Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Siska Dwyta

Internet Cepat dan Perannya Menunjang Aktivitas Digital Ibu Rumah Tangga

Eduaksi | Friday, 03 Mar 2023, 10:15 WIB

Setelah resign dan memilih menjadi ibu rumah tangga, saya pikir saya tidak akan mendapat penghasilan sendiri lagi. Saya kira, rezeki saya nantinya hanya mengalir lewat gaji suami.

Bersyukur Tuhan ternyata masih memberikan saya rezeki dari arah yang tak disangka-sangka. Rezeki itu mengalir dari aktivitas digital yang dulunya saya lakoni sebatas hobi.

Menulis di blog adalah hobi yang sudah saya geluti sejak 2011. Waktu itu saya anggap blog seperti diari online. Maka tidak heran jika isi blog saya dulu dipenuhi dengan curcol, hehe. Baru tahun 2018 saya mulai memonetisasi blog. Siapa sangka, aktivitas ini bisa menghasilkan cuan.

Berawal dari hobi yang akhirnya berbuah penghasilan. Ya, berkat kemajuan teknologi dan dukungan internet cepat, kini para ibu rumah tangga seperti saya bisa tetap produktif dari rumah. Kita masih bisa mengumpulkan pundi-pundi rupiah tanpa harus meninggalkan anak-anak.

Jadi tidak perlu khawatir, meski di rumah saja kita masih bisa berdaya dan berkarya kok. Yang penting mau belajar dan tahu memanfaatkan internet dengan baik dan bijak.

Cuan hanya bonus bagi saya saat beraktivitas digital di rumah, selebihnya mengekspresikan diri dengan hal-hal positif.

Mendapatkan penghasilan dari rumah baru satu dari sekian banyak manfaat internet. Tentu masih banyak manfaat internet cepat bagi ibu rumah tangga yang suka beraktivitas digital.

Untuk lebih jelasnya, kita bahas yuk! Ini dia beberapa peranan internet cepat dalam menunjang aktivitas digital ibu rumah tangga :

Menambah wawasan Ibu seputar pengasuhan

Menjadi ibu adalah proses belajar yang tak pernah usai. Karena mengasuh anak bukan pekerjaan yang gampang sehingga kita perlu belajar.

Terlebih sampai sekarang di masyarakat masih banyak beredar mitos-mitos seputar pengasuhan.

Seperti "jangan sering gendong bayi, nanti bau tangan" atau "jangan suka memuji anak nanti akan membuat dia sombong".

Padahal faktanya, baik menggendong bayi maupun mengapresiasi perilaku baik anak dengan pujian justru memiliki dampak yang positif. Tanpa ilmu kita pasti akan dengan mudah percaya dengan mitos-mitos seperti itu.

Beruntungnya di era digital ini kita bisa dengan mudah belajar ilmu parenting langsung pada ahlinya. Entah itu dengan membaca artikel-artikel dari berbagai website parenting terpercaya yang sumbernya dari para expert atau mengikuti seminar-seminar online yang menghadirkan narasumber profesional.

Sebagai ibu rumah tangga, aktivitas digital di rumah dapat berjalan lancar tanpa kendala dengan menggunakan paket internet cepat yang memiliki koneksi stabil. Aktivitas digital ini sangat menunjang seorang ibu dalam beberapa hal.

Menjaga kesehatan mental ibu

Masih ada orang yang mengira menjadi ibu rumah tangga itu gampang. Padahal dunia sudah memasuki era digital, dimana informasi pekerjaan ibu rumah tangga itu cukup menguras energi. Memasak, beres-beres rumah, menjaga anak, mengurus suami, dan lain sebagainya, adalah pekerjaan multi-tasking yang cukup menantang.

Dalam gambaran orang-orang hal ini tampak sepele, namun sebenarnya menjadi ibu rumah tangga itu pekerjaan yang sama beratnya lho. Pekerjaan yang berkutat dengan urusan domestik ini seperti tidak ada habis-habisnya. Bahkan seorang ibu jarang memiliki waktu untuk dirinya sendiri karena hampir seluruh waktunya dia dedikasikan untuk keluarga.

Berbagi peran tidak berarti harus saling menyatakan pekerjaan kita paling berat. Tetapi saling memberikan apresiasi akan menjaga keutuhan keluarga.

Nah, salah satu apresiasi yang harus diberikan adalah adanya “Me Time”. Aktivitas me time sangat penting dilakukan untuk menjaga kesehatan mental anggota keluarga, termasuk untuk ibu.

Namun dengan teknologi yang canggih saat ini, rasanya nggak ada lagi alasan ibu nggak bisa me time. Setidaknya di sela-sela kesibukan atau ketika anak sedang tidur kita bisa mencuri waktu untuk melakukan me time yang kita senangi.

Saya sendiri suka me time dengan nonton drama korea di aplikasi Over The Top yang berlangganannya nggak pakai ribet. Cukup andalkan paket internet rumahan.

Mengembangkan hobi berbuah penghasilan

Nah, ini yang sempat saya singgung di awal. Setiap ibu rumah tangga pasti punya hobi atau skill tertentu. Ada yang suka menulis, doyan memasak, hobi menemani anak bermain, jago menjahit, senang berkebun dan lain-lain. Semua hobi tersebut jika dikembangkan dan ditekuni bisa berbuah pundi-pundi rupiah lho.

Salah satu pekerjaan digital yang tren saat ini adalah menjadi konten kreator. Sudah banyak juga ibu rumah tangga yang melirik pekerjaan ini, karena modalnya tidak banyak.

Cukup manfaatkan media sosial yang kita miliki dan pastikan menggunakan provider internet cepat agar proses membuat konten hingga memublikasikannya lancar tanpa hambatan.

Menemukan ide atau resep masakan dengan mudah

Walau sudah lima tahun berkutat dengan pekerjaan di area dapur namun sampai saat ini saya masih sering kebingungan dan bertanya-tanya "mau masak apalagi hari ini?"

Hayoo siapa yang samaan dengan saya?

Untungnya di rumah pake jaringan internet cepat yang anti ribet. Jadi kalau lagi butuh ide atau mau cari resep masakan sekaligus tutorial atau cara membuatnya, semua sudah tersedia dalam bentuk konten. Tinggal googling atau buka youtube.

Untuk urusan memasak, saya memang selalu mengandalkan jaringan internet. Bahkan saya baru belajar memasak itu setelah menikah. Belajarnya otodidak dari melihat video-video memasak yang dapat saya akses dengan mudah dan cepat.

Membantu ibu untuk tetap produktif

Last but not least, saya bisa menjadi ibu rumah tangga yang produktif seperti saat ini, dikenal sebagai blogger, bisa bekerja sambil bermain bersama anak-anak, bisa tetap belajar dan meningkatkan skill walau hanya di rumah bahkan memiliki penghasilan sendiri, itu semua berkat dukungan dari Paket Internet Cepat IndiHome yang sudah tersebar di seluruh wilayah Indonesia dan jangkauannya luas hingga ke pelosok negeri. Jadi tidak perlu ragu untuk memilih Internet Cepat IndiHome untuk kelancaran aktivitas digitalmu.

Itu dia beberapa manfaat internet cepat yang dapat menunjang aktivitas tanpa batas kita sebagai ibu rumah tangga di ranah digital. Pokoknya selama ada jaringan internet cepat semua aktivitas digital jadi lancar. Apakah kamu juga sudah merasakan manfaat internet cepat? Share tanggapanmu di kolom komentar ya.

Semoga artikel ini bermanfaat.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image