Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Fatimah Az zahra

Pengaruh Seni Terhadap Kesehatan Mental

Gaya Hidup | Sunday, 19 Dec 2021, 23:16 WIB
Sumber: Pixabay

Apakah kalian suka melukis atau bernyanyi? Atau mungkin tertarik terhadap seni? Ingin tau pengaruh seni terhadap Kesehatan mental kalian? Yuk baca artikelnya!

Pada umumnya seseorang akan meluapkan beban dan emosinya dengan curhat, tetapi pada Sebagian orang hal ini susah untuk di implementasikan, khususnya Orang-orang yang cenderung tertutup dan pemalu, sebagai penggantinya kita bisa menumpahkan beban dan perasaan negatif kita pada karya seni seperti melukis, merajut, bernyanyi, bermain alat musik dan lainnya yang akan membuat seseorang lebih produktif dan fokus pada hal yang ia lakukan. Menurut Doreen Meister, MA, MFT, seorang psikoterapis seni ekspresif dan mindfulness di Oakland, California, terapi seni apapun dapat memungkinkan seseorang untuk mengekspresikan diri secara nonverbal yang membantu mendapatkan perspektif berbeda mengenai suatu masalah.

Kalian tau tidak kalau membuat karya seni itu bisa menurunkan tingkat detak jantung seseorang yang akan membuatnya jauh lebih tenang, perubahan fisik yang terjadi saat membuat karya seni dapat meregulasi sistem saraf. Dalam seni baik proses menciptakan atau mengamati karya seni orang lain dapat mengembangkan kesadaran diri, meningkatkan harga diri, dan meningkatkan keterampilan sosial.

Berikut pengaruh seni terhadap kesahatan mental!

1. Menenangkan Emosi

Contoh melukis, melukis juga bisa menjadi latihan untuk menenangkan rasa takut dan kewaspadaan. Melukis dapat membuat kamu menyadari perasaan sendiri tanpa perlu menjadi resah karena emosi stres itu sendiri. Bahkan, ketika kamu melihat kembali hasil lukisan tersebut di masa yang akan datang, ini akan membantu kamu memahami apa yang kamu rasakan di momen saat melukis dan menyelesaikan masalah yang lain ke depannya.

2. Membantu Mengelola Rasa Sakit

Kalian semua pasti pernah kan mendengarkan musik saat sedih, yang pastinya akan membuat perasaan kalian lebih baik setelahnya, faktanya seni musik juga bisa membantu kamu mengelola rasa sakit. Cukup mendengarkan Musik-musik selama satu jam setiap hari bisa membantu mengurangi rasa sakit yang signifikan dibandingkan dengan berusaha mengatasinya dengan cara lain. Musik adalah intervensi non-invasif, aman, dan murah yang bisa dimanfaatkan orang-orang yang sedang mengalami rasa sakit, baik medis maupun psikis.

3. Meningkatkan Suasana Hati

Seni dalam segala bentuknya secara umum dapat membuat kamu lebih merasa bahagia, membuat karya seni dapat membantu kamu lebih bersemangat menjalani aktivitas dengan membangun suasana hati yang lebih baik sepanjang hari. Terapi seni adalah bentuk lain dari perawatan diri. Kadang-kadang, dengan semua tanggung jawab dalam kehidupan, kamu bisa lupa kalau kamu layak untuk rehat dan merawat diri. Mengambil waktu untuk mencurahkan segenap emosi melalui hobi seni dapat membuat kamu lebih meningkatkan suasana hatimu.

Menurut halodoc.com Tidak perlu memiliki kemampuan artistik atau bakat khusus untuk berpartisipasi dalam terapi seni. Orang-orang dari segala usia termasuk anak-anak, remaja, dan orang dewasa mengambil manfaat dari seni. Beberapa kondisi di mana seni dapat digunakan meliputi:

Anak-anak yang mengalami ketidakmampuan belajar;

Orang dewasa yang mengalami stres berat;

Anak-anak yang memiliki masalah perilaku atau sosial di sekolah atau di rumah;

Orang yang mengalami masalah kesehatan mental;

Orang yang mengalami cedera otak;

Anak-anak atau orang dewasa yang pernah mengalami peristiwa traumatis;

Mengalami kegelisahan;

Mengalami depresi;

Mengidap kanker;

Masalah terkait penuaan;

PTSD;

Gangguan emosional;

Memiliki gangguan makan;

Kecanduan obat-obatan terlarang;

Memiliki keluarga atau hubungan;

Masalah psikososial.

Ternyata seni tidak hanya bisa di nikmati, seni membantu mengobati, membantu, dan mengarahkan kita pada hal yang lebih positif berkomunikasi, mengatasi stres, mengeksplorasi berbagai aspek kepribadian sendiri, dan manfaat lain.

Coba yuk membuat karya seni. Entah itu menulis, melukis atau membuat lagu. Cari tau apa hobimu, bantu dirimu dengan dirimu dari dirimu!

Refrensi:

https://www.halodoc.com/artikel/gemar-musik-ini-manfaatnya-untuk-kesehatan-mental

https://www.halodoc.com/artikel/seni-sebagai-terapi-gangguan-jiwa

https://www.halodoc.com/artikel/4-fakta-melukis-bisa-untuk-terapi-stres

https://www.idntimes.com/health/fitness/abraham-herdyanto/hubungan-seni-dan-kesehatan-mental/6

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image