Kisi-kisi Digital Marketing bagi New Enterprise

Image
Hamdani
Bisnis | Sunday, 19 Dec 2021, 10:29 WIB
Pelatihan Digital Marketing bagi Wirausahawan muda (Foto NES Aceh)

Setiap bisnis yang dijalankan di era sekarang tak bisa melepaskan diri dari dunia digital, terlebih fungsi marketing atau pemasaran didalamnya. Proses pemasaran yang efektif akan memberikan dampak positif bagi kemajuan perusahaan.

Mengapa harus digital marketing? Karena perilaku konsumen telah berubah. Kemunculan teknologi internet benar-benar telah merubah consumer behavior secara signifikan.

Sehingga perusahaan yang berhasil menerapkan strategi pemasaran digital dalam menghantarkan kepuasan yang maksimal bagi pelanggan akan memiliki keunggulan tersendiri di pasar dibandingkan dengan sistem pemasaran tradisional.

Dave Chaffey and PR Smith dalam bukunya menuliskan tentang Digital Marketing Excellence menyarankan beberapa aspek penting dilakukan.

Ada 6 langkah yang dapat dilakukan oleh seorang wirausaha pemula yang ingin mengembangkan model pemasaran digital.

Analisis situasi

Langkah ini merupakan bagian pertama yang sangat penting dilakukan sebelum pemasaran digital dijalankan yakni perlunya melakukan analisis situasi (situation analysis).

Business owner dapat menilai bisnisnya secara industri berada dimana. Apakah masih pada tahap perkenalan atau sudah mencapai puncak (mature)?

Pekerjaan utama pada bagian ini yaitu meriset dirinya sendiri dan memotret posisi pasar. Dari hasil ini kemudian baru diaplikasikan pada step berikutnya untuk mencapai hasil yang diinginkan.

Terpenting disini juga untuk menilai aspek internal capabilities and resource agar bisa mempertimbangkan kecepatan, daya jelajah, dan target.

Objectives

Setelah melakukan analisis situasi terkini dengan membuat beberapa klasifikasi informasi dan data yang telah diperoleh. Langkah berikutnya adalah menentukan tujuan-tujuan atau output/outcome dari strategi digital marketing yang akan dilakukan.

Biasanya digital marketing channel yang dipilih atau dijalankan selalu bersesuaian dengan tujuan yang ingin dicapai. Misalnya apakah untuk semata-mata untuk pemasaran ataupun menjual (selling).

Menjalankan fungsi marketing atau selling, keduanya memiliki teknik yang tidak sama. Meskipun tujuan akhir adalah terjadinya penjualan. Namun dengan menggunakan tool atau channel yang tepat semua akan mudah tercapai.

Strategy

Strategi yang dimaksud disini adalah teknik melakukan komunikasi marketing menggunakan digitalisasi. Langkah ini dapat dioptimalkan bila platform digital sudah ditetapkan sesuai dengan tujuan, sasaran, dan kemudahan penggunaannya. Misal website ataupun media sosial.

Jika menggunakan website maka strategi konten juga harus relevan. Karena paltform berbasis web juga ada yang berbeda-beda tujuan penggunaannya. Ada yang digunakan sebagai media informasi yang bertujuan membangun awareness dan ada pula yang menggunakan untuk toko online.

Begitu pun bila menggunakan media sosial seperti instagram, maka strategi segmentasi, target yang tepat, dan pemosisian produk harus jitu agar prospek dapat mengingat produk dengan bagus.

Selain media yang telah disebutkan di atas, beberapa yang lainnya juga dapat digunakan seperti email, broadcast, dan direct massage.

Tactics

Taktik yang dilakukan dalam digital marketing juga dapat mempengaruhi hasil. Disini kita berbicara bagaimana memastikan marketing dapat menjangkau target dengan sistematis sebagai aksi dari strategi marketing.

Taktik Marketing sebenarnya lebih konkrit daripada hanya sebuah strategi. Taktik marketing lebih menekankan pada aspek bagaimana mengkombinasikan nilai-nilai dan teknik komunikasi sehingga tersampaikan ke calon konsumen.

Disini bisa menggunakan e-marketing mix dan communications mix untuk menyampaikan nilai-nilai sehingga itu menjadi pendorong pelanggan dalam membuat keputusan.

Foto bersama dengan Perseta Pelatihan Digital Marketing

Action

Setelah semua konsep dan perencanaan digital marketing dipersiapkan sematang mungkin. Kemudian langsung berikutnya adalah action. Yaitu melakukan seluruh rencana dengan sistematis, integratif, dan kolaboratif dengan mengoptimalkan seluruh sumber daya yang ada.

Business owner perlu menetapkan struktur yang jelas dan membagikan pekerjaan serta tanggung jawab kepada PIC (person in charger), job description, dan KPI (key performance indicator).

Jangan lupa juga untuk memanfaatkan Internal resource and skills yang dimiliki organisasi untuk menggerakkan seluruh potensi energi agar daya ungkit marketing lebih powerfull.

Control

Control dapat diartikan sebagai kegiatan how do we monitor performance? Artinya entrepreneurs bisa memantau seluruh aktivitas digital marketing berjalan sesuai rencana.

Aktivitas monitoring dapat pula dilakukan untuk memastikan bahwa seluruh sistem digital berjalan optimal dan fungsional.

Selain itu memastikan juga kecepatan platform digital yang digunakan dapat menangkap beberapa informasi yang penting terkait dengan profil pelanggan dan tingkat kepuasan mereka.

Monitoring sangat penting dilakukan karena berkaitan dengan perbaikan-perbaikan yang akan dilakukan kemudian hari. Langkah-langkah penyempurnaan sistem pasti akan terus dilakukan untuk kepentingan marketing jangka panjang.

Nah itulah beberapa tips atau informasi tentang digital marketing bagi new enterprise yang ingin mengembangkan pemasaran melalui internet. Semoga ada manfaatnya.

Terakhir saya ingin mengutip sebuah quote dari seorang pakar bisnis ternama dunia. Katanya, "If your Business is not on the internet, then your Business will be out of Business". (*)

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

Suara Rakjat

Jadi yang pertama untuk berkomentar

Artikel Lainnya

Image

Savefrom YT: Convert YouTube MP4 Jadi MP3 ke Galeri HP

Image

VidMate: Aplikasi Convert YouTube To MP3 dan MP4 Paling Kekinian

Image

YTMP3 : Download Lagu dan Musik YouTube Jadi Audio MP3 Gratis!

Image

Download Aplikasi YouTube Vanced Terbaru 2022 Tanpa Iklan

Image

Savefrom.Net Unduh Gratis Video Mp4 Youtube Tanpa Aplikasi Dan Pasti Cepat Disini

Image

Download Lagu aespa - Girls MP3 Gratis

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

marketing@republika.co.id (Marketing)

Ikuti

Image
Image
Image
× Image