Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image jeruk elektrik

3 Manfaat Cuddle untuk Hubungan, Please Jangan Baper!

Gaya Hidup | Thursday, 09 Mar 2023, 09:20 WIB
Dok. Unsplash

Apakah kamu pernah denger gak tentang cuddle? Itu loh, tindakan saling berpelukan tanpa ada unsur seksual atau romantik. Biasanya dilakuin sama temen, saudara, atau pasangan buat nunjukin rasa sayang tanpa harus terlalu kepo atau mesra-mesraan.

Tapi sayangnya, beberapa orang bikin cuddle jadi salah kaprah dan disalahin sebagai bentuk prostitusi. Ada aja yang ngerusak yang baik-baik, ya. Padahal, awalnya cuddle sebenernya dianggap sebagai bentuk keintiman yang nggak merugikan.

Nggak ada catatan pasti tentang asal-usul cuddle. Tapi, dari yang gue baca, kegiatan ini udah populer banget di seluruh dunia. Di Barat, cuddle mulai dikenal sejak tahun 1960-an, kala itu lagi tren kebebasan seksual gitu. Jadi, pelukan tanpa unsur romantis atau seksual dianggap sebagai bentuk keintiman yang bebas.

Tapi, ya gimana ya, di era sekarang, nggak jarang hal-hal baik malah disalahin dan disalahgunakan. Ada orang yang pakai cuddle buat cari pelanggan dalam industri seks, alias gaya prostitusi baru. Hal itu bikin banyak orang ngerasa risih dan menimbulkan kritik.

Tapi, untungnya, masih banyak yang ngeliat positifnya dari cuddle. Pelukan ini juga bisa membantu orang buat lebih dekat sama teman atau keluarga. Bahkan, sekarang udah ada praktisi profesional yang pake cuddle sebagai bentuk terapi alternatif. Cuddle therapy bisa bantu mengurangi stres, meningkatkan kesejahteraan mental, dan emosional. Nah, berikut adalah 3 manfaat dari cuddle untuk meningkatkan hubungan

Meningkatkan rasa nyaman dan keintiman

Saat dilakukan dengan pasangan atau teman dekat, cuddle bisa membantu meningkatkan rasa nyaman dan keintiman dalam hubungan. Pelukan bisa bikin seseorang merasa aman dan diterima dengan apa adanya. Dalam keintiman yang sehat, rasa aman dan diterima bisa membantu memperkuat hubungan.

Mengurangi stres dan kecemasan

Cuddle juga bisa membantu mengurangi stres dan kecemasan. Saat pelukan, tubuh melepaskan hormon oksitosin yang bisa bikin seseorang merasa lebih tenang dan rileks. Selain itu, pelukan juga bisa mengurangi produksi hormon stres, seperti kortisol. Dengan merasa lebih tenang dan rileks, seseorang bisa lebih mudah terbuka dan jadi lebih dekat dengan pasangan atau teman.

Meningkatkan kesejahteraan emosional dan mental

Cuddle juga bisa meningkatkan kesejahteraan emosional dan mental. Saat seseorang merasa dicintai dan diterima, hal itu bisa bikin seseorang merasa lebih bahagia dan puas dengan hubungannya. Selain itu, cuddle therapy bisa membantu orang yang mengalami kesulitan dalam hubungan atau stres kronis. Pelukan terapeutik ini bisa membantu meredakan ketegangan dan meningkatkan perasaan positif.

Jadi, intinya sih, cuddle nggak buruk banget kok. Yang penting, kalo mau dilakuin, jangan sampe disalahgunakan atau bikin orang lain merasa nggak nyaman. Pake akal sehat, ya.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image