Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Hamim eha

Maafkan Aku, Berupaya Jadi Ibu Rumah Tangga Sukses Modal Internet Cepat

Curhat | Friday, 03 Mar 2023, 14:36 WIB

"Enak ya kamu sekarang, di rumah jadi ibu rumah tangga tapi tetap menghasilkan uang." "Wah enaknya ya, di rumah bisa full time membersamai anak."

upaya jadi ibu rumah tangga sukses modal internet cepat

Seringkali pernyataan membanding-bandingkan antara ibu rumah tangga dan ibu bekerja ini tidak enak di dengar telinga. Tapi, dipikir-pikir saya juga meminta maaf ni kepada tetangga-tetangga saya yang budiman, bahwa setiap keputusan apapun oleh seorang perempuan menjadi ibu rumah tangga ataupun perempuan karir adalah baik. Itu dalam pandangan saya.

Setiap orang memiliki alasan dari setiap keputusan yang mereka ambil. Tak terkecuali saya memutuskan untuk resign dan memilih menjadi ibu rumah tangga adalah sepenuhnya hakku. Yang penting konsekuen.

Dan ketika muncul pertanyaan, "Enak ya jadi kamu, sekarang bisa kerja di rumah dan tetap bisa nemani anak." Wah, sejujurnya ketika saya berada di titik ini bukanlah proses yang singkat.

Sayapun pernah diterpa bosan, dilanda stress, bahkan sempat bingung ngapain. Hingga saya mendapat kabar bahwa suami saya membuat keputusan cerdas memasang wifi di rumah. Paket internet cepat yang ia pilih adalah modal bagiku menapaki profesi freelancer bergaji dolar.

Kok bisa? Ibu rumah tangga produktif? Yups, mari kita belajar bersama apa saja tips jadi ibu rumah tangga yang sukses modal internet cepat di rumah kami.

Dilema Perempuan Ketika Memutuskan di Rumah

Tak jarang perempuan yang bergelar pendidikan tinggi mengalami dilema ketika memutuskan untuk tidak bekerja dan hanya di rumah saja.

Hal tersebut juga sempat saya alami, ada perasaan tertekan dengan persepsi masyarakat bahwa perempuan yang di rumah hanya bisa menghabiskan uang suami.

Belum lagi saat keluarga seperti orang tua, saudara, atau kerabat butuh bantuan finansial. Anggapan tentang ibu rumah tangga yang hanya di rumah saja itu dompetnya kempes alias tidak punya uang. Akibatnya, mereka memandang sebelah mata gelar pendidikan yang disandang jadi sia-sia.

Nah, bisa dibayangkan tekanan sosial ini memiliki peran besar dalam memicu stress lho! Jadi, tidak heran jika banyak penelitian menyebutkan bahwa ibu rumah tangga rawan terserang stress. Gak percaya? Yuks baca ulasan di bawah ini!

Alasan Ibu Rumah Tangga Mudah Stress

Sejatinya menjadi ibu rumah tangga tidak semudah yang dibayangkan, seringkali dihinggapi rasa jenuh terhadap rutinitas sehari-hari serta berulang-ulang sehingga menimbulkan stress.

Selain itu, berdasarkan berbagai referensi tingkat stress yang tinggi pada ibu rumah tangga dipicu oleh beberapa hal di bawah ini :

 

  1. Melakukan aktivitas fisik dan mental secara terus menerus yang monoton
  2. Memiliki sedikit waktu untuk diri sendiri
  3. Merasa kurang dihargai sebab status sosial yang disandang menjadi ibu rumah tangga
  4. Sering kali mendapat penghakiman yang berlebihan apalagi jika memiliki latar pendidikan tinggi
  5. Seringkali pekerjaan ibu rumah tangga tiada hentinya dari bangun tidur hingga tidur lagi
  6. Tidak mendapat supporting system yang memahami posisi ibu rumah tangga

Yups, dari enam poin di atas saya pernah mengalami lima di antaranya. Namun ada satu hal yang saya syukuri yakni poin 6, supporting system yang handal di sini adalah suami saya.

