Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image

Puskesmas Kecamatan Megamendung Terus Meningkatkan Program Kesehatan untuk Masyarakat

Info Terkini | Tuesday, 14 Mar 2023, 10:07 WIB

Bogor, 27 Februari 2023 - Kesehatan merupakan hal yang sangat penting dalam kehidupan manusia karena kesehatan menjadi salah satu penunjang aktivitas manusia dalam sehari - hari.

Kesehatan di wilayah Kabupaten Megamendung Kota Bogor tergolong cukup baik. Setelah pandemi tiga tahun belakangan ini, tidak ada penyakit berbahaya yang mengancam masyarakat Megamendung. Namun dikarenakan cuaca yang sering hujan, keluhan yang banyak dirasakan oleh masyarakat di Megamendung adalah flu, batuk, pilek, dan pusing.

Untuk kesehatan masyarakatnya, puskesmas Megamendung menyediakan berbagai program kesehatan. Salah satunya adalah program Prolanis atau Program Pengelolaan Penyakit Kronis untuk lansia. Program Prolanis ini memberikan banyak kegiatan seperti mengajak para lansia untuk senam bersama agar para lansia tetap dapat beraktivitas.

Selanjutnya, program Prolanis juga memberikan informasi seperti saran makanan yang baik untuk para lansia yang sudah mulai rentan terkena penyakit seperti hipertensi, diabetes, dan lain lainnya. Selain itu, pemeriksaan lab seperti untuk pemeriksaan gula darah juga dilakukan dalam program Prolanis.

Layanan fasilitas di puskesmas Megamendung diantaranya ada pelayanan kesehatan umum, pelayanan kesehatan gigi, pelayanan kesehatan ibu dan anak, laboratorium, dan di tahun ini puskesmas Megamendung sudah mempunyai laboratorium untuk masyarakat melakukan periksa darah karena akhirnya puskesmas Megamendung sudah mempunyai analis dan perlengkapannya.

Puskesmas Megamendung juga mempunyai pelayanan PONED (Pelayanan Obstetri Neonatal Emergensi Dasar), yaitu pelayanan terpadu yang diselenggarakan untuk menanggulangi Angka Kematian Ibu (AKI) dan Angka Kematian Bayi (AKB).

“Jadi kalau untuk ibu-ibu yang ingin melahirkan, kita siap dua puluh empat jam, tujuh hari seminggu.” ujar Dokter Irene selaku dokter di puskesmas Megamendung dalam wawancara, Senin (27/02/2023).

Di wilayah Kabupaten Megamendung, yang biasanya melakukan penyuluhan kesehatan adalah tenaga kesehatannya. Seperti apoteker, promkes, atau perawat yang bergantian. Penyuluhan - penyuluhan tersebut diberikan kepada masyarakat baik terkait obat, seperti meminum obat minimal sebulan sekali. Lalu PHDS (Perilaku Hidup Bersih Sehat), contohnya seperti saat covid beberapa tahun belakangan, penyuluhan yang diberikan adalah terkait vaksinasi dan untuk beberapa masyarakat yang takut divaksin.

Penyuluhan tersebut mungkin belum tersebar secara merata. Namun puskesmas Megamendung memiliki media sosial seperti Instagram yang didalamnya banyak memberikan informasi seputar program - program kesehatan di puskesmas Megamendung. Jadi, masyarakat dapat dengan mudah mengakses atau mendapatkan informasi tersebut.

Kabar baiknya selama merealisasikan penyuluhan tersebut, puskesmas Megamendung merasa tidak ada kendala dari masyarakat. Setiap adanya penyuluhan petugas masyarakatnya selalu menyambut dengan baik, mau diajak untuk kerja sama, dan tidak acuh. Tidak jarang juga masyarakat di Megamendung ikut serta membantu dan sangat kooperatif. Hal tersebut dilandasi juga dengan kesadaran sebagian besar masyarakat tentang pentingnya hidup sehat.

“Kalau di Megamendung sih masyarakatnya ini sangat welcome sekali ya, setiap ada kunjungan mereka selalu menyambut dan mendukung semua program kami. Kami sangat berterimakasih masyarakat Megamendung mudah dan mau diajak kerjasama” tutur Dokter Irene.

Disamping itu, pastinya masih terdapat keluhan terkait pelayanan di puskesmas Megamendung dari masyarakat. Keluhan tersebut diterima dengan baik dan biasanya disampaikan melalui WhatsApp atau Instagram puskesmas Megamendung oleh masyarakat. Puskesmas Megamendung juga memiliki nomor customer service yang dapat dihubungi, sehingga keluhan dapat disampaikan secara langsung maupun tertulis.

“Puskesmas punya banyak banget program, cuma sumber dayanya saja yang mungkin bisa dibilang kurang atau harus dibuat suatu kebijakan khusus yang dapat menanggulangi antara program dan sarana yang ada.” tutur Dokter Irene terkait masukan terhadap program yang ada di puskesmas Megamendung.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image