Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Marwa Disti

Wisata Pesona Pasir Batu Nunggal , Panorama Alam menyejukkan di Desa Pangradin

Wisata | Sunday, 12 Mar 2023, 19:05 WIB
Wisata Pesona Pasir Batu Nunggal

JASINGA, BOGOR ( 07/03/2023 ) - Wisata Pesona Pasir Batu Nunggal merupakan sebuah kawasan yang menyajikan pemandangan alam dengan suasana menyejukkan untuk memanjakan para pengunjung. Destinasi wisata yang terletak di Kampung Pangradin, Desa Pangradin, Kecamatan Jasinga, Kabupaten Bogor ini menyuguhkan udara segar dan posisinya berada di atas perbukitan. Destinasi ini menawarkan fasilitas dan pemandangan yang indah dan asri bagi pengunjung.

Pesona Taman Pasir Batu Nunggal didirikan oleh Alam Sumanta di tahun 2022. Beliau ini merupakan warga asli Tigaraksa,Tangerang. Mulanya, beliau mengunjungi desa Pangradin hanya untuk berlibur dan melihat kawasan yang cocok untuk menanam durian. Akan tetapi, beliau beliau melihat sumber alam yang bagus jika dimanfaatkan sebagai destinasi wisata. “ Awalnya sih, pak Alam cuman main – main aja kesini sama keluarganya sambil liat kawasan yang bagus buat nanem durian , tapi dia lihat lahan luas yang bagus banget buat dijadiin tempat wisata, dia juga niat bantu warga sini karena liat dari kondisi warga yang kalo pengen liburan harus pergi jauh – jauh,” ujar Udin pengelola lahan.

Alam selaku pemilik tempat wisata Pesona Pasir Batu Nunggal membuka destinasi ini dengan tujuan untuk membantu kondisi ekonomi warga Desa Pangradin dengan menciptakan lapangan kerja, serta menjadikan lahan ini lahan berkualitas yang dapat dinikmati oleh warga sekitar. Selain itu, menurut karyawan yang bekerja, warga desa Pangradin banyak yang kesulitan untuk pergi liburan karena ekonomi yang kurang baik.

“ Warga Desa ini juga kurang baik ekonominya, makanya pak Alam juga niatnya mau nyiptain lapangan kerja lah ya buat masyarakat sini, karena niatnya kawasan ini bakal jadi destinasi yang nantinya ada resort dan outbound juga, dan pasti kebun durian yang 8 ha juga butuh banyak orang buat ngurusnya, jadi pak Alam beli lahan ini buat diolah jadi tempat wisata terus bisa jadi lapangan kerja dan tempat liburan buat masyarakat sini atau masyarakat luar,” ucap Udin.

Saat ini, Wisata Pesona Pasir Batu Nunggal dikelola oleh 4 orang. Pengelola ini masih berfokus pada kebun Durian yang nantinya bisa menjadi konsep agrowisata yang dapat dikunjungi oleh pengunjung. Karena saat ini kebun durian dengan luas 8 ha masih dalam proses pertumbuhan, semakin cepat proses pertumbuhan durian maka semakin cepat pula proses pembangunan Wisata Pesona Pasir Batu Nunggal.“ Kalo sekarang yang ngelola masih 4 orang,ada saya sebagai pengelola utama dan 3 lainnya sebagai pemberi pupuk dan penanam, untuk wisatanya sendiri sekarang masih dalam tahap pembangunan, selagi proses pembangunan, kita sebagai pengelola fokus di kebunnya dulu, biar nnati sama – sama beres,” tutur Udin, pengelola utama.

“ Tempat wisatanya juga udah kita sediain fasilitas dan spot foto yang bagus buat pengunjung, biar mereka nyaman dan betah disini. Ada 2 kolam renang, ukurannya kita buat beda, satunya besar satunya lagi kecil, nah pengunjung biasanya suka maen air nih disini, ada tempat bersihin badan juga deket batu besar, ada lahan buat piknik, disini juga bisa bikin tenda kalo mau nginep tapi harus konfirmasi dulu, bahkan disini sering ada yang jualan kalo weekend ” lanjutnya.