Apalagi ketika dia memasang wifi, sehingga akses internet cepat sangat membantuku mengatasi stress yang saya alami kala itu.

Bagiku, internet cepat adalah modal awal menggali potensi diri dan menemukan passion hingga menjadi sumber rezeki bagi keluarga kami. Penasarankah bagaimana saya sampai di titik itu?

Yuks simak tips jadi ibu rumah tangga yang produktif modal internet cepat di rumah kami!

Tips Jadi Ibu Rumah Tangga Yang Sukses Modal Internet Cepat

Bagaimana sih profil perempuan sukses? Lebih tepatnya Ibu rumah tangga yang sukses?

Bagi saya, kata sukses itu relatif dan subyektif. Menurutku sukses itu adalah sosok berdaya. Ibu rumah tangga yang produktif itu sukses di mata saya Hal ini bukan sekadar ukuran uang namun lebih dari itu. Misal, sehat, mampu meningkatkan skill, bermanfaat untuk diri sendiri dan sekitar.

Nah, inilah beberapa tips jadi ibu rumah tangga produktif dengan modal internet cepat yang saya lakukan sejak tiga tahun lalu.

Pertama, temukan dan gali potensi diri

Sebuah kebetulan yang indah meski pandemi cukup pelik untuk dihadapi. Saya mulai produktif kembali bahkan ketika pandemi melanda. Aktivitas secara online memberiku peluang mengikuti webinar dan kelas-kelas yang membuatku sadar tentang potensi diri dan terus fokus untuk meningkatkannya.

Saya pikir setelah resign akan berdiam di rumah saja. Ternyata hadirnya internet cepat yang saat ini jadi kebutuhan primer kami, mengantarkan saya bekerja dari hobi yang ditekuni.

Kedua, bersungguh-sungguh dan gigih untuk upgrade diri

Kuncinya setelah menemukan potensi diri kita maka bersungguh-sungguhlah. Ada banyak beserakan kelas/training yang bisa kita ikuti secara online. Modalnya memang internet yang aksesnya oke ya.

Selain itu, kita harus gigih untuk terus meningkatkan diri sebab distraksi ibu rumah tangga itu banyak sekali. Jadi, carilah komunitas dan supporting system yang bisa menjadi penyokongmu.

Ketiga, temukan circle positif yang mendukung

Pasalnya, lingkungan memiliki pengaruh besar dalam membentuk kepribadian kita. Termasuk membangun motivasi diri. Satu hal lagi yang membuatku bersyukur adalah banyak komunitas online yang saya temui melalui internet cepat.

Mungkin inilah hikmah dibalik musibah pandemi lalu. Saya nyaris tak merasakan sendirian karena ada pada circle yang positif vibes untuk menggembangkan diri.

Keempat, ciptakan supporting system yang handal

Yup, poin keempat ini erat kaitannya dengan faktor pemicu stress di rumah. Mengapa demikian? Sebab suami dan anak adalah orang-orang yang sering kita temui. Ada hak dan kewajiban dalam diri kita untuk mereka bukan?

Saya teringat perkataan Mbak Analisa Widyaningrum, seorang perempuan berdaya yang kukagumi. Beliau menyampaikan bahwa untuk berada di titik berdaya di ruang manapun maka seorang perempuan perlu supporting system yang baik.

Siapakah mereka? Pasangan, keluarga, dan lain sebagainya. Termasuk mungkin perlengkapan atau logistik yang mumpuni. Di saya yang mengawal karir sebagai profesi modal internet cepat yang dipasang suami sekitar 4 tahun lalu menjadi supporting kuatku.

