Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image

Internet Gangguan Saat Dampingi Anak Belajar, Sabar Lakukan Ini Dulu!

Teknologi | Monday, 06 Mar 2023, 11:08 WIB

Internet menjadi kebutuhan primer bagi keluarga kami, salah satunya untuk pendidikan anak. Bila ada gangguan jaringan internet provider seperti koneksi internet mati, duh bisa buyar kelas online! Anak menjadi tidak bersemangat belajar karena koneksi yang putus-pu Apa yang harus dilakukan saat ada masalah internet seperti ini?

Lebay enggak, sih, menempatkan jaringan internet sebagai kebutuhan primer? Di era digital kami banyak menggunakan internet dalam membantu kegiatan sehari-hari, terutama proses belajar anak.

Dalam mencari bahan ajar untuk homeschooling, saya menggunakan internet. Berbagai e-book, worksheet, juga informasi seputar pelajaran mudah dicari melalui internet.

Anak homeschooling bukan berarti hanya belajar dengan orang tuanya. Anak saya mengikuti berbagai kelas online dari Selasa hingga Jumat. Iyes, hampir setiap hari ia aktif mengikuti Zoom meeting. So, menggunakan jasa internet provider di rumah masuk dalam prioritas utama kami.

Namun, jaringan WiFi terkadang mengalami gangguan. Koneksi internet tidak stabil, kecepatan internet menurun, bahkan tidak ada koneksi internet sama sekali.

Namanya kelas online via Zoom butuh koneksi internet yang stabil. Kesal, dong, kalau tiba-tiba koneksi WiFi error. Turun deh semangat belajar anak karena bolak-balik keluar-masuk Zoom, suara fasilitatornya putus-putus. Pernah juga waktunya ia presentasi tapi jaringan internet mengalami gangguan. Heu .

Inhale exhale sabar dan tetap tenang. Yah, namanya buatan manusia tidak sempurna. Terkadang muncul masalah tak terduga, apapun internet provider-nya. Agenda zoom meeting, Instagram live, kelas online, maupun mencari bahan belajar via daring bisa tersendat jika koneksi WiFi bermasalah.

Ada beberapa hal yang bisa dilakukan untuk mengatasi masalah koneksi internet, yaitu:

Cari tahu penyebabnya

Penyebab gangguan jaringan internet antara lain karena cuaca, perangkat router rusak, perbaikan jaringan, listrik putus, atau belum bayar. Cek listrik di rumah, jangan-jangan koneksi internet mati karena aliran listrik putus alias mati lampu.

Cek juga apa sudah bayar tagihan atau belum. Saya pernah ngomel awal bulan kok koneksi internet tidak bisa dipakai, eh, ternyata lupa belum bayar tagihan internet provider. LOL.

Cek lampu indikator di modem. Apakah menyala normal atau berbeda dari biasanya (lampu menyala merah, hanya menyala sebagian, atau tidak menyala sama sekali).

Cabut – pasang kabel

Sudah bayar tagihan, aliran listrik aman, tapi koneksi internet bermasalah? Cabut kabel daya modem dari stopkontak kemudian pasang lagi. Tunggu beberapa saat kemudian hubungkan gawai ke WiFi.

Hubungi customer service

Bila cara di atas belum juga berhasil, saya serahkan ke ahlinya saja dengan menghubungi customer service. Daripada otak-atik sendiri malah rusak, kan ya.

Koneksi internet sangat dibutuhkan dalam proses pendidikan anak maka penting survei penyedia internet terbaik. Tak hanya produk dan harganya, pilih yang after-sales service-nya juga OK seperti customer service mudah dihubungi dan gercep merespon berbagai kendala pelanggan.

Salah satunya internet provider Telkom Indonesia yang memiliki beragam saluran customer service. Jika IndiHome gangguan maka dapat menyampaikan pengaduan layanan melalui website, live chat Indita di aplikasi MyIndiHome, call center 147, e-mail, WhatsApp, juga media sosial.

Di media sosial IndiHome, seperti Twitter @IndiHomeCare, admin rutin merespon cuitan para pelanggan yang menyampaikan kendala maupun pertanyaan seputar produk IndiHome. Perlu diingat hubungi media sosial resmi dan beri data pelanggan hanya melalui direct message (DM).

Pengalaman pernah mengalami masalah koneksi internet seperti jaringan WiFi off di rumah, lampu router hanya menyala 2 padahal biasanya 3. Maka segera hubungi contact center. Tak lama kemudian teknisi segera merespon dan memperbaiki kerusakan.

Gangguan internet bisa terjadi kapan saja termasuk ketika proses belajar anak. Di saat seperti ini sabar, ya. Sebagai orang tua harus tetap tenang kemudian coba lakukan hal-hal di atas. Hubungi customer service internet provider melalui berbagai channel supaya kendala koneksi WiFi dapat segera ditangani. Semoga bermanfaat!

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image