Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Bulan Sucitra

Pemerintah Ingin Kembali Menggaungkan Kampung Ramah Lingkungan Untuk Tenjolaya Yang Lebih Baik Edukasi | Tuesday, 14 Mar 2023, 07:05 WIB

Pada tahun 2021 Kampung Ramah Lingkungan (KRL) Tugu Resssik resmi direalisasikan sebagai program cinta lingkungan sinergi dari pemerintah bersama mahasiswa untuk Desa Cibitung Tengah yang lebih baik. Setelah lama tak beraksi kini Kampung Ramah Lingkungan (KRL) Tugu Resssik ingin kembali digaungkan oleh pemerintah Desa Cibitung Tengah.

“Kegiatan ini memang sudah lama tidak aktif lagi, tetapi pemerintah desa sangat ingin untuk mengadakan kembali program ini,” ujar Yudi saat diwawancarai Minggu (5/3/2023)

Kampung Ramah Lingkungan (KRL) adalah program yang diusung oleh Pemerintah Kabupaten Bogor sebagai bentuk usaha dalam pelestariaan lingkungan agar lebih sehat dan hijau. Dengan adanya program ini diharapkan dapat membangkitkan semangat masyarakat terutama anak muda agar lebih peduli dan semangat dalam membangun desa. Meskipun lama tidak aktif pemerintah desa ingin kembali mengadakan program ini karena adanya keresahan mengenai lingkungan yang sudah mulai tak terawat dan kotor.

Disisi lain, program ini baru ada di satu desa yaitu Desa Cibitung Tengah, Kecamatan Tenjolaya. Karena program ini pada awalnya memang diusung oleh mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) di Desa Cibitung Tengah.

“Harapannya program ini akan bertahan dalam jangka panjang sehingga bisa dicontoh oleh desa lain yang ada di Kecamatan Tenjolaya ini,” ujar Yudi selaku Perangkat Kecamatan saat diwawancarai Minggu (5/3/2023)

Berbicara mengenai program Kampung Ramah Lingkungan (KRL) ini, lalu apa kira kira kegiatan yang diadakan di dalamnya?

“Terdapat empat kegiatan utama yang kami unggulkan dalam program ini, yaitu pembuatan ecobrik yang berasal dari sampah anorganik dan pembuatan kompos dari sampah organic; penghijauan lahan; penyediaan air bersih; peningkatan pariwisata; membangun ekonomi kreatif dengan mengembangkan UMKM,” ujar Yudi saat diwawancarai Minggu (5/3/2023)

Program ini sendiri juga biasa disebut dengan Kampung Ramah Lingkungan (KRL) Tugu Resssik. Resik sendiri dalam bahasa sunda artinya bersih, Tenjolaya Resssik adalah suatu konsep pemanfaatan sarana dan prasaran di Kecamatan Tenjolaya yang ramah lingkungan. Resssik bisa dikonotasikan seperti berikut Rindang pohonnya Elok, indah dilihatnya Subur tanahnya Segar suasana, buah dan sayurannya Sehat udaranya Inovatif dalam pengelolaannya Katineung akhirnya.

Kegiatan ini juga dipublikasikan melalui berbagi platform media cetak dan media digital.

“Program kami ini juga kami bagikan melalui media cetak dan media digital seperti Facebook, Instagram, dan You Tube,” ujar Yudi saat diwawancarai Minggu (5/3/2023)

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image