Jadi buat ibu rumah tangga yang ingin produktif bisa kok mengandalkan internet cepat di rumah macam saya. Di era kemajuan teknologi harus bisa membuat kita lebih berdaya meski di rumah saja.

Asal pilih provider yang tepat ya!

Kelima, pilih jaringan internet cepat yang tepat

Nah, saya bersyukur suami saya membuat keputusan bijak memasang jaringan wifi di rumah bahkan sebelum pandemi. Alasannya untuk mendukung kerja beliau di bidang IT, jadi butuh akses internet cepat yang handal.

Meeting online-nya nyaris sepanjang hari, belum lagi pekerjaannya yang membutuhkan akses internet cepat sepanjang mengerjakan project.

Bersyukurnya, saya kecipratan baiknya. Jaringan internet cepat pilihan suami adalah IndiHome dari Telkom Indonesia. Ketika saya tanya, "Mengapa pilih IndiHome?"

Kata suamiku, IndiHome di daerah kami jaringannya stabil dan kenceng alias internetnya cepat, harga terjangkau dengan beragam pilihan yang bisa kami sesuaikan dengan kebutuhan kami, selain itu petugas IndiHome di daerah kami cukup fast respon.

Tak hanya itu, pemasangan provider berlogo rumah berwarna merah ini mudah lho! Sebab tim mereka tersebar di banyak titik, inilah alasan suamiku yang tipe praktis memilih produk dari Telkom Indonesia ini.

Terlepas dari alasan di atas, saya merasa diuntungkan sebab internet cepat yang handal bisa membuatku mengikuti webinar berkali-kali dalam sehari, ikut kelas atau apapun skill meningkatkan wawasan dan kemampuan.

Dampaknya, hingga saat ini saya bisa bekerja sebagai freelancer dengan agency luarnegeri. Selama bekerja, komunikasi dan cara kerja kami ya lewat online.

Inilah yang kemudian membangun persepsi bahwa saya dipandang sebagai ibu rumah tangga sukses dikalangan teman-teman. Menurut mereka, saya sudah berdaya dengan mandiri secara finansial.

Kegiatan Ibu Rumah Tangga yang Menghasilkan Uang

Kata siapa ibu rumah tangga tidak bisa bekerja? saya dan banyak teman onlineku membuktikan kok dengan modal hp dan internet cepat bisa berkarya dan berpenghasilan.

Beberapa kegiatan ibu rumah tangga yang menghasilkan uang sebagai berikut:

 

  1. Menjadi pebisnis atau reseller dan dropshipper
  2. Jadi admin online
  3. Membuka les privat online atau guru kelas online
  4. Membuka jasa kepenulisan
  5. Design grafis

Dan masih banyak kegiatan online modal hp dan internet cepat, ibu rumah tangga tetap bisa menghasilkan uang kok. Lima pekerjaan di atas adalah yang telah saya jalani.

Jadi siapa pun bisa! Asal mengaplikasikan tips menjadi ibu rumah tangga sukses modal internet cepat sebelumnya ya!

Ibu Rumah Tangga Tetap Bisa Berdaya

“Semua ibu itu bekerja, hanya beda ranah. Yang satu bekerja di ruang publik, yang satu bekerja di ranah domestik. Dua-duanya sama-sama bekerja keras, sama-sama produktif, dan sama-sama memiliki tanggung jawab yang besar.” ~anonim

Luar biasa bukan! Di era globalisasi dan perkembangan teknologi saat ini, ibu rumah tangga modal internet cepat bisa menjangkau banyak hal. Bisa belajar, meningkatkan skill/kemampuan, berkarya, dan bekerja.

Artinya, seharusnya tidak ada insecuritas bagi seorang perempuan yang memutuskan menjadi ibu rumah tangga asal tetap produktif dan bahagia. Sejatinya, kita tumbuh atas keputusan-keputusan yang kita ambil.

Yuks, jadi ibu rumah tangga yang berdaya dan bahagia! Salam produktif!

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image