini pihak pengelola Curug Putri Pelangi akan melakukan pembangunan dan renovasi " Saat ini , rencananya mau di renovasi jadi masih dibiarin gitu aja , mau di bangun dan pindah keatas , nah tempat yang situ mau di perluasan kolamnya, jadi diatas nanti ada lagi nanti di tambah in kolam kolam lagi " Tutur kata pengelola Curug.

Dikarenakan banyak tempat di sekitar tersebut yang terlihat sudah tidak layak untuk di pakai salah satunya adalah kamar mandi yang cukup besar , kamar mandi ini sekarang sedang tertutup banyaknya pohon bambu sehingga membuat kesan dari curug ini terlihat horor dan gelap. Banyak renovasi yang akan di bangun dan ditingkatkan oleh pengelola guna membuat para wisatawan nyaman dan dapat mengambil momen ketika berlibur di Curug Putri Pelangi.
Tidak hanya curug saja yang akan menjadi tempat berlibur, disini juga ada camping groundnya. Camping ground dengan nuansa sejuk alam yang segar dan jauh dari hiruk pikuk perkotaan. Hanya dengan 35ribu satu malam saja kita bisa menghabiskan waktu bersama keluarga. Kalau kalian tidak ada peralatan camping kalian bisa menyewa karena disini disediakannya peralatan camping. Saya sempat mengobrol dengan salah satu pengunjung dari camping ground, beliau mengatakan bahwa "camping ground disini bagus sejuk , suasananya bagus pemandanganya juga enak, kebetulan saya barusan sekali kesini dapet rekomendasi dari Instagram" tutur kata wisatawan.

Adanya Curug Putri Pelangi di Cijeruk menjadi pengingat bagi kita banyak nikmat Tuhan yang harus di syukuri, pantas bagi kita untuk menjaga alam yang sedang kita pijaki dan kita lestarikan. Karena yang seperti kita ketahui Kabupaten Bogor merupakan wilayah yang banyak memiliki destinasi wisata yang banyak dan wilayah yang terdapat banyak curugnya

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image