Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Sarullah

Google Meet: Fitur dan Cara Menggunakan

Teknologi | Wednesday, 15 Mar 2023, 11:31 WIB
Google Meet (Foto: Sumberin)

Belajar jarak jauh menjadi salah satu cara untuk menjaga keselamatan dan kesehatan selama pandemi Covid-19. Namun, belajar jarak jauh bukanlah hal yang mudah karena membutuhkan alat dan platform yang tepat agar siswa dan guru dapat tetap terhubung dan berinteraksi dengan baik. Salah satu platform yang bisa digunakan adalah Google Meet.

Google Meet adalah salah satu solusi belajar jarak jauh yang efektif karena memiliki banyak kelebihan. Pertama, Google Meet memungkinkan siswa dan guru untuk mengakses platform secara gratis. Kedua, platform ini mudah digunakan dan tidak memerlukan perangkat yang mahal. Ketiga, Google Meet memiliki fitur yang lengkap seperti video conference, audio conference, dan screen sharing.

Fitur Google Meet

Google Meet memiliki fitur yang lengkap untuk mendukung pembelajaran jarak jauh. Berikut adalah beberapa fitur Google Meet yang bisa dimanfaatkan dilansir dari sumberin:

1. Video Conference

Fitur video conference memungkinkan siswa dan guru untuk melihat dan berinteraksi dengan satu sama lain secara langsung. Selain itu, fitur ini juga bisa digunakan untuk presentasi dan diskusi kelompok.

2. Audio Conference

Fitur audio conference memungkinkan siswa dan guru untuk berbicara dan mendengar suara satu sama lain secara real-time. Fitur ini juga sangat berguna untuk diskusi kelompok atau presentasi.

3. Screen Sharing

Fitur screen sharing memungkinkan siswa dan guru untuk berbagi layar dan menunjukkan presentasi, video, atau gambar kepada siswa lainnya. Fitur ini sangat berguna untuk menjelaskan materi yang sulit dipahami secara verbal.

4. Chat

Fitur chat memungkinkan siswa dan guru untuk berkomunikasi secara tertulis selama video conference. Fitur ini sangat berguna untuk mengajukan pertanyaan atau memberikan keterangan tambahan.

Untuk lebih lengkapnya silahkan dibaca fitur google meet

Cara Menggunakan Google Meet

Untuk menggunakan google meet caranya sangat mudah dan simple. Yang dibutuhkan hanyalah koneksi internet dan akun gmail. Jika kamu sudah memiliki keduanya, berikut ini tutorialnya:

 

  1. Buka browser internet di laptop
  2. Login menggunakan akun gmail
  3. Buka google meet atau salin link "https://meet.google.com/"
  4. Pilih opsi "rapat baru" dan klik opsi "mulai rapat instan"

Selamat kamu sudah berhasil menggunakan google meet, sangat mudah bukan?

Google Meet adalah salah satu solusi belajar jarak jauh yang efektif karena memiliki banyak fitur yang lengkap dan mudah digunakan. Dengan memanfaatkan fitur-fitur Google Meet secara tepat, siswa dan guru akan lebih mudah dalam melakukan pembelajaran jarak jauh

Sampai jumpa lagi di artikel-artikel selanjutnya

Baca Juga:

Cara Menggunakan Google Meet Di HP Tanpa Aplikasi

Cara Ganti Nama Google Meet Di Laptop dan HP

Cara Live Streaming Google Meet di Youtube

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image