Mengenal Tes Bahasa Mandarin TOCFL

Umum  

Salah satu jenis ujian bahasa yang bisa kita ikuti adalah ujian Bahasa Mandarin TOCFL atau Test of Chinese as a Foreign Language. Ujian ini diselenggarakan oleh Steering Committee for the Test of Proficiency-Huayu (SC-TOP) yang berasal dari Taiwan. TOCFL hanya dapat digunakan jika Anda ingin belajar atau bekerja di Taiwan. Lalu seperti apa ketrampilan yang diujikan pada tes TOCFL ini? Berikut pembahasannya.

ilustrasi : dok. republika.co.id

1. Ketrampilan yang diujikan

a. Ujian Mendengarkan

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

Khusus ujian mendengarkan pada level pemula dibagi menjadi tiga bagian yaitu penjelasan gambar, pengertian percakapan, dan pengertian tanya jawab. Terdapat 50 soal pilihan ganda dan dikerjakan dalam waktu 60 menit atau 1 jam.

Sementara itu, untuk tingkat menengah atau ahli, dibagi menjadi dua bagian yaitu percakapan dan paragraf. Jumlah soal terdiri dari 50 pertanyaan pertanyaan pilihan ganda dengan waktu 60 menit atau 1 jam.

b. Ujian Membaca

Bagi tingkat pemula, terdapat empat bagian dalam ujian membaca seperti pemahaman kata, penjelasan gambar, mengisi bagian yang kosong dan menyelesaikan paragraf. Terdapat 45 soal pilihan ganda dan lima pertanyaan mencocokkan dalam waktu 60 menit.

Pada tingkat lanjutan dan tingkat ahli, hanya terdapat dua bagian yaitu mengisi bagian yang kosong dan pemahaman membaca. Terdapat 50 soal pilihan ganda yang dikerjakan dalam waktu 60 menit.

c. Ujian berbicara

Pada ujian berbicara, terdapat enam level yang terbagi dalam tiga kelompok. Pada kelompok pertama atau Band A (level 1 dan 2) terdiri dari tiga sesi. Sesi pertama yaitu latihan, sesi kedua menjawab pertanyaan, dan sesi ketiga yaitu menjelaskan pengalaman dan menjelaskan klip video.

Sementara itu, kelompok kedua atau Band B (level 3 dan 4) terdiri dari dua sesi saja yaitu pada sesi pertama terdiri dari latihan, serta sesi kedua yang menjelaskan pengalaman, menjelaskan klip video, dan menyatakan pendapat. Terakhir, kelompok ketiga atau Band C (level 5 dan 6) terdapat tiga sesi ujian dengan sesi pertama yaitu menyatakan pendapat. Sesi kedua bermain peran dan menanggapi sudut pandang serta sesi ketiga, yaitu meringkas artikel dan meringkas pendapat.

d. Ujian menulis

Ujian menulis Bahasa Mandarin, juga terdiri dari enam level yang terbagi dalam tiga kelompok. Band A, pada level 1 yaitu menulis deskripsi gambar dan level 2 yaitu menulis korespondensi. Pada Band A peserta diharuskan menulis 80-100 kata dalam waktu 20 menit. Pada Band B yaitu level 3 juga menulis korespondensi, sedangkan pada level 4 berupa tulisan argumentatif. Pada Band B, tulisan berjumlah 450-550 kata dengan waktu pengerjaan 60 menit. Sementara itu, pada Band C level 5 berupa menulis rangkuman yang berjumlah 200-300 kata dalam waktu 50 menit. Pada level 6 adalah tulisan argumentatif dengan jumlah kata 800-100 kata dalam waktu 120 menit.

2. Penilaian

Pada penilaian ujian mendengarkan Bahasa Mandarin TOCFL, peserta harus mendapatkan nilai minimal agar lolos tes ini. Level 1 (41), Level 2 (57), Level 3 (46), Level 4 (61), Level 5 (50), dan Level (61)

Selanjutnya, penilaian ujian membaca pada Level 1 (42), Level 2 (60), Level 3 (48), Level 4 (64), Level 5 (52), dan level 6 (69). Kemudian penilaian ujian berbicara, terdapat nilai minimal dan maksimal pada setiap levelnya. Level 1 (5-9), Level 2 (10-15), Level 3 (12-23), Level 4 (24-30), Level 5 (21-34), dan level 6 (35). Khusus untuk nilai ujian berbicara, bila peserta mendapatkan nilai di bawah nilai minimal berarti tidak lolos ujian berbicara.

Terakhir pada penilaian ujian menulis, sistem yang digunakan sama seperti pada penilaian ujian berbicara. Artinya, terdapat nilai minimal dan maksimal pada setiap levelnya, Level 1 (4-6), Level 2 (7-10), Level 3 (4-6), Level 4 (7-10), Level 5 (4-7), dan level 6 (8-10). Jika peserta mendapatkan nilai di bawah nilai minimal berarti tidak lolos ujian menulis.

Bagi Anda yang ingin belajar Bahasa dan sastra Mandarin di Taiwan, disarankan memiliki kemampuan Bahasa Mandarin minimal level 5. Namun, bagi yang ingin mempelajari budaya diharapkan memiliki kemampuan minimal level 4. Sementara itu, bagi pelajar asing yang ingin belajar di Taiwan minimal memiliki kemampuan Bahasa Mandarin pada level 2 yang berguna untuk komunikasi sehari-hari.

Itulah informasi menengai ujian Bahasa Mandarin TOCFL. Pada praktiknya, tes TOCFL ini dibagi menjadi tiga bagian yang terpisah yaitu TOCFL Listening & Reading, TOCFL Speaking, dan TOCFL Writing. Hal ini dikarenakan pada setiap tes Bahasa Mandarin TOCFL memakan waktu yang cukup lama. Selain itu, pada tes TOCFL Listening & Reading peserta tes memiliki jam belajar dan harus menguasai kosa kata yang telah ditentukan pada setiap levelnya. (Lutfie Fahrizal R)

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

Calakan artinya cerdas dalam bahasa Sunda. Media Calakan ini diharapkan mencerdaskan para pembacanya khususnya terkait informasi-informasi yang berman

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

[email protected] (Marketing)

× Image