Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Rozak Al-Maftuhin

5 Kunci Sukses Menjadi Kreator Digital ala Full-Time Blogger

Bisnis | Saturday, 04 Mar 2023, 07:28 WIB

Hai Sobat, perkenalkan namaku Rozak Al-Maftuhin. Kalian bisa memanggilku, cukup dengan Rozak saja, tanpa membaca ‘saja’. Ditemani streaming alunan lagu Widodari karya Denny Caknan feat Guyon Waton dengan internet cepat, izinkan saya berbagi pengalaman berupa kunci sukses menjadi kreator digital ala full-time blogger, tentunya melalui tulisan ini.

Saya adalah seorang full time Blogger (itu sudah jelas) yang berdomisili di Blitar. Saat ini, saya memiliki 4 team crew yang membantu aktivitas ngeblog di kantor. Menurut rekan sekomunitas, di tangan saya ‘ngeblog’ sudah menjelma sebagai perusahaan yang cukup besar. Yang akhirnya, aktivitas kami di kantor lebih cocok disebut kreator digital profesional.

Lakukan 5 Hal Ini dan Jadilah Kreator Digital yang Sukses

Nah pada artikel ini, saya akan berbagi pengalaman yang sudah saya lalui hingga menjadi besar seperti sekarang ini. Harapannya, dengan catatan sederhana ini, kalian bisa mengikuti jejak saya, bahkan lebih besar lagi. Aamiin.

1. Fokus pada satu hal

Guru saya pernah berkata, “fokuslah pada satu hal selama 6 bulan, maka kita akan menjadi ahli di bidang itu”.

Bagi kamu yang baru menekuni dunia kreator digital atau seorang blogger pemula, konsep ini benar-benar harus kamu perhatikan. Fokus pada satu hal (bidang). Blogger ya blogger saja, youtuber ya youtuber saja, atau desain grafis ya fokus jadi desainer saja.

Mengapa? Karena kalau kita terlalu bernafsu ingin mendapatkan semua dalam sekali dayung, kemungkinan besar justru kita tidak akan mendapatkan semuanya. Dan saya pernah mengalami kegagalan itu, sobat. Tentu saja akibat terlalu ingin meraup semua, padahal belum menguasai medan sama sekali.

Belajar dari itu, saya buang semua keinginan bercabang. Saya fokus ngeblog untuk jasa SEO. Saya tak lagi melirik Google Adsense, jasa desain web, apalagi yang keluar dari bidang itu seperti Youtuber dan sejenisnya.

Hasilnya luar biasa. Pikiran saya lebih terfokus untuk belajar lebih banyak, meningkatkan kualitas blog, hingga trial and error untuk menguasai medan. Nah, ketika satu hal ini sudah sukses, kita sudah menjadi ahli di bidangnya, silahkan merambah ke penguasaan bidang lainnya. Tentunya dengan menerapkan pola yang sama. Fokus! Jangan berpindah sebelum kamu jadi ahlinya.

2. Manajemen keuangan yang baik

Tahap berikutnya untuk menjadi kreator digital yang sukses ialah manajemen keuangan yang baik. Dengan menerapkan rumus pertama di atas, sejatinya kamu sudah bisa menghasilkan rupiah. Untuk itu, ayolah, jangan habiskan pendapatan itu hanya untuk njajan.

Jika kamu mau, kamu bisa mengikuti manajemen keuangan saya. Rumusnya (40,30,20,10). Lebih rincinya, 40% untuk kebutuhan harian, 30% untuk pengembangan aset (investasi), 20% untuk tabungan, dan 10% untuk sedekah. Jika kamu keberatan, silahkan ubah prosentase lain, tetapi biarkan 30% untuk pengembangan aset.

Silahkan browsing jejak-jejak orang sukses berbisnis dengan internet cepat dari IndiHome, maka akan didapati ‘tiada orang sukses tanpa investasi’. Dengan pola ini, kita juga diajarkan untuk disiplin mengatur keuangan dan mejauhi kehidupan yang hedon.

3. Tambah aset

Sebagai lanjutkan dari tips sebelumnya, maka gunakan 30% dana yang sudah kita simpan untuk re-invest dengan menambah aset. Jika awalnya kita hanya punya 1 blog, beli lagi, kembangkan jadi 3, 5, 10, 25, dan seterusnya. Bukankah dengan itu, peluang menambah pendapatan semakin masuk akal?

Jika dihitung, saat ini saya memiliki 100 lebih blog. Padahal, awal mula ngeblog saya hanya punya 2. Itupun ekstensi my.id yang harganya paling murah di kelasnya. Untuk itu, yuk investasi lagi, kembangkan aset lagi, hingga banyak sekali pintu pendapatan yang bisa kita masuki.

4. Bangun team yang solid

Nah sobat, ketika aset kita sudah banyak, sudah saatnya kita merekrut team. Logic-nya, dengan aset yang banyak itu kita akan kewalahan mengelolanya seorang diri. Pada tahap ini, kamu benar-benar harus serius, karena akan ada orang lain yang masuk dalam cyrcle bisnismu. Pastikan, keberadaannya berdampak positif akan perkembangan usaha kreator digitalmu, bukan sebaliknya.

Untuk itu, kamu perlu merekrut orang yang selain terampil, lincah, juga bisa dipercaya. Buat dia nyaman bekerja di perusahaan kamu. Tentunya dengan tetap memperhatikan kinerja dan profesionalitas. Bangun ke-solid-an dengan komunikasi yang baik, pembagian tugas yang jelas, dan banyak hal lainnya.

Sebagai catatan penting: Tidak semua teknik atau ilmu perlu kamu ajarkan. Karena dalam kasus tertentu, hanya kita (pemilik) yang boleh tahu ilmunya.

5. Gunakan paket internet cepat IndiHome

Meski menepati urutan tips ke-5, sejatinya poin ini menjadi core dari berbagai aspek pengembangan diri sebagai kreator digital. Mengapa? Karena dunia digital perlu konseksi internet cepat dan stabil, sobat. Tanpa itu, semua proses di atas akan kosong.

Bayangkan saja, tanpa koneksi intenet yang stabil, kreasi atau karya yang sudah kamu buat hanya menjadi milikmu. Bagaimana tidak, setiap akan upload konten, akan batal terunggah akibat konseksi yang lambat. Bukankah itu bikin kesal dan menghambat segala proses untuk menjadi lebih besar?

Maka dari itu, kita bisa memilih paket internet cepat dari IndiHome sebagai provider terbaik yang akan menunjang segala aktivitas kreasi digital kita. Semenjak memanfaatkan layanan internet dari Telkom Indonesia ini, saya dan team crew tidak lagi mengenal istilah lelet atau buffering. Browsing, upload konten, hingga streaming menjadi lancar tanpa hambatan.

Nah sobat, demikianlah kunci sukses menjadi kreator digital yang bisa saya bagikan. Semoga tulisan sederhana ini menularkan kebermanfaatan dan energi positif bagi pembaca sekalian. Terakhir, sebagai motivasi kalian perlu camkan kalimat berikut baik-baik.

“Hanya cita-cita dan semangat yang bisa meruntuhkan dinding keterbatasan.”

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image