Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Kamaruddin

Persiapan PON 2024, PSOI Aceh Gelar Kejuaraan Eksibisi di Pantai Riting

Olahraga | Saturday, 18 Dec 2021, 20:06 WIB
Empat peselancar yang meraih juara dalam kegiatan eksibisi | Foto : Dokumentasi pribadi

Banda Aceh - Persiapan menuju Persatuan Olahraga Nasional (PON) Aceh-Sumut 2024, Persatuan Selancar Ombak Indonesia (PSOI) Aceh mengadakan kejuaraan eksibisi selancar ombak, Sabtu, 18 Desember 2021, di Pantai Riting, Gampong Deah Mamplam, Kecamatan Leupung, Aceh Besar.

Ketua Pengprov PSOI Aceh, Dery Setiawan, mengatakan kegiatan kejuaraan eksibisi ini diikuti oleh 32 peselancar dari lima kabupaten/kota di Aceh. Diantaranya, Kabupaten Aceh Besar, Kabupaten Aceh Selatan, Kabupaten Simeulue, Kota Sabang, Kota Banda Aceh.

"PON 2024 kita target emas. Jadi untuk mencapai target emas, kita terus mengadakan event-event seperti ini. Mulai dari tingkat Kejurda, Kejurwil hingga Kejurnas. Supaya atlet dapat terus mengasah diri," kata Dery.

Dery menyampaikan PSOI Aceh saat ini juga sedang mempersiapkan surfer wanita untuk kejuaraan selancar kedepan. Atlet peselancar Aceh diharapkan bisa tampil di kejuaraan tingkat internasional. Minimal sea games atau olimpiade.

"Lebih kurang kita ada 80 atlet peselancar di Aceh, enam diantaranya perempuan. Surfer rutin setiap siap siang latihan, sedangkan jadwal coaching Sabtu dan Minggu. Coaching dilakukan untuk melihat kemampuan mereka di dalam air, melihat skill dan lain sebagainya," sebut Dery.

Kepala Dinas Pariwisata, Pemuda dan Olahraga (Disparpora) Kabupaten Aceh Besar, Ridwan Jamil, menyampaikan apresiasi kepada PSOI Aceh yang telah mengadakan kejuaraan eksibisi selancar ombak ini.

"Kita berharap atlet surfing di Aceh bisa tampil cemerlang di PON 2024. Kita berharap anak muda di Aceh mencoba olahraga yang tidak umum ini," ungkap Ridwan.

Ketua Panitia Kegiatan , T. A. Bani Baet, mengatakan kejuaraan ini dilakukan agar surfer terus semangat untuk persiapan PON 2024. PSOI Aceh akan terus mengagendakan event seperti ini minimal setahun tiga kali.

"Termasuk juga akan melakukan training bagi atlet terbaik Aceh di dalam dan luar negeri. Dalam waktu dekat ini akan kita kirim ke Bali. Bahkan jika pandemi selesai, kita akan kirim ke Australia," tutur Baet.

Event di Pantai Riting ini, kata Baet, baru pertama kali diadakan. Pantai Riting juga akan menjadi venue yang akan digunakan untuk PON 2024.

"Karena ombak disini konsisten, selalu ada. Tidak melihat musim timur dan barat. Jenis disini ombak. Pantai lain yang bagus dan sering digunakan untuk surfing yaitu Pantai Mon Ikeun, Lhoknga dan Pantai Babah Kuala," ujar Baet.

Ketua Pemuda Kecamatan Leupung, Muslim Joni, sangat mendukung pelaksanaan eksibisi selancar ombak di Pantai Riting dengan harapan surfing dapat menarik daya tarik wisatawan untuk berkunjung ke Pantai Riting

"Saya mendukung acara ini dan akan memberikan fasilitas dan tempat kedepan untuk event-event selanjutnya," tutur Muslim.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image