Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Sofa

Rektor Uhamka Apresiasi Seminar Internasional FK Uhamka

Edukasi | Tuesday, 07 Mar 2023, 18:33 WIB

Fakultas Kedokteran (FK) Universitas Muhammadiyah Prof DR HAMKA (Uhamka) menyelenggarakan Seminar Internasional dengan tema The Role of Endocrinology in Reproductive System, Adolescence Uterine Bleeding dan Menopause di Mini Teater lantai 1 FK Uhamka, Selasa (7/3).

Acara ini dihadiri oleh Prof Gunawan Suryoputro Rektor Uhamka, Astrid Sulistomo selaku Moderator, Prof Takashi Yashiro sebagai speaker Functional and Morphological, Characteristics of Anterior Pituitary Cells with special reference to Gonadotrophs, dr. Wawang S. Sukarya selaku Dekan FK Uhamka menjadi speaker Adolescence Dysfunctional Uterine Bleeding, Akane Kondo sebagai speaker Menopause in Relation to Endocrine Function, segenap Stakeholder Uhamka, dan peserta seminar.

Prof Gunawan Suryoputro selaku Rektor Uhamka mengungkapkan bahwa FK Uhamka telah meraih berbagai pencapaian, salah satunya dengan meraih akreditasi B Internasional. Hal tersebut merupakan hal yang baik mengingat FK Uhamka baru berdiri kurang lebih empat tahun. FK Uhamka juga memiliki relasi yang kuat dengan institusi di luar negeri.

“FK Uhamka ini telah berdiri kurang lebih empat tahun. Alhamdulillah telah meraih berbagai capaian, diantaranya meraih akreditas B Internasional. Ini merupakan potensi yang bagus untuk FK kedepannya. FK Uhamka juga telah bekerja sama dengan berbagai instansi pendidikan maupun kesehatan, salah satunya dengan universitas di Jepang. Selamat kepada FK Uhamka yang telah berhasil menyelenggarakan seminar internasional ini. Ini merupakan langkah yang baik untuk FK Uhamka kedepannya dalam mengembangkan reputasinya.” ujar Prof Gunawan.

Dalam materinya, Prof Takashi Yashiro membahas tentang peran dari sel-sel tubuh manusia sebagai produsen hormon yang membantu kerja sistem reproduksi manusia, khususnya pada orang yang berusia lanjut. Ia juga menjelaskan cara kerja dari sel-sel tersebut. Cara kerja sel-sel tersebut juga dipengaruhi oleh beberapa faktor.

“Tubuh manusia mempunyai beberapa sel yang tugasnya adalah memproduksi hormon yang membantu kerja sistem reproduksi manusia, terutama pada usia lanjut. Sel-sel tersebut juga memiliki fungsi dan karakternya masing-masing, dipengaruhi pula oleh faktor positif dan negatif,” tutur Prof Takashi.

Di lain hal, dr. Wawang S. Sukarya menyampaikan bahwa pendarahan pada wanita di usia remaja atau usia muda disebabkan oleh beberapa faktor, diantaranya adalah kelainan yang terjadi pada genetik sel sehingga mempengaruhi rusaknya sistem hormon dalam wanita. Hal tersebut menyebabkan siklus menstruasi tidak normal.

“Terdapat beberapa faktor yang menyebabkan pendarahan pada wanita di usia remaja atau usia muda. Faktor tersebut dapat dipengaruhi oleh genetik sel yang memiliki kelainan sehingga mempengaruhi rusaknya sistem hormon dalam wanita sehingga proses menstruasi tidak normal,” pungkas dr. Wawang.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image