Kawasan Wisata Pesona Pasir Batu Nunggal masih dalam tahap pengerjaan yang harus diselesaikan untuk keamanan dan kenyamanan pengunjung. Meski begitu, 50 persen wisata ini sudah ada tersedia fasilitas yang bisa disinggahi. Selain tempatnya sejuk kita juga dapat menikmati pemandangan pegunungan. Bahkan, di sekitar lokasi itu juga terdapat kebun durian, bukit yang hijau dan kolam renang.

Rencana selanjutnya, Wisata Pesona Pasir Batu Nunggal ini akan menggunakan konsep agrowisata dengan memanfaatkan lahan dan kebun durian yang tersedia sebagai edukasi bagi pengunjung. Selain itu, Wisata Pesona Pasir Batu Nunggal akan memadukan resort sekaligus outbound dengan nuansa alam yang indah. “Nantinya disini bakal ada resort, cafe, sama outbound gitu. Pak Alam mau bikin lahan seluas ini jadi destinasi yang ramai didatengin pengunjung. Disini kan adem banget ya, banyak gunung juga makanya Pak Alam pengen bikin perpaduan antara resort sama outbound, biar makin keren tempatnya, ” ungkap Udin.

Wisata ini juga sering ramai disetiap weekend, banyak warga sekitar yang melakukan piknik bersama keluarga, dan kerabatnya. Selain itu, banyak ibu rumah tangga yang melakukan olahraga bersama seperti senam rutin di hari Minggu. Karena ramainya pengunjung, ramai juga masyarakat yang memanfaatkan situasi tersebut untuk menjadi sumber ekonomi mereka. Banyak masyarakat yang berlibur sambil berjualan, hanya saja berjualan ini dilakukan diluar kawasan. Hal itu diperbolehkan pengelola, selagi masyarakat bisa menjaga kebersihan lingkungan wisata.

Wisata Pesona Pasir Batu Nunggal juga ramai didatangi di hari – hari biasa. Hanya saja, mayoritas pengunjung yang datang berasal dari desa setempat atau kawasan terdekat dengan desa Pangradin. Salah satu warga yang sering berkunjung, Ridho ( 16 ) bersama kawan – kawan dekatanya. Mereka sering berkunjung, bahkan bisa setiap hari untuk sekedar menikmati sejuknya alam dan bermain air di kolam yang tersedia.

“ Aku udah sering banget kesini, bahkan bisa setiap hari. Soalnya, kan dari rumah juga cuman 10 menit. Lumayan kalo stress sama tugas sekolah bisa ngadem disini,” ucap Ridho.

Selain warga desa Pangradin, Taman Pasir Batu Nunggal ramai dikunjungi oleh pengunjung luar desa. Salah satu pengunjung luar desa Pangradin, Widya Citra (19) mengatakan, dia bersama teman-temannya mengunjungi wisata tersebut untuk berswafoto dan menikmati suasana alam yang sejuk dan asri. “Aku dari Bubulak, jauh

– jauh kesini bareng temen - temen soalnya tempatnya sejuk banget jauh dari polusi, asri dan ga berisik gitu,pemandangannya juga bagus banget buat foto- foto dan yang paling penting rute dari Bubulak ga bikin pusing sih, karena udah ada penandanya di setiap jalan,” ungkapnya, Selasa (7/3).

Sementara, rute untuk menuju lokasi dari arah Kota Bogor ke arah pertigaan Pangradin. Bisa juga melalui jalan utama yang tidak jauh dari Kantor Kecamatan Jasinga. Akses jalannya pun mudah, meskipun destinasi ini letaknya di wilayah pelosok akan tetapi jalanan yang tersedia cukup bagus dan nyaman untuk dikunjungi pengunjung.

Saat ini, berkunjung ke Taman Pasir Batu Nunggal tidak perlu mengeluarkan biaya tiket. Karena wisata ini masi dalam pembangunan untuk dijadikan resort dan outbound. Untuk waktu berkunjung, pengunjung bisa datang mulai pukul 08.00 s/d 18.00, dan jika ingin mendirikan tenda untuk melihat pemandangan di pagi hari, pengunjung dapat mengkofirmasi terlebih dahulu satu hari sebelumya kepada pengelola.